Evernote: Aplikasi Pembuat Catatan Paling Lengkap dan Mudah!

Sebelum ini memang PG pernah mengulas tentang Evernote dalam artikel “Mencatat dan Mengakses Note Anda Kapanpun dan Dimanapun Anda Berada dengan Evernote“. Tapi seiring dengan banyaknya update yang diberikan oleh Evernote, serta juga berbagai perkembangan yang luar biasa akan pemanfaatan Evernote oleh para penggunanya, maka PG memutuskan untuk mengulasnya kembali dengan mereview fitur-fitur yang ada serta juga nanti PG berencana juga mengulas ide pemanfaatan Evernote untuk kegiatan sehari-hari dalam artikel berbeda.

Evernote adalah web aplikasi, client desktop, Android, dan iOS apps yang berfungsi untuk melakukan pencatatan. Fitur yang ditawarkan oleh Evernote sangat mudah dimengerti dan bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan dengan fleksibel kapan saja dan dimana saja. Bahkan kamu bisa menggantikan fungsi buku kuliah atau agenda tebal kamu hanya dengan aplikasi Evernote nan praktis ini.

Evernote: Aplikasi Pembuat Catatan Paling Lengkap dan Mudah!

Kenapa Evernote begitu populer? Tak lain dan tak bukan adalah karena kepraktisannya. Bahkan Forum Evernote cukup ramai dengan pembahasan mengenai berbagai manfaat yang ditawarkan oleh Evernote secara kreatif oleh para penggunanya.

Pada dasarnya, Evernote adalah aplikasi yang memungkinkan kamu mencatat apa saja! Untuk mengakses catatan itu, maka kamu bisa menambahkan Tag, bahkan membagi catatan Evernote kamu ke dalam cabang-cabang kecil sehingga kamu bisa mencatat sesuatu secara spesifik.

Seperti yang diungkapkan PG pada artikel sebelumnya, sebelum memanfaatkan Evernote, kamu perlu melakukan registrasi di website Evernote terlebih dahulu (Bisa dibaca di artikel: “Mencatat dan Mengakses Note Anda Kapanpun dan Dimanapun Anda Berada dengan Evernote“). Agar kamu tidak bosan dan terkesan mengulang-ulang membaca topik yang sama, PG akan langsung men-skip masalah registrasi dan langsung membahas aplikasi desktop dari Evernote.

Apa keuntungan menggunakan desktop client? Tentu saja dengan adanya Desktop Client, kamu tidak perlu harus online untuk melakukan pencatatan. Bahkan meskipun kamu jarang sekali online, aplikasi desktop dari Evernote akan menunjukkan manfaatnya yang luar biasa bagi kamu dalam mengelola berbagai macam catatan yang kamu butuhkan. Kamu hanya perlu online sekali untuk masuk ke dalam akun Evernote kamu, kemudian online kembali bila ingin mensinkronkan isi desktop client kamu dengan akun kamu di website Evernote serta Android apps kamu.

Evernote: Aplikasi Pembuat Catatan Paling Lengkap dan Mudah!

Seperti yang kamu lihat pada gambar di atas, desktop client dari Evernote memiliki fitur umum yang ada pada sebuah word processor yang mana memungkinkan kamu untuk membuat catatan dengan rapi dan nyaman seakan mengetik biasa di Microsoft Word atau word processor populer lainnya.

Kamu bisa membuat catatan baru dengan mengklik “New Note”. Fitur ini juga tidak hanya berupa catatan tertulis saja. Kamu bahkan bisa memasukkan file webcam atau audio kamu sehingga catatan kamu tidak hanya berupa ketikan, tetapi bisa juga berupa catatan audio visual.

Bayangkan! Bila kamu seorang mahasiswa, bahkan kamu bisa merekam ‘ceramah’ dosen kamu untuk dipelajari lagi di rumah ketika kantuk di kelas tidak bisa ditahan lagi.  PG yakin sebagai seorang mahasiswa, mungkin malam harinya kamu banyak kesibukan seperti mencari tambahan biaya kuliah atau menonton final Liga Champion yang merupakan momen bersejarah sekali seumur hidup sehingga paginya kamu banyak mengantuk di kelas. (eeeh… Jangan bilang kalau PG yang mengajarkan trik ini ya!)

 

Agar bisa mudah menemukan catatan kamu, bisa juga kamu menambahkan Tag pada catatan tersebut sehingga nantinya catatan kamu akan mudah diketemukan dan dikelompokkan. Ini merupakan salah satu kepraktisan dari Evernote.

Evernote: Aplikasi Pembuat Catatan Paling Lengkap dan Mudah!

Evernote juga menawarkan fitur yang memudahkan kamu berbagi di media sosial atau email. Ini bisa kamu manfaatkan untuk berbagi catatan kuliah dengan teman lain atau juga berbagi materi proyek yang tengah kamu garap. Pasti ini akan lebih mudah dan praktis.

Evernote: Aplikasi Pembuat Catatan Paling Lengkap dan Mudah!

Seberapa banyakkah kita dapat memasukkan data ke Evernote? Bila hanya memanfaatkan fitur gratisan, maka setiap bulan, maksimal kita hanya diizinkan menambahkan materi sebesar 60 MB. Tapi bila kamu hanya menggunakan Evernote untuk mencatat, bukan memasukkan bahan audio atau visual yang besar, maka 60 MB ini benar-benar lebih dari cukup!

Kamu bisa melihat batasan pemakaian kamu dengan mengklik tombol “Usage” yang terletak di pojok kanan atas.

Evernote: Aplikasi Pembuat Catatan Paling Lengkap dan Mudah!

Salah satu kemudahan yang ditawarkan Evernote adalah, web aplikasi catat mencatat ini bisa mudah disinkronkan dengan aplikasi Android kamu. Download dan manfaatkan Evernote for Android untuk melengkapi kemudahan kamu mencatat dimana saja dan kapan saja.

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Android-nya pun serupa dengan desktop client Evernote

Evernote: Aplikasi Pembuat Catatan Paling Lengkap dan Mudah!

Hanya saja mungkin akan tidak nyaman untuk kamu mencatat terlalu panjang menggunakan Android, kecuali kamu menggunakan Tablet yang memiliki dock keyboard. Tapi ada satu kelebihan aplikasi Android yang mudah dimanfaatkan, yaitu aplikasi memasukkan gambar lewat kamera, bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Ini sangat bermanfaat bila kamu tengah berada dalam sebuah event dan ingin mencatat dengan cepat apa saja yang ada di event tersebut – sebuah gambar akan berbicara lebih banyak dari ribuan kata, maka manfaatkan kamera smartphone Androidmu untuk membantu membuat catatan!

Kamu bisa membuat catatan baru dengan men-tap ikon “New Note”

Evernote: Aplikasi Pembuat Catatan Paling Lengkap dan Mudah!

Sama seperti desktop client atau website Evernote, kamu bisa membuat catatan dengan menambahkan Tag, sehingga mudah untuk menemukan catatanmu kembali – cukup dengan men-tap ikon “Tag” lalu memilih tag yang tadinya sudah kamu sematkan.

Evernote: Aplikasi Pembuat Catatan Paling Lengkap dan Mudah!

Bila kamu tak terkoneksi Internet di Android kamu pun, Evernote tetap bisa kamu gunakan untuk mencatat berbagai macam hal. Tapi seperti halnya aplikasi desktop client yang dibahas PG di atas, paling tidak kamu harus menggunakan koneksi internet dulu untuk login ke dalam Akun Evernote kamu, serta memanfaatkan koneksi internet tiap kali kamu perlu mensinkronkan data.

Evernote akan memberikan kamu pengalaman membuat catatan kapan saja dimana saja dengan praktis!

Kunjungi web aplikasi Evernote di:

http://evernote.com/

Kamu bisa mendapatkan aplikasi desktop untuk Evernote di:

http://evernote.com/evernote/

Bila kamu adalah pengguna Android, kamu dapat memperoleh aplikasi Android untuk Evernote di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.evernote

Sebagai tambahan, kamu bisa mengunjungi Forum Evernote untuk mendapatkan ‘pencerahan’ tentang bagaimana memanfaatkan Evernote di:

http://discussion.evernote.com/

Evernote memang dikenal sebagai sebuah aplikasi pencatat yang praktis dan memberikan kemudahan untuk sinkronisasi lintas perangkat. Tapi bila kamu ingin mencoba aplikasi pencatat lain, mungkin kamu bisa mencoba Notee atau MyShelf. Boleh juga memilih dari 3 Aplikasi Note yang Mempermudah Pekerjaan yang pernah direview oleh PG sebelumnya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini