Fitur Baru Google untuk Memutuskan Pengelolaan Data Kamu setelah Kamu Tiada

Steve Jobs berkata: “Tiap hari saya memandang cermin, dan selalu berpikir apa yang akan saya lakukan bila hari ini adalah hari terakhir saya hidup di dunia.” Well, Google nampaknya memahami filsafat itu dengan baik dan sebelum kamu menghabiskan hari terakhir kamu di dunia, Google menawarkan fitur baru yang memungkinkan kamu memilih sendiri tindakan apa yang kamu ingin agar dilakukan Google terhadap akun kamu yang lama tidak aktif.

Disini memang Google mengasumsikan bahwa kamu adalah pengguna setia Google, sehingga ketika akun Google kamu tak aktif… Katakanlah selama dua atau tiga tahun, maka ada kemungkinan bahwa kamu sudah tiada atau paling tidak MIA (Missing in Action). Jadi bila memang kamu tidak berniat lagi menggunakan akun kamu, apa yang perlu dilakukan terhadap akun tersebut? Google akan melakukannya untuk kamu secara gratis dan otomatis!

 

Fitur Baru Google untuk Memutuskan Pengelolaan Data Kamu setelah Kamu Tiada

Fitur baru Google yang mendukung hal ini adalah Google Inactive. Fitur ini akan memberikan tawaran bagi kamu tentang apa yang kamu ingin agar dilakukan Google terhadap akun kamu apabila kamu tidak berniat lagi menggunakan akun kamu dan akun tersebut telah tidak aktif dalam jangka waktu yang panjang (atau kamu memang benar-benar sudah tiada)

Untuk melakukan pengelolaan data kamu setelah akun kamu tidak aktif (dan diasumsikan kamu tiada), kamu tinggal mengunjungi:

https://www.google.com/settings/u/0/account/inactive

Fitur baru Google ini akan memberikan kamu pilihan akan berbagai hal yang kamu inginkan agar dilakukan Google apabila akun Google kamu tidak aktif dalam jangka waktu tertentu, misalnya satu tahun atau dua tahun dimana tentu saja Google kemudian mengasumsikan bahwa kamu telah tiada.

Fitur Baru Google untuk Memutuskan Pengelolaan Data Kamu setelah Kamu Tiada

Ada berbagai opsi yang diberikan Google terkait pengelolaan data kamu yaitu:

Masa waktu habis

Kamu akan diminta menyetel periode waktu tunggu yang setelahnya akun kamu akan diklasifikasikan sebagai tidak aktif. Periode waktu tunggu dimulai dari aktivitas masuk terakhir kamu ke akun Google.

Peringatkan saya

Pengelola Akun Tidak Aktif akan memperingatkan kamu melalui email atau SMS sebelum periode waktu tunggu berakhir. Bila kamu membaca peringatan tersebut, silahkan berseru: “Hey, gue masih hidup!” Lalu gunakan akun kamu kembali atau kamu akan disangka almarhum oleh Google

Beri tahu kenalan dan bagikan data

Fitur ini meminta kamu untuk menambahkan kenalan tepercaya yang akan menerima pemberitahuan bahwa kamu tidak lagi menggunakan akun kamu. Jika mau, kamu juga dapat berbagi data dengan kenalan tersebut. Jadi siapa tahu kamu terlalu sibuk sehingga tidak pernah mengurus akun kamu ataupun tidak menanggapi email dan sms, teman kamu iniĀ  (yang semestinya teman dekat) akan memperingatkan kamu bahwa kamu disangka Google akan mati. Hohoho…

Hapus akun secara opsional

Bila mengambil opsi ini, maka Google menghapus akun atas nama kamu. Maka hilanglah eksistensi kamu di dunia maya, terutama terkait Google.

 

Demikianlah fitur baru Google Inactive yang memungkinkan kamu memilih sendiri apa yang semestinya dilakukan Google terhadap akun kamu bila akun kamu sudah lama tidak aktif. Tentu saja memang mungkin kamu ‘mematikan diri’ sendiri dengan tidak peduli. Tapi bila kamu adalah pengguna setia Google dan menerima banyak manfaat darinya, maka memelihara akun kamu merupakan ide yang bagus, dan biarkan Google mengatur pemakaman yang meriah kalau ternyata kamu benar-benar tiada.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • hida

    terima kasih sarannya