Jangan Tunggu Sampai Sakit, Perhatikan Kesehatan Kamu dengan Health Tap

Ada pameo yang bilang: Kesehatan itu mahal. Berapa biaya yang kamu habiskan untuk berkonsultasi dengan dokter? Setahu PG, seorang teman yang ‘berlangganan’ dokter keluarga menghabiskan biaya minimal Rp 200,000 sebulan hanya untuk berkonsultasi (meskipun secara umum kondisi kesehatannya cukup baik). Itu angka minimal loh… Mengabaikan hal tersebut? Kalau kamu jatuh sakit, maka bisa jadi biaya yang kamu keluarkan jauh di atas itu.

Jangan Tunggu Sampai Sakit, Perhatikan Kesehatan Kamu dengan Health Tap

Jadi, kalau kamu ingin menghemat biaya kesehatan kamu, menanyakan gejala-gejala yang kamu alami ke tenaga profesional, kamu bisa mengikuti Forum HealthTap.

Website ini berbentuk gabungan antara Forum dan Jejaring sosial, dimana pasien bisa berinteraksi dengan tenaga kesehatan untuk menanyakan keluhan-keluhan umum yang mungkin dialami. Dari jawaban tenaga ahli di Forum ini, baru kamu bisa memutuskan apakah ‘urgen’ bagi kamu untuk mengunjungi dokter.

Bila penasaran, kamu bisa mengunjungi HealthTap di:

https://www.healthtap.com/

Baik pasien maupun dokter bisa mendaftar di HealthTap secara gratis. Semua dokter akan diverifikasi terlebih dahulu sebelum boleh berpartisipasi dalam situs. Bahkan kamu bisa melihat spesialisasi, juga tempat dimana mereka buka praktek serta informasi tentang mereka. Oya, Forum ini diikuti oleh dokter dari seluruh dunia loh. Olah karena itu kamu juga dimungkinkan untuk mengajukan pertanyaan selama dua puluh empat jam, tergantung siapa yang sedang online, atau mungkin bila dokter yang ingin kamu tanya sedang tidak online, maka tunggulah sampai besok.

Jangan Tunggu Sampai Sakit, Perhatikan Kesehatan Kamu dengan Health Tap

Ada dua cara untuk menanyakan pertanyaan. Pertama-tama, kamu bisa bertanya secara terbuka, yang mana sifatnya gratis dan tunggu jawaban dari dokter manapun. Siapa saja dalam situs ini bisa melihat pertanyaanmu, sehingga juga memungkinkan kamu belajar dari berbagai pertanyaan yang mungkin diajukan orang-orang lain dalam situs ini. Terkadang kamu mendapat jawaban lebih dari satu dokter dan terkadang dokter lain akan membenarkan jawaban dokter lainnya. Nah, bila kamu ingin menanyakan pertanyaan secara pribadi, yang sifatnya lebih detail dan spesifik, kamu perlu membayar sebesar $9.99 per pertanyaan. Bila memanfaatkan fitur ini, pengguna lain tidak akan dapat melihat pertanyaan kamu dan kamu bisa menanyakan hal tersebut pada dokter yang kamu pilih. Harga tersebut sudah mencakup tarif bila kamu ingin berkonsultasi sampai puas.

Tiap kali kamu menanyakan sesuatu, HealthTap akan berusaha mencarikan pertanyaan yang kurang lebih sama dan pernah ditanyakan sebelumnya berdasarkan kata kunci yang kamu pakai.

Jangan Tunggu Sampai Sakit, Perhatikan Kesehatan Kamu dengan Health Tap

Ketika mendaftar di HealthTap, kamu bisa memilih berbagai topik medis yang menarik minat kamu untuk kamu ikuti. Mengikuti sebuah topik akan menjadikan homepage kamu diisi dengan newsfeed terkait pertanyaan dan jawaban yang relevan. Topik dalam situs tersebut bermacam-macam, mulai dari kesehatan pra kelahiran sampai jenis kanker atau perawatan kulit. Benar-benar lengkap!

Dengan memanfaatkan situs ini, bila kamu punya pertanyaan terkait kesehatan yang tidak urgen, maka kamu bisa menanyakan kepada dokter-dokter bereputasi internasional dari situs ini. Salah satu kelemahannya… Ehm, tentu saja kamu memerlukan penguasaan Bahasa Inggris yang cukup baik, karena itu adalah bahasa yang umum digunakan disini. Tapi PG bisa menjamin kamu tidak akan kecewa oleh pengetahuan atau jawaban yang kamu dapatkan dari sini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini