Favico: Cara Mudah Merubah Image Menjadi Favicon Secara Online

Hal penting yang harus di perhatikan saat kamu tengah mengolah sebuah website atau blog kesayangan kamu adalah dengan memodifikasi tampilannya agar terlihat lebih menarik. Selain memberikan logo, mengatur tata letak, merubah warna, yaitu dengan memberikan favicon. Yap..Favicon tidak lain merupakan sebuah logo namun berbentuk icon. Bisa dibilang kegunaannya sebagai identitas dari masing-masing website. Nah..Bagi kamu yang ingin memberikan favicon, itu berati kamu membutuhkan sebuah converter yang akan merubah gambar menjadi icon berformat .ico.

Favico: Cara Mudah Merubah Image Menjadi Icon Secara Online

Sekarang ini banyak sekali tools yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat sebuah icon seperti halnya Imagicon dan x2ico. Akan tetapi jika kamu merasa kesulitan karena harus melakukan installasi terlebih dahulu, PG sarankan kamu menggunakan Favico.

Favico merupakan layanan online yang bisa kamu pergunakan secara gratis untuk mengkonversi gambar favorit milikmu menjadi sebuah icon dengan cepat dan mudah. Berbeda dengan lainnya, karena Favico mendukung tiga format sekaligus yaitu PNG, JPG dan GIF yang nantinya bisa langsung kamu rubah menjadi sebuah favicon (.ico).

Cara penggunaanya juga terbilang cukup mudah dan cepat. Penasaran? Oke, langsung saja PG akan memberikan cara menggunakan layanan Favico. Untuk pertamanya yang harus kamu lakukan adalah dengan mengunjungi halaman utamanya di:

http://www.favico.com/

Sebelum kamu memulai mengkonversikan, alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan sebuah gambar terlebih dahulu, agar lebih mempercepat. Jika telah siap, kembali ke halaman Favico. Selanjutnya klik Browse untuk mengupload gambar dari direktori komputer kamu dan tentukan hasil ukuran nantinya. Facivo hanya merekomendasikan dua opsi 16×16 dan 32×32. Klik Create.

Favico: Cara Mudah Merubah Image Menjadi Icon Secara Online

 

Tanpa harus menunggu waktu lama, Favico dengan cepat akan memperlihatkan hasilnya pada box berwarna biru di panel sebelah kanan. Sebelum kamu mendownloadnya, kamu juga bisa melihat hasil jika gambar yang kamu konversikan menjadi sebuah favicon dengan menekan tombol Preview your favicon (kaca pembesar).

Favico: Cara Mudah Merubah Image Menjadi Icon Secara Online

Untuk mendownload icon, klik tombol download (tanda panah). Enaknya lagi, disini juga menyediakan hasil berupa sebuah link atau code dari favicon yang telah kamu buat tadi, untuk nantinya bisa langsung di tambahkan ke dalam website atau blog kamu. Ini akan lebih mudah, karena kamu tidak perlu lagi untuk mengupload dan menuliskan code terlebih dahulu.

Bagaimana, mudah bukan? Favico merupakan layanan online yang akan membantu kamu dalam mengkonversikan file gambar menjadi sebuah favicon (.ico) dengan cepat. Selain bisa kamu jadikan sebagai favicon di website dan blog, kamu juga dapat menjadikan icon pada desktop komputer milikmu. Semoga bermanfaat ya :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • TokoOnlineBaru.com

    Nah yang ini sangat bermanfaat sekali masbro, langsung praktek nieh, thanks ya

  • Thx atas infonya…

    sedikit komentar di luar artikel ini,menurut saya :

    tampilan websitenya berubah total, jujur pertama kali melihat kurang bisa menerima tapi lama kelamaan bagus juga..hehehe

    kelebihannya lebih cepat ketika saat dibuka dan lebih ramping,

    eh jadi bablas kebanyakan komentar..kalau menurut saya, warna kuning yang ada di mana-mana agak mengganggu..hehehe

    mungkin cuma pendapat saya dan saya mohon maaf kalau menyinggung mas bro n mbak sis d PG

    tambah sukses bwat PG :D

    • Saya sndiri juga kaget mas, kok tiba” brubah sendiri :p hehe. Bener mas Chaidir, terlihat lebih seger *nuansa baru dan cepat. Btw warna kuning dimananya mas?

      wah..makasih banyak mas doanya. sukses juga buat mas Chaidir Setiawan :D

      • eh sory agak buta warna setengah..hehehhe

        warna orange yaaa

        yoi mas Thx :)