Melacak Aktivitas Email dengan Bananatag

Apakah kamu sering melakukan pekerjaan dengan menggunakan email? Mungkin kamu sering bertanya-tanya, apakah orang yang kamu kirimi email itu membuka emailnya atau tidak, atau apakah email kamu benar sudah terkirim atau tidak. Kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan memanfaatkan Web aplikasi Bananatag.

Ini adalah web aplikasi yang memungkinkan kamu melacak email kamu. Web aplikasi ini juga memperlihatkan kepada kamu analisis detil termasuk klik, membuka email, dan statistik lokasi. Dengan Bananatag, kamu tidak lagi bertanya-tanya, apakah orang yang kamu kirimi email menerimanya atau tidak. Sudah membacanya atau tidak. Layanan ini akan memberikan kamu notifikasi lewat email bila orang yang menerima email kamu membuka email atau mengkliknya. Kamu bisa mendaftar secara gratis di web aplikasi ini, tapi akun gratisan hanya diperuntukkan untuk satu orang user dan dibatasi untuk melacak hanya lima email per hari dengan menggunakan berbagai matriks yang tersedia

Layar pembuka dari bananatag memungkinkan kamu untuk mempelajari kegunaan Bananatag lewat video di sebelah kanan bawah layar, atau langsung mulai dengan mengklik tombol “Get Started”

Melacak Aktivitas Email dengan Bananatag

Pilih layanan email yang sering kamu gunakan. Bananatag lebih berfokus pada Outlook dan Gmail. Tapi kamu juga bisa menggunakan Yahoo dengan memilih kolom ketiga.

Melacak Aktivitas Email dengan Bananatag

Bananatag akan meminta kamu untuk mendownload Add On untuk pengguna Mozilla, dan untuk pengguna Chrome, ada ekstensi yang terlebih dahulu perlu diinstall ke browser.

Melacak Aktivitas Email dengan Bananatag

Setelah mendaftar dan meng-install addon atau ekstensi di browser kamu, maka kamu bisa Login ke situs Bananatag dengan menggunakan email yang tadi kamu daftarkan.

Melacak Aktivitas Email dengan Bananatag

Dashboard Bananatag sekilas terlihat cukup rumit, tapi sebenarnya fungsi utamanya berada di tab sebelah atas. Dari situ kamu bisa mendapatkan berbagai laporan statistik tentang aktivitas email  kamu.

Melacak Aktivitas Email dengan Bananatag

Dengan mengklik Tab “Metric”, lalu “Overall Review” maka kamu akan mendapatkan laporan menyeluruh tentang aktivitas email kamu hari ini. Statistik Metric ditunjukkan lewat diagram pie sebagai berikut:

  •  Unopened Vs Opened: Menunjukkan persentase email yang sudah dibuka dan belum dibuka oleh orang yang kamu kirimi email.
  • Unique Vs Repeat: menunjukkan statistik email yang dibuka sekali dibandingkan dengan email yang dibuka beberapa kali.
  • Unclicked Vs Clicked: menunjukkan persentase email dimana ada link di dalamnya yang sudah di-klik dibandingkan dengan email yang belum di-klik link di dalamnya. Statistik ini akan membantu kamu mengetahui apakah penerima email kamu sudah mengklik link yang kamu sarankan atau belum. Data ini sangat penting bila kamu seorang pebisnis online yang memasarkan produk lewat email.
  • Desktop Vs Mobile: menunjukkan angka email yang dibuka lewat desktop dibandingkan email yang dibuka lewat perangkat mobile.

Melacak Aktivitas Email dengan Bananatag

Bananatag juga menampilkan lokasi dimana email kamu di baca dengan tanda di peta. Kamu juga bisa memanfaatkan bananatag untuk menyimpan kontak dan history dari email yang kamu tag di web aplikasi ini.

Melacak Aktivitas Email dengan Bananatag

 

Bila tertarik, kamu bisa mengunjungi Bananatag di:

http://bananatag.com/

Bananatag adalah web aplikasi yang akan membantu kamu melacak aktivitas email kamu, sekaligus juga memungkinkan kamu untuk mengetahui lokasi penerima email kamu. Bila kamu seringkali khawatir ‘nasib’ email kamu, mungkin kamu bisa menjadikan web aplikasi ini sebagai salah satu hal yang perlu kamu coba.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini