Mendeteksi Malware Secara Online dengan Anubis

Dunia Internet, banyak sekali hal yang bisa di temukan melalui Dunia Digital ini. Baik berupa hal yang positif hingga ke hal yang negatif sekalipun. Dan tentu saja hal tersebut kembali kepada kebijaksaan dari sang pengguna Internet (user) itu sendiri menyikapinya.

Saat kita sedang berselancar di Internet, tanpa kita sadari sebenarnya kita tidak sendiri, secara tidak langsung sebenarnya ancaman-ancaman negatif seperti virus, malware, dan sebagainya sedang mengintai para user. Dan yang menjadi masalah biasanya adalah tidak mudah bagi user, terlebih user awam untuk dapat mendeteksi adanya malware.

Pada umumnya untuk mendeteksi malware, kamu harus menggunakan aplikasi atau sebuah software khusus yang spesifik, dan biasanya aplikasi semacam ini jarang yang di distribusikan secara gratis.

Oleh karena itu, kali ini PG akan memperkenalkan kepada kamu sebuah layanan online gratis yang bisa kamu gunakan untuk mendeteksi malware. Layanan gratis ini bernama Anubis.

 

Anubis Deteksi Malware Secara Online

 

Layanan yang di disediakan dan di kembangkan oleh anubis.iseclab.org ini memiliki beberapa macam fitur. Salah satu fitur Anubis adalah bisa mendeteksi ada tidaknya malware pada Android apps, Windows PE executables, serta URL sebuah Website.

Mengapa Anubis? Selain gratis, untuk dapat menggunakan layanan ini, kamu tidak perlu melakukan ritual registrasi terlebih dahulu. Jadi, kamu bisa langsung mengunjungi situs ini dan langsung menggunakan Anubis untuk mendeteksi malware yang ada pada Android apps, Windows PE executables, atau URL.

Untuk menggunakan layanan Anubis ini tidaklah sulit dan terbilang sangat mudah, kamu tinggal mengunjungi situs Anubis, melalui tautan yang ada di bawah berikut ini.

Anubis : http://anubis.iseclab.org

Anubis Deteksi Malware Secara Online

 

Kemudian, pada pilihan “Choose the subject for analysis”, kamu di perkenankan untuk memilih URL atau memasukkan File yang ingin di periksa kedalam kotak yang tersedia. Setelah URL atau file yang ingin kamu periksa berhasil di masukkan, kamu akan mendapatkan pesan yang berbunyi: “Submission Successful”. Setelah itu secara otomatis kamu akan dibawa ke halaman yang akan menayangkan progress dari proses scanning yang sedang dilakukan oleh Anubis. Untuk menelusuri atau scanning sebuah URL, Anubis biasanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Setelah Anubis selesai menganalisa URL atau file yang kamu masukkan tadi, kamu secara langsung akan dapat melihat laporan atau report dalam bentuk HTML, XML, PDF, atau text. Laporan yang disediakan oleh Anubis ini sebenarnya sudah cukup lengkap. Namun dari bahasa pada laporan tersebut tampaknya hanya akan di mengerti oleh orang-orang yang memiliki pengetahuan teknis di bidang security.

Layanan yang disediakan oleh Anubis ini memang sangat bermanfaat. Jadi, jika menurut kamu layanan gratis ini cukup membantu, tidak ada salahnya apabila kamu sedikit memberikan bantuan atau donasi kepada pihak pengembang agar layanan ini bisa terus berjalan.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini