Ingin Pergi Berlibur? Rencanakan Saja Liburanmu dengan Tripku

Kalau kamu sering ikut Forum-Forum Traveller (Forum online khusus orang-orang yang hobi melakukan petualangan atau perjalanan), kamu akan sering bertemu thread dimana seseorang menyatakan bahwa ia berencana ingin bepergian pada tanggal anu sampai tanggal anu ke tempat anu – dengan pengumuman tambahan bahwa ia mengajak siapa saja yang ingin ikut bersama-sama dengannya dalam perjalanan tersebut. Kenapa seorang traveller hobi memasang pengumuman semacam itu? Karena bepergian bersama bisa mengurangi resiko seperti bahaya perjalanan, serta lebih memudahkan dalam melakukan segala sesuatu bila ada teman seperjalanan. Syarat dan ketentuan, seperti misalnya bagaimana prosedur perjalanan, berapa dana yang ditalangi bersama, akan dirundingkan nanti.

Ingin Pergi Berlibur? Rencanakan Saja Liburanmu dengan Tripku

Nah, rupanya hal semacam itulah yang mengilhami pembuat Tripku, sebuah web aplikasi dimana kamu bisa merencanakan liburan sembari mencari beberapa teman seperjalanan bila kamu inginkan. Tripku memungkinkan kamu menulis rencana perjalanan secara detil dan lalu mengundang temanmu serta mengabarkan secara real time perkembangan rencana kamu.

Untuk memulai, kamu dapat mengunjungi Tripku di: http://tripku.com/

Untuk masuk ke dalam web aplikasi ini, kamu cukup login menggunakan Facebook. Jangan lupa untuk men-set opsi “Only Me” ketika Tripku meminta izin tentang siapa saja yang boleh melihat post dari Tripku di Facebook.

Tripku memiliki interface yang sederhana. Begitu masuk kamu langsung ditawari untuk membuat rencana perjalanan secara spesifik.

Ingin Pergi Berlibur? Rencanakan Saja Liburanmu dengan Tripku

Kamu bisa memilih jenis perjalanan apa yang ingin kamu lakukan. Misalnya: hiking, pantai, panjat tebing, bersepeda, menyelam, berlayar, olah raga musim dingin, memancing, menyusuri jalanan lintas kota, perjalanan ke alam liar, rekreasi, jalan-jalan ke pegunungan dan olah raga udara. Kamu bisa memilih beberapa opsi sekaligus.

Ingin Pergi Berlibur? Rencanakan Saja Liburanmu dengan Tripku

Berikutnya kamu diminta menspesifikkan tempat tertentu di peta yang akan kamu kunjungi. Langsung saja sebutkan nama kota yang kamu tuju, karena negara terlalu luas dan terkadang tidak akan dijawab oleh aplikasi mapping otomatis dari Tripku. Kamu juga harus mengisi form yang disediakan, misalnya tanggal spesifik pelaksanaan acara liburan serta dana yang kamu siapkan untuk itu.

Ingin Pergi Berlibur? Rencanakan Saja Liburanmu dengan Tripku

Setelah menspesifikkan hal-hal tersebut, kamu bisa mengumumkan rencana perjalananmu dan berbagi dengan teman-teman di Facebook serta mengundang mereka. Ada juga opsi dimana kamu bisa menawarkan orang lain untuk bergabung sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan.

Ingin Pergi Berlibur? Rencanakan Saja Liburanmu dengan Tripku

Jika kamu seorang traveler yang antusias dan suka melakukan perjalanan sesekali dalam setahun, maka Tripku merupakan web aplikasi yang menyenangkan untuk berkumpul bersama teman-teman untuk merencanakan liburan tertentu. Memang web aplikasi ini masih bersifat Beta. Jadi bila kamu menemui beberapa bug, kamu bisa ikut berpartisipasi untuk mengembangkannya dengan melaporkan bug tersebut lewat kolom Feedback di bawah. Jangan lupa bagikan juga artikel ini untuk teman-teman yang hobi melakukan perjalanan. Mereka pasti akan menyukainya!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini