eHour: Aplikasi Project Management untuk ‘Kantor’ Online

Setelah membahas beberapa aplikasi untuk proyek kerja kolaboratif seperti Taskk, Brosix, Oogwave, dan Azendoo, PG kembali membahas salah satu aplikasi manajemen untuk proyek kerja kolaboratif, yaitu eHour. Beda dengan aplikasi yang sudah-sudah, aplikasi ini nampaknya diperuntukkan khusus untuk kantor online. Karena dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menyusun peran masing-masing anggota yang terlibat, kemudian mensetting aplikasi ini sesuai dengan jam kerja kantor, lalu membagikan tugas kepada anggota-anggota kamu.

eHour: Aplikasi Project Management untuk ‘Kantor’ Online

eHour akan memberikan informasi berkelanjutan tentang waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan berbagai tugas dalam proyek tertentu. Aplikasi ini mendukung berbagai penggunaan bahasa, termasuk Bahasa Indonesia juga loh. Fiturnya mirip laporan ala Excel serta menampilkan juga opsi mata uang bila kamu ingin menugaskan orang-orang dan membayar mereka secara langsung.

Untuk menjalankan aplikasi ini, kamu memerlukan Java Runtime Environment. Jika sistem kamu adalah 64-bit, kamu perlu mendownload JRE installer yang relevan untuk menghindari permasalahan.

Aplikasi eHour sendiri bisa kamu download di:

http://www.ehour.nl/index.phtml

Setelah instalasi tidak ada program yang masuk? Memang. Karena sebetulnya aplikasi tersebut hanya diperlukan agar komputer kamu bisa mengakses server pusat mereka

Kunjungi http://localhost:8000/ bila instalasi sudah selesai. Kemudian kamu tinggal membuka browser dan mengisi username dan password dengan kata admin untuk mengatur akun kamu. Kamu harus membuat user dan peran-peran lainnya lebih dulu sebelum mengkonfigurasikan proyek dan tugas. Bila ditutup eHour tetap berjalan secara background untuk menerima berbagai informasi.

eHour: Aplikasi Project Management untuk ‘Kantor’ Online

Tentukan jam kerja dan berbagai opsi lainnya sebelum memulai aplikasi ini.

eHour: Aplikasi Project Management untuk ‘Kantor’ Online

Nah, setelah semua peran lengkap disusun, kamu bisa mulai membuat proyek.

eHour: Aplikasi Project Management untuk ‘Kantor’ Online

Proyek ini kemudian kamu serahkan kepada individu yang menjadi partner atau anak buah kamu dalam proyek tersebut. Individu tersebut harus juga membuka aplikasi yang sama. Segala laporan terkait proyek bisa langsung diarahkan ke server sehingga kamu bisa memantau perkembangan tugas-tugas yang kamu bagikan.

eHour: Aplikasi Project Management untuk ‘Kantor’ Online

Menurut PG, aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang membuka semacam kantor online, dimana kamu membagikan tugas kepada masing-masing individu yang kompeten di bidang masing-masing. Misalnya programmer, writer, web designer, dan sebagainya sehingga proyek yang tengah kamu jalankan bisa berjalan dengan lebih lancar.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini