Facebook Graph Search: Andalan Baru Facebook untuk Menarik Minat Pengguna

Memang saat ini lebih dari sepertujuh penduduk bumi adalah pengguna Facebook. Akan tetapi bila terlena oleh status itu, bisa dipastikan bahwa posisi tersebut tidak bertahan lama. Apalagi banyak beredar rumor bahwa orang sudah mulai bosan dengan Facebook yang hanya menawarkan fitur yang itu-itu saja. Mungkin itu sebabnya Facebook mulai berinovasi dengan beberapa fitur baru yang diharapkan bisa kembali meningkatkan daya tariknya di mata publik. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah Facebook Graph Search.

Graph Search adalah revisi terbaru Facebook untuk fitur search yang membantu pengguna untuk terhubung dengan orang lain serta menemukan berbagai tempat yang biasanya ada di dalam graph Facebook. Graph Search adalah interface bersih dalam lingkup data Facebook, sehingga seseorang bisa mencari data apa saja dengan mudah, asalkan data tersebut berada dalam Facebook dan terkontekstualisasi terhadap tiap pengguna Facebook.

Facebook Graph Search: Andalan Baru Facebook untuk Menarik Minat Pengguna

 

Masih bingung? Coba saksikan video tentang Facebook Graph Search berikut ini:

Untuk memanfaatkan Facebook Graph Search, terlebih dahulu kamu harus mendaftarkan diri ke Graph Search. Setelah beberapa waktu, Graph Search akan memberikan otentikasi kepada kamu untuk menggunakannya. Caranya sangat mudah, langsung saja kunjungi:

https://www.facebook.com/about/graphsearch

Setelah mendaftar, kamu tinggal menunggu untuk mendapatkan otentikasi atau izin menggunakan Graph Search.

Setelah mendapatkan konfirmasi dari Facebook Graph Search, maka di sudut kiri atas halaman Facebook kamu (yang biasanya ditempati fitur Search), akan hadir kolom Graph Search, yang mana bila di-klik akan memberikan beberapa opsi untuk kamu melakukan pencarian.

Facebook Graph Search: Andalan Baru Facebook untuk Menarik Minat Pengguna

 

Memanfaatkan Graph Search, kamu bisa dengan mudah mencari foto teman-teman kamu. Bahkan ketika PG mencoba, foto-foto tersebut muncul nyaris seketika. Ini memang merupakan fitur yang pas buat kamu yang hobi stalking. hehe…

Facebook Graph Search: Andalan Baru Facebook untuk Menarik Minat Pengguna

 

Bukan hanya teman-teman kamu saja. Kamu bisa mencari halaman dengan pembahasan tertentu yang ada di Facebook. Baik itu profil maupun Fanpage.

Facebook Graph Search: Andalan Baru Facebook untuk Menarik Minat Pengguna

Kamu juga bisa stalking musik yang disukai oleh teman-teman kamu, lengkap dengan peringkat lagu mana yang paling banyak didengarkan atau di-like.

Facebook Graph Search: Andalan Baru Facebook untuk Menarik Minat Pengguna

Dari ulasan singkat PG tersebut, dapat diketahui bahwa Facebook Graph Search memiliki beberapa keutamaan seperti:

  1. Kemampuan menampilkan banyak data seketika. Ini memudahkan kamu yang ingin melakukan pencarian terhadap individu atau fanpage tertentu.
  2. Memungkinkan kamu untuk mencari sesuatu berdasarkan kesamaan. Misalnya sama-sama menyukai obyek tertentu atau kesamaan profil – mungkin kamu ingin mencari siapa saja yang lulus dari SMA yang sama dengan kamu, atau jurusan kuliah yang sama – kamu akan dengan cepat menemukannya.
  3. Rentang pencarian sangat luas. Kamu bisa secara kreatif memasukkan kata kunci untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Misalnya kamu ingin mencari toko di sekitar rumah kamu, atau mungkin juga resto enak di sekitar kamu – kemungkinan tersebut sangat terbuka

Untuk kamu yang menjunjung tinggi privasi, jangan khawatir karena Facebook Search Graph melindungi privasi dengan cara tidak menampilkan komentar, foto, ataupun identitas yang tidak ingin kamu tunjukkan kepada publik dalam pencarian. Facebook nampaknya berusaha ‘bermain dua kaki’ dengan cara memfasilitasi mereka yang hobi lurking dan stalking, namun disisi lain tetap memperhatikan privasi para penggunanya agar tidak terganggu oleh sistem pencarian baru yang fenomenal ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini