Memberi Watermark Foto dengan PicMarkr

Beberapa waktu yang lalu PG mendengar keluh kesah seorang teman, yaitu ketika dia menonton konser salah satu grup idol ABG yang sedang naik daun (Oke Oke… PG sebut nama deh: JKT 48), saking senangnya, dia meng-upload foto-foto hasil konser tersebut, langsung dari smartphonenya ke akun Flickr, lalu disebar-sebarkan ke Forum diskusi JKT 48. Ternyata beberapa hari kemudian dia mendapati banyak media online yang menggunakan foto tersebut sebagai pelengkap beritanya. Teman PG tersebut kecewa sekali karena dia merasa sudah susah payah memotret, ternyata namanya tidak diberi credit sebagai pemilik sah foto tersebut.

Cerita semacam tersebut tidak asing. Kalau kamu aktif di Internet, pasti kamu tahu bahwa menyebarkan sesuatu secara online sangat rentan pembajakan, bahkan sering digunakan orang lain atas nama sendiri. Khusus untuk foto, kita bisa menghindari hal semacam itu dengan menggunakan web aplikasi PicMarkr.

PicMarkr adalah web aplikasi yang dapat membantu kamu menambahkan watermark, yaitu tanda khas kamu – bisa berupa logo ataupun kata-kata, secara online. Kamu bisa mengupload file langsung dari komputer kamu atau mengambilnya dari akun Flickr kamu. PicMarkr menggunakan sistem batch image processing, yang berarti kamu bisa me-load lebih dari satu gambar seketika. Watermark bisa jadi berupa teks, gambar, atau tile. File tidak boleh lebih besar dari 25 mb dan kamu bisa memilih untuk melakukan resize saat meng-uploadnya. Web aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Selain itu, PicMarkr memungkinkan kamu melakukan batch image processing, ini bisa menghemat waktu kamu ketika menambahkan watermark ke banyak gambar.

Memberi Watermark Foto dengan PicMarkr

Interface PicMarkr sangat sederhana. Langsung ke fungsi-fungsi untuk menambahkan watermark. Ada tiga tahapan yang perlu untuk dilalui disini. Pertama, kamu perlu meng-upload gambar atau foto yang ingin kamu tambahi watermark.

Memberi Watermark Foto dengan PicMarkr

Langkah kedua adalah, kamu menuliskan kata-kata yang ingin kamu tambahkan, atau bisa juga menggunakan logo tertentu yang ingin kamu sisipkan ke dalam gambar atau foto kamu. Disini kamu juga bisa mengatur posisi watermark tersebut ditempatkan

Memberi Watermark Foto dengan PicMarkr

Setelah jadi, kamu bisa mendownloadnya ke hard drive secara langsung, atau meng-uploadnya ke jejaring sosial atau email untuk ditunjukkan kepada teman-teman kamu.

Memberi Watermark Foto dengan PicMarkr

Silahkan mengunjungi PicMarkr di:

http://picmarkr.com/

Web aplikasi ini merupakan solusi praktis untuk kamu yang ingin menambahkan watermark ke foto atau gambar yang kamu punya. Kembali ke cerita PG di atas, bila kamu sudah memiliki watermark pada foto kamu, maka kamu bisa mengklaim bila ada pihak yang menggunakan foto kamu tanpa izin. Sehingga kamu tidak akan kecewa seperti teman PG di atas yang fotonya digunakan secara bebas tanpa dia punya hak untuk mengklaimnya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini