Cara Cepat Membuat QR Code Sendiri

Apakah kamu pernah melihat sebuah gambar yang aneh di situs internet, bentuknya seperti kumpulan kotak-kotak kecil dan besar yang tidak beraturan berwarna hitam dan putih, atau sebagian dari kamu pernah mendengar tentang QR Code? Yup, benar sekali, gambar aneh yang berupa kotak-kotak kecil dan besar berwarna hitam dan putih itu lebih di kenal dengan sebutan QR Code atau di sebut Quick Respon Code.

QR Code atau dalam bahasa Indonesia di sebut Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau Bar Code dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu agar dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai.

QR Code di buat bertujuan untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan Bar Code, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal,QR Code mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis QR Code dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada Bar Code.

Kali ini PG akan memberikan tips bagaimana caranya membuat QR Code atau Kode QR kamu sendiri dengan cepat dan mudah. Silahkan langsung kunjungi link berikut di bawah ini.

http://goqr.me

 

Setelah masuk ke situs tersebut kamu akan mendapatkan tampilan seperti yang ada di bawah ini.

Cara Cepat Membuat Sendiri QR Code Online

 

1. Seperti yang kamu lihat pada gambar (1) kali ini PG mencoba membuat QR Code yang berisi URL pusatgratis.com. setelah link URL kamu masukan otomatis tampilan QR Code di bagian sebelah kanan akan berubah dan men’generatenya menjadi gambar QR Code milik kamu.

2. Ini adalah button dimana kamu bisa merubah ukuran dari gambar QR Code sesuka kamu.

3. Ini adalah opsi yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan generated QR Code kamu dalam bentuk kode HTML untuk kamu embed di laman Website atau kebutuhan Online lainnya.

4. Ini adalah pilihan untuk mengunduh QR Code milik kamu ke dalam bentuk file dengan ekstensi *.PNG

 

Salah satu contoh dari QR Code seperti yang ada di bawah ini, penasaran ya? langsung ambil smartphone kamu deh, silahkan coba kamu scan QR Code yang berisi URL pusatgratis.com di bawah ini.

Cara Cepat Membuat Sendiri QR Code Online

 

Untuk kamu yang mungkin bosan dengan kombinasi warna dasar hitam dan putih khas QR Code, mungkin kamu bisa mencoba tips membuat QR Code berwarna dari PG.

Mudah kan, caranya membuat QR Code sendiri, bagi kamu yang mempunyai produk, website atau blog, boleh mencobanya dengan membuat sendiri QR Code milik kamu, selamat berkreasi.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • rendi

    keren gan,,,

  • Karyaslindo adver

    mantav banget nih,, saya dulu pernah mencari-cari cara membuat QR code tapi g pernah ketemu,, akhirnya disini saya menemukan apa yang saya cari
    terimakasih PG

  • Karyaslindo adver

    mantav banget nih,, saya dulu pernah mencari-cari cara membuat QR code tapi g pernah ketemu,, akhirnya disini saya menemukan apa yang saya cari
    terimakasih PG