Here.net : Layanan Peta Digital Buatan Nokia

Tepat pada hari Selasa 13 Novermber 2012 kemarin di San Francisco, AS. Nokia memperkenalkan layanan peta digital terbarunya yang bernama Here, layanan yang berbasis komputasi awan (cloud computing) ini bisa dikatakan pula sebagai layanan peta digital independen dari Nokia karena peta digital ini di buat dan dirancang untuk dapat di gunakan pada semua jenis perangkat dan semua jenis sistem operasi.

Walaupun dibuat oleh Nokia, bukan berarti Here hanya berkutat pada ponsel merk Nokia saja. Aplikasi Here nantinya juga akan tersedia untuk sistem operasi mobile seperti iOS, Android, Windows Phone, hingga Firefox OS pada 2013 mendatang. Selain itu Here juga bisa diakses dari segala macam browser di komputer bersistem operasi Windows dan Mac.

Here.net Layanan Peta Digital Buatan NOKIA

 

Dalam kutipannya Nokia berjanji, bahwa aplikasi Here untuk iOS nantinya akan mencakup kemampuan akses peta secara offline, panduan navigasi suara, dan arah transportasi publik.

Dan untuk perangkat Android, Nokia akan merilis software development kit (SDK) Here untuk para produsen ponsel dan tablet Android di tahun 2013 nanti. Tujuannya adalah untuk memungkinkan para produsen Android menciptakan aplikasi peta digital dengan menggunakan konten dari Nokia.

Untuk saat ini, bagi kamu yang berminat ingin mengakses Here, bisa melalui situs resminya yang ada di bawah ini.

www.here.net

Here.net Layanan Peta Digital Buatan NOKIA

 

Seperti yang telah di sebutkan di atas, layanan ini menggunakan teknologi komputasi awan, yang bisa disinkronisasikan dengan akun Nokia para pengguna. Dengan ini, pengguna dapat mengakses data peta pribadi dari perangkat apa pun.

Selain itu Nokia juga mengklaim bahwa Here menawarkan proses rendering yang lebih cepat, dengan menggunakan bandwidth internet yg lebih sedikit.

Dan dari percobaan yang PG lakukan dengan mencoba mengakses Here melalui web browser dari komputer, kinerja Here memang lebih cepat. Untuk melihat peta dalam tampilan 3D di Here, PG tak harus lagi meng-install plug-in tertentu. Dan tidak ada salahnya apabila PG juga merekomendasikan salah satu layanan milik Nokia ini untuk kamu jadikan tambahan referensi milikmu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Chaidir Setiawan

    bisa menjadi alternatif untuk melihat peta selain google maps
    Thx nice info
    :)