Memeriksa Keaslian Follower Kamu dan Akun Lainnya

Seperti yang telah sobat PG semua ketahui, Twitter merupakan jejaring sosial micro-blogging yang semakin populer di Indonesia. Ini menjadikan banyak generasi muda (dan tua ternyata) kita berlomba-lomba menggunakan jejaring sosial berlambang burung biru ini. Sebagaimana yang pernah dibahas PG dalam tips untuk meningkatkan popularitas kamu di Twitter, salah satu ukuran popularitas di Twitter adalah banyaknya jumlah follower. Tapi jangan keburu silau. Terkadang jumlah follower yang besar tersebut berasal dari bot atau akun yang dibuat secara otomatis dengan program tertentu. hehehe…

 

Memeriksa Keaslian Follower Kamu dan Teman-Teman Kamu

Bagaimana untuk mengetahui jumlah bot yang merupakan follower kamu ini? Sebelumnya PG akan menyampaikan beberapa ciri-ciri bot yang biasanya ‘menempel’ untuk follow akun kamu.

 

1. Akun tersebut tidak pernah berinteraksi

Bila kamu berupaya mengajak bicara atau berinteraksi dengan akun tertentu namun ia tidak menanggapi, maka ada kemungkinan bahwa akun tersebut adalah bot atau memang ia hampir tidak pernah aktif.

 

2. Jumlah following sangat besar sedang jumlah follower hampir nol

Perhatikan jumlah following dan follower dari akun yang follow kamu. Bila follower-nya masih nol sedang followingnya sangat besar, maka kemungkinan akun tersebut adalah bot. Jumlah following sangat besar karena memang ia dikhususkan untuk melakukan following ke berbagai akun. Pemilik bot ini biasanya menjual jasa ‘follow’ akunnya untuk menjadi follower orang lain. Bisnis seperti ini cukup marak juga loh. Utamanya untuk akun-akun buzzer atau yang digunakan untuk beriklan.

 

3. Avatar masih bergambar telur

Botter atau pembuat bot biasanya jarang yang peduli terhadap akunnya karena yang lebih penting adalah berproduksi. Jadi bila kamu mendapati bahwa akun yang follow kamu atau teman kamu masih bergambar telur (pertanda pemilik belum memasang avatar khusus), ada kemungkinan bahwa akun tersebut adalah bot.

Kenapa bot akun Twitter dikembangkan? Seperti yang disinggung sedikit oleh PG di atas, ini akan bermanfaat untuk bisnis. Biasanya bot follower ini dijual ke akun tertentu yang fungsinya adalah buzzer. Yang dimaksud buzzer adalah akun yang tujuannya untuk bisnis dengan cara mengiklankan sesuatu. Biasanya akun ini selain memiliki starting follower yang besar (untuk menarik hati), juga memiliki kekhasan atau daya tarik tertentu. Misalnya rajin men-twit lawakan, puisi, atau berbagai hal mainstream lainnya.

Sekarang bagaimana untuk mengetahui jumlah bot atau follower palsu dari akun tertentu (dan akun kamu juga)? Mudah sekali, kamu bisa memanfaatkan web aplikasi fakers.statuspeople. Bagaimana cara kerja layanan online ini?

Pertama-tama kamu tinggal mengunjungi:

http://fakers.statuspeople.com/

Kamu akan disambut layar yang meminta kamu untuk menghubungkan web aplikasi ini ke akun Twitter ini. Lakukan dengan mengklik tombol besar “Connect to Twitter” yang sangat menonjol di bagian tengah.

Memeriksa Keaslian Follower Kamu dan Akun Lainnya

 

Kamu akan diminta otorisasi untuk menghubungkan web aplikasi ini dengan akun Twitter yang kamu miliki. Setelah itu, kamu akan mendapatkan hasil instan tentang berapa persen follower kamu yang merupakan akun palsu atau bot.

Memeriksa Keaslian Follower Kamu dan Akun Lainnya

 

Kamu juga bisa menilai jumlah follower palsu akun tertentu dengan memasukkan nama akun tersebut ke kotak pencarian (“Search”). PG mencoba menilik akun milik Agnes Monica, yaitu @agnezmo, dan hasilnya adalah seperti yang tersaji di bawah ini.

Memeriksa Keaslian Follower Kamu dan Akun Lainnya

Dengan memanfaatkan web aplikasi fakers.statuspeople ini, kamu bisa menilai keaslian follower, baik untuk akun kamu, maupun akun orang lain. Cukup menarik bukan?

Kalau kamu merasa tidak nyaman difollow oleh akun-akun yang tidak aktif serta bot, karena mungkin kamu adalah orang yang mengutamakan sosialisasi, maka kamu bisa menggunakan web aplikasi Nest Unclutter untuk memanajemen following dan follower dari akun kamu.

Bila masalah following dan follower yang dibahas oleh PG dalam artikel ini masih sedikit asing untuk kamu, PG sarankan untuk mempelajari Twitter secara bertahap dengan membaca artikel PG lainnya tentang tips Twitter untuk pemula.

Selamat nge-Twit! ^_^


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini