Kekacauan Akibat Email Facebook: Kontak berubah, Email Hilang!

Sejumlah orang melaporkan bahwa perubahan alamat email Facebook yang dipaksakan kepada para pengguna minggu lalu telah mengubah kontak (untuk pengguna gadget yang melakukan sinkronisasi dengan Facebook – dan alamat emailnya sama dengan akun dasar gadget) dan menjadikan mereka kehilangan sejumlah email yang tak diketahui jumlah pastinya.

Kekacauan Akibat Email Facebook: Kontak berubah, Email Hilang

Para pengguna Facebook mengatakan bahwa alamat email di ponsel dan perangkat pribadi telah berubah tanpa sepengetahuan mereka dan karena itu komunikasi email diarahkan ke tempat yang tak diketahui, dan hilang.

Karyawan Adobe, Rachel Luxemburg, menulis dengan penuh emosi:

Hari ini, rekan kerja saya mendapati bahwa kontak info untuk saya telah berubah menjadi alamat email Facebook. Sehingga ia mengirimkan email ke alamat yang salah. Lebih buruk lagi, email tersebut tidak ada di pesan Facebook saya setelah saya memeriksanya! Email tersebut menghilang entah kemana. Gara-gara ini, saya bisa kehilangan banyak email dari teman, rekan, dan anggota keluarga.

Sebagaimana penjelasan Luxemburg tersebut, bencana ini terjadi karena dia terburu-buru mengganti email @Facebook ketika mengetahui perubahan yang dilakukan Facebook tersebut.

Ketika Facebook melakukan pemaksaan terhadap jutaan user-nya mengganti alamat akun ke @facebook, banyak yang membahas tentang perubahan ini dan menceritakan bahwa mereka kehilangan kontak dan address books di luar Facebook – alamat email valid yang diubah ke @Facebook tanpa orang tersebut menyadari hal itu.

Artikel di Slashdot memberitakan:

Saya mensinkronisasikan ponsel saya dengan Facebook untuk banyak kontak. Kini address book saya penuh alamat email asing yang sebelumnya benar.

Terungkap bahwa perubahan kontak user tanpa notifikasi ini merupakan salah satu fasilitas pada Apple iOS 6 yang memiliki fasilitas integrasi Facebook: Facebook untuk iOS akan mengubah address book tanpa pemberitahuan apapun.

Artikel di Hacker News menyatakan:

Pagi ini, Ibu saya mengeluhkan bahwa banyak alamat email di kontak Droid Razr-nya telah diganti dengan alamat Facebook. Nampaknya, aplikasi Facebook telah mensinkronkan alamat pada address book miliknya dengan email dan foto kontak, serta memutuskan untuk memindahkan kontak pengguna Facebook ke sistem baru yang lebih nyaman.

Dari berita-berita tersebut, kita bisa melihat bahwa interupsi pada email komunikasi orang-orang akibat perubahan baru Facebook menimbulkan masalah dan berpotensi untuk mengacaukannya.

Ini adalah kabar buruk untuk pengguna yang memiliki ekspektasi tinggi terkait komunikasi email mereka dengan mengubah alamat email, serta mengarahkan komunikasinya ke alamat email baru tersebut.

Jadi sekarang, jika kamu punya software atau aplikasi yang melakukan sinkronisasi antara kontak atau address books dengan Facebook, periksa setting kamu sekarang juga. Jika kamu mengalami hal yang sama, ada baiknya kamu mengembalikan setting email Facebook dengan email lama kamu. Caranya sudah pernah PG bahas sebelumnya di artikel yang berjudul : Facebook Mengganti Email Penggunanya Menjadi @Facebook.com : Inilah Cara Memperbaikinya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini