Google Translate Kini Bisa Membaca Tulisan Tangan Kamu!

Apakah kamu mahasiswa yang belajar Bahasa Jepang, Mandarin, atau Arab? Sebagai pelajar bahasa, software penerjemah seperti Google Translate tentu saja sangat membantu. Namun, tahu sama tahu, salah satu kelemahan Google Translate adalah tidak dapat membaca dengan baik bahasa Jepang yang dilafalkan dan ditulis dengan huruf kanji. Misalnya kamu ingin mencari apa artinya “Watashi kininarimasu” dengan mengetikkannya begitu saja di Google Translate, software andalan Google ini akan kebingungan. Cara menerjemahkan yang benar adalah dengan memanfaatkan huruf katakana atau hiragana yang ada di fasilitas Google Translate. Tapi bagaimana kalau keyboard yang kamu gunakan tidak memadai untuk memunculkan huruf katakan atau hiragana?

Untuk memudahkan mengatasi situasi semacam ini, Google meluncurkan fitur baru yaitu Handwriting!

Google Translate Kini Bisa Membaca Tulisan Tangan Kamu!

 

Handwriting pada Google Translate memungkinkan kamu memasukkan tulisan tangan sehingga kamu lebih mudah untuk mencoba menerjemahkan kata-kata dalam bahasa yang menggunakan huruf khas seperti Bahasa Jepang, Cina, dan Arab. Syaratnya hanya satu: Kamu harus menggunakan Google Chrome.

Caranya gampang sekali. Buka Google Chrome kamu dan masuk ke Google Translate. Bila kamu berusaha menerjemahkan bahasa Jepang, kamu akan mendapatkan panel tambahan di kolom bahasa sumber. Klik pada panel tambahan dan klik pada Handwrite.

Google Translate Kini Bisa Membaca Tulisan Tangan Kamu!

 

Akan muncul sebuah kotak dialog tambahan, dimana kamu bisa menuliskan kata-kata yang kamu inginkan dengan menggunakan mouse. Oya, untuk pengguna Android, kamu bisa menggunakan sentuhan tangan untuk menyusun huruf.

Google Translate Kini Bisa Membaca Tulisan Tangan Kamu!

 

Setelah kata yang kamu inginkan telah tertulis, klik pada Translate. Google akan mengenali tulisan tangan kamu dan berupaya untuk menampilkan huruf katakana atau hiragana yang sama persis. Kamu juga bisa langsung mendapatkan arti kata tersebut.

Google Translate Kini Bisa Membaca Tulisan Tangan Kamu!

 

Tentu saja kamu bisa bermain-main dengan mencoba membiarkan Google mendeteksi tulisan tangan kamu. Tapi PG tidak menjamin hasilnya akurat looh… Google Translate ini cukup akurat untuk huruf dalam Bahasa Jepang dan China.

Google Translate Kini Bisa Membaca Tulisan Tangan Kamu!

 

Dengan bantuan Google Translate ini, kamu bisa semakin memperluas wawasan dan kosakata kamu dalam berbagai bahasa yang membutuhkan tulisan tangan khusus. Bila kamu berada di luar negeri, kamu bisa memanfaatkannya untuk mencoba menebak nama jalan atau tulisan yang kamu jumpai saat perjalanan untuk bisa mengetahui tujuan dan tempat dimana kamu berada.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • rendi

    di mozilla juga bisa