Fitur Public Folder Dropbox Mulai dinonaktifkan Agustus Nanti, Solusinya?

PG kaget banget nih waktu dapat kabar bahwa fitur Public Folder di Dropbox bakal dinonaktifkan bulan depan. Padahal karena fitur itulah Dropbox menjadi salah satu layanan Cloud Storage favorit PG diantara puluhan layanan serupa.

Public Folder memungkinkan pengguna Dropbox untuk saling berbagi file dengan cepat dan mudah. Kamu tinggal meletakkan berbagai file yang bakal di share ke folder tersebut, dan orang-orang bisa langsung mendownloadnya dari situ.

Fitur Public Folder Dropbox Mulai dinonaktifkan Agustus Nanti, Solusinya

Dinonaktifkannya fitur tersebut benar-benar dipertanyakan banyak pengguna. Ada berbagai alasan yang diperkirakan membuat Dropbox harus mematikan Public Folder tersebut :

 

  • Dropbox ingin menghemat space, karena file public folder biasa didownload orang dan diupload lagi oleh orang lain untuk kemudian dibagikan lagi. Tentu saja ini membuat terlalu banyak file kembar di server mereka.
  • Dropbox ingin menghemat bandwidth, karena banyak pengguna yang memanfaatkannya buat berbagi file di forum, situs, blog, dll.
  • Dropbox ingin fokus ke “average user”, karena kebanyakan user yang membayar layanan mereka tidak begitu memanfaatkan tersebut. Hanya user advance saja yang menggunakannya.
  • Dropbox ingin menutup kesempatan bagi pengguna gratisan yang membuka multi akun hanya untuk melewati batas limit sharing di Public Folder.

Intinya mungkin mereka ingin menghemat biaya agar bisnis mereka bisa terus berlanjut tanpa harus menaikkan harga.

 

Terus bagaimana solusinya agar sobat PG tetap bisa menikmati legitnya “Public Folder” ini?

1. Daftar Dropbox sebelum 31 Juli 2012

Bagi sobat PG yang belum punya akun Dropbox, buruan mendaftar sebelum 31 Juli 2012. Hal ini karena Fitur Public Folder tetap ada di akun yang sudah aktif dan hanya dihilangkan untuk akun baru yang dibuat setelah 31 Juli 2012.

2. Gunakan layanan cloud alternatif yang menyediakan fitur serupa

SugarSync, Google Drive, dan Box adalah 3 alternatif Dropbox yang memiliki fitur serupa dengan Public Folder. Kamu bisa beralih dari ke layanan mereka kalau kamu mau.

Nah, kini sobat PG tidak perlu khawatir lagi walaupun fitur Dropbox telah dikebiri. Keep sharing! :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini