Google Mematenkan kemampuan Mengidentifikasi Wajah Lewat video

Saat ini, melakukan tag di Facebook merupakan hal yang biasa. Tapi bagaimana dengan video? Google telah mendaftarkan paten untuk mengidentifikasi wajah seseorang dalam konten video, paten yang mungkin bisa memicu akses pencarian wajah dalam jumlah yang luar biasa.

Teknologi yang dipatenkan Google tersebut meliputi upaya tindak lanjut dan pemilihan track atau bagian video yang dapat mengidentifikasi wajah di video dan lalu menggunakan track tersebut untuk menyiapkan modus pencarian wajah agar mendapatkan informasi tentang wajah tersebut. Bila tidak, maka pengguna akan diarahkan pada database model wajah yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi wajah dari file video.

Google Mematenkan kemampuan Mengidentifikasi Wajah Lewat video

Google telah mempatenkan menciptakan database model wajah dan menggunakan database tersebut untuk seara otomatis mengidentifikasi wajah di video. Ini tidak berarti bahwa Google bisa mengidentifikasi identitas si pemilik wajah; hal itu mengharuskan Google menciptakan database profil wajah yang pasti akan membentur aturan hukum dan etika. Namun, Google bisa mengidentifikasi obyek dalam sebuah video yang dianggap sebagai wajah.

Teknologi ini pasti akan membantu dalam mengidentifikasi wajah di video, umumnya dalam tingkat kecahayaan dan keadaan yang berbeda. Salah satu fitur utama teknologi ini adalah kemampuan untuk melakukan tag pada video di YouTube seperti halnya men-tag gambar. Fitur ini mungkin bisa digunakan untuk memperingatkan pengguna tentang video yang menampilkan wajah mereka, akan tetapi hal ini mengharuskan Google menyimpan profil wajah individu. Hal ini kelihatannya bisa diaplikasikan di Google Plus yang akan memberikan Google kelebihan dibanding Facebook dalam hal video.

Seperti halnya masalah lain, hal ini masih memiliki kemungkinan negatif, seperti misalnya resiko bahwa teknologi ini bisa digunakan secara pribadi untuk melacak seseorang. Bayangkan, hanya dengan memiliki video yang menampilkan seseorang secara sekilas, mungkin kamu bisa mencari identitas orang tersebut bila ia terhubung dengan jejaring sosial.

Fakta yang menarik terkait paten ini adalah bahwa paten ini telah diaplikasikan sejak 14 Juli 2008, yang mana hampir empat tahun lalu. Jadi jelaslah bahwa Google memiliki rencana tersendiri untuk hal ini!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini