Memanajemen Berbagai Tugas Rumit dengan CheckVist

Apakah kamu sering bangun tidur dalam keadaan bingung karena berbagai tugas rumit menanti untuk dieksekusi? Saking rumitnya sampai-sampai kamu bingung apa dulu yang perlu dilakukan?

Memanajemen Berbagai Tugas Rumit dengan CheckVist

Kata para ahli manajemen, kamu bisa mengatasi kebingungan semacam ini dengan cara memecah sebuah tugas yang besar menjadi bagian-bagian kecil dan pelaksanaan yang detil. Tentukan urutan pelaksanaan tersebut dan eksekusi satu persatu. Contoh konkritnya, bila tugas besar kamu adalah memasak bubur, maka pecah tugas tersebut menjadi: beli bahan, jerang air, campurkan bahan, uleg bumbu, dan seterusnya, lalu laksanakan satu per satu. Pasti akan terasa ringan!

Untuk membantu melaksanakan proyek atau tugas yang rumit tersebut, kamu bisa memanfaatkan suatu aplikasi To-Do List. Dalam hal ini, mungkin kamu bisa mencoba Checkvist.

Checkvist adalah sebuah layanan online untuk manajemen waktu dan to-do list dengan user interface yang sederhana, namun memberikan keistimewaan berupa banyak sekali hotkeys atau shortcut keyboard. Kamu bisa mengakses sebagian besar fitur Checkvist tanpa perlu menyentuh mouse, misalnya membuat checklist baru, mengedit item, memindahkannya, menambahkan tenggat, tag, dan banyak lagi. Shortcut yang ditawarkan sangat intuitif dan mudah diingat. Bila lupa, kamu bisa memeriksanya di halaman khusus daftar hotkeys dari checkvist.

Setelah mendaftar, kamu akan dibawa ke halaman perkenalan yang langsung memberikan daftar hotkeys untuk checkvist.

Memanajemen Berbagai Tugas Rumit dengan CheckVist

Bila kamu mengklik “Tools and Extensions” di bar atas, maka kamu akan mendapatkan tool tambahan yang terhubung dengan checkvist. Misalnya ekstensi chrome atau addon yang akan mempermudah kamu dalam memasukkan daftar kegiatan yang ingin kamu lakukan.

Memanajemen Berbagai Tugas Rumit dengan CheckVist

Kamu tinggal memasukkan item kamu dan mengorganisirnya. Tambahkan tugas yang ingin kamu lakukan dengan mengklik “List” atau menekan tombol Enter.

Memanajemen Berbagai Tugas Rumit dengan CheckVist

Kamu bisa mengedit tampilan daftar kegiatan kamu dengan menekan opsi “Actions” di toolbar sebelah atas.

Memanajemen Berbagai Tugas Rumit dengan CheckVist

Checkvist juga menawarkan fitur kolaborasi untuk mengatur proyek sebagai kelompok. Kamu harus mengundang (invite) dulu teman-teman kamu serta menetapkan sebuah daftar kegiatan (checklist) sebagai proyek bersama yang harus diselesaikan.

Kunjungi Checkvist di:

http://checkvist.com/

Kelebihan Checkvist dibanding web aplikasi semacamnya adalah hotkeys yang memudahkan kamu mengakses dan membuat daftar kegiatan dengan cepat. Cocok untuk kamu yang dituntut bergerak cepat!

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan To-Do Desklist atau ThunderTask yang pernah direview oleh PG.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini