Mendeteksi Font Tertentu dari Gambar dengan WhatTheFont

Kalau kamu seorang desainer grafis, kamu pasti tahu pentingnya font. Seorang teman PG yang desainer grafis bahkan mengkoleksi ribuan jenis font, meskipun sebagian besar mungkin tidak digunakan. Karena ia harus siap kapan saja bila pelanggan menginginkan jenis font tertentu untuk iklan atau gambar pesanannya. Nah, kadang juga pelanggan membawa contoh berupa gambar jadi untuk menunjukkan font jenis apa yang diinginkannya. Bagaimana untuk mencari font semacam itu diantara ribuan font? Pasti memusingkan.

Jangan khawatir.. Manfaatkan saja WhatTheFont!

Mencari Font Tertentu dari Gambar Menggunakan WhatTheFont

WhatTheFont adalah layanan web aplikasi yang bisa membantu kamu mengenali font yang terdapat dalam sebuah gambar tertentu. Kamu tinggal mengupload gambar atau hasil scan gambar dan kamu langsung bisa menemukan font yang sesuai. Gampang banget kan?

Mencari Font Tertentu dari Gambar Menggunakan WhatTheFont

Interface WhatTheFont sangat sederhana dan memang langsung merujuk pada fungsinya. Kamu tinggal meng-upload gambar yang ingin kamu periksa font-nya atau mengkopikan URL gambar yang kamu ingin periksa.

Mencari Font Tertentu dari Gambar Menggunakan WhatTheFont

WhatTheFont akan menampilkan unsur-unsur gambar yang ingin kamu periksa. Berikan tanda pada elemen yang ingin kamu periksa. Perhatikan petunjuk di panel sebelah kanan. Bila kamu tidak memberikan tanda, maka WhatTheFont hanya akan memeriksa elemen yang dianggapnya terbaca.

Mencari Font Tertentu dari Gambar Menggunakan WhatTheFont

WhatTheFont akan menampilkan ‘tebakan’ tentang font tersebut. Kamu bisa memastikan apakah font tersebut benar-benar cocok atau tidak dengan gambar yang tadinya kamu sajikan.

Kamu bisa mengunjungi WhatTheFont di:

http://www.myfonts.com/WhatTheFont/

Ini merupakan web aplikasi yang akan sangat bermanfaat bagi desainer grafis dan web publisher untuk mencari font yang diinginkan. Untuk orang awam, web aplikasi ini juga bermanfaat bila kamu ingin meniru elemen font tertentu dari gambar yang kamu lihat untuk membuat grafis yang keren.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Nggak ngerti cara penggunaannya,,, -_-
    khususnya pada step 2