Dengarkan Artikel Website Tanpa Perlu Membacanya Menggunakan Chrome Speak

Membaca artikel ataupun berita di internet memang sangat bermanfaat dan bisa menambah ilmu. Tapi jika artikel yang akan dibaca terlalu panjang, pasti capek saat membacanya. Apalagi jika melihat layar monitor terlalu lama bisa membuat mata lelah dan merah. Nah, jika kamu ingin mendengarkan artikel tanpa perlu membacanya, coba gunakan Chrome Speak.

Dengarkan Artikel Pada Website Tanpa Perlu Membacanya Menggunakan Chrome Speak

Chrome Speak adalah ekstensi chrome yang bisa kamu gunakan untuk mendengarkan artikel tanpa perlu membacanya. Penasaran? Install dulu ekstensinya melalui link berikut ini :

https://chrome.google.com/webstore/detail/chrome-speak/mgpmlgbbboameedkldbfbhoigbabcbhk

Nah, setelah ekstensinya terinstall pada chrome, maka kamu bisa langsung mencobanya untuk mendengarkan artikel yang ingin kamu baca. Pertama, buka dulu artikelnya, kemudian blok bagian yang ingin kamu baca, setelah itu klik kanan pada blok artikel tersebut dan klik “baca teks yang dipilih”(read the selected text).

Dengarkan Artikel Pada Website Tanpa Perlu Membacanya Menggunakan Chrome Speak

Setelah itu, Chrome Speak akan langsung membacanya dan kamu akan mendengarkan teks yang sudah kamu blok tersebut. Kemudian jika kamu ingin menghentikannya tinggal klik kanan dan pilih “berhenti membaca” (stap reading).

Dengarkan Artikel Pada Website Tanpa Perlu Membacanya Menggunakan Chrome Speak

Lalu apakah chrome speak hanya bisa membaca bahasa inggris saja? Tentu tidak, Chrome Speak sangat multifungsi, ada banyak bahasa yang bisa kamu pilih, termasuk Bahasa Indonesia. Untuk mengganti setting bahasanya tinggal klik pada icon yang ada pada pojok kanan atas di browser chrome kamu. Kemudian akan muncul kotak setting seperti gambar berikut ini :

Dengarkan Artikel Pada Website Tanpa Perlu Membacanya Menggunakan Chrome Speak

Lalu tinggal ganti saja language-nya menjadi Bahasa Indonesia. Sayangnya walaupun sudah diubah menjadi Bahasa Indonesia, namun logat dan pengucapannya masih seperti saat mengucapkan Bahasa Inggris. PG menarik kesimpulan bahwa ekstensi Chrome Speak ini hanya cocok bagi kamu yang hobby membaca website  dengan Bahasa Inggris, atau sedang belajar pengucapan Bahasa Inggris.

Nah bagaimana, sangat menyenangkan dan mudah digunakan bukan? Jadi sekarang jika kamu malas untuk membaca artikel yang terlalu panjang, maka gunakan saja Chrome Speak untuk mendengarkannya tanpa perlu membacanya lagi.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini