DuckDuckGo: Mesin Pencari dengan Perlindungan Privasi Tinggi

Bicara tentang mesin pencari tentu tak lepas dari Google, mesin pencari fenomenal yang bahkan merubah pandangan dunia tentang bagaimana memanfaatkan mesin pencari serta juga cara berbisnis lewat Internet. Meskipun sekilas Google melaju tanpa tantangan, sebenarnya banyak juga mesin pencari lain yang (sangat disayangkan) popularitasnya kalah jauh dengan Google, sebut saja Bing dan yang akan PG perkenalkan berikut ini, DuckDuckGo

DuckDuckGo: Mesin Pencari yang Berusaha Bersaing dengan Google

DuckDuckGo adalah mesin pencari yang dikembangkan oleh Gabriel Weinberg pada tahun 2008. Pada awalnya karena hobi, Weinberg mendanai sendiri proyeknya hingga pada Oktober 2011 ia mendapatkan sokongan dari Union Square Ventures dan banyak investor lain. DuckDuckGo merupakan mesin pencari open source yang memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan dengan Google, terutama privasi yang mana menjadi masalah utama Google. DuckDuckGo tidak mengambil cookies milik pengguna dan lebih memanjakan pengguna dengan hasil pencarian yang bersih dan rapi

PG tertarik untuk mereview mesin pencari yang gigih ini karena fitur pencariannya yang lebih bersih dan menarik untuk digunakan sebagai alternatif Google.

Kamu bisa langsung mengunjungi DuckDuckGo dengan mengetikkan:

https://duckduckgo.com/

 

Kemudian kita bisa membahas bersama fitur dari mesin pencari berlambang bebek imut ini.

 

Hasil Pencarian

DuckDuckGo: Mesin Pencari yang Berusaha Bersaing dengan Google

Hasil pencarian dari DuckDuckGo dapat disaksikan sendiri lebih bersih serta langsung mengurutkan berdasarkan popularitas website yang mengandung keyword pusatgratis di dalamnya.

 

Setting

DuckDuckGo: Mesin Pencari yang Berusaha Bersaing dengan Google

Kamu bisa mengatur banyak hal pada bagian setting. Dengan pengaturan terperinci ini, maka kamu bisa mempersonalisasi mesin pencari ini sesuai dengan preferensi kamu, termasuk pengaturan privasi yang lebih baik.

 

Halaman Alternatif

DuckDuckGo: Mesin Pencari yang Berusaha Bersaing dengan Google

Sebagai alternatif dari website DuckDuckGo yang menggunakan javascript, kamu bisa melakukan pencarian dengan lebih ringan menggunakan versi HTML atau bila ingin lebih ringan lagi menggunakan versi Lite DuckDuckGo. Ini akan menjadikan resource yang kamu butuhkan lebih sedikit sehingga lebih ringan dalam berinternet.

Kata kunci yang bermanfaat

DuckDuckGo: Mesin Pencari yang Berusaha Bersaing dengan Google

Di DuckDuckGo kamu bisa memanfaatkan kata kunci tertentu untuk menjadikan pencarian lebih baik dan spesifik berdasarkan hal yang ingin kamu cari. Misalnya tanggal ulang tahun artis, selebritis, atau orang terkenal, maka kamu bisa mengetikkan “birth date of…” dengan harapan memperoleh jawaban spesifik tentang ulang tahun tokoh tersebut.

 

DuckDuckGo sekilas terlihat memiliki potensi untuk berkembang. meskipun dinilai masih jauh dibandingkan dengan Google, namun setidaknya ia berani menawarkan sesuatu yang berbeda dengan Google. Sebagai open source, tentu saja banyak yang mengharapkan kemajuan mesin pencari ini.

Untuk promosi, bahkan DuckDuckGo juga menawarkan Chrome Extension untuk digunakan dalam pencarian Google, sebagaimana pernah direview oleh PG sebelumnya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Reno

    Saat tanggal 21 Desember 2012, saya lihat logonya DuckDuckGo itu pakai kacamata hitam dengan latar bola api, Kalau diklik, hasilnya… coba cari tahu aja deh PG! Cuma hari ini lo!

    • Kiki

      Ahahah… Flash tentang akhir dunia. Unik juga…
      Kiamatnya gak jadi ^_^