Berhati-hatilah Ketika Mencari Gambar Melalui Bing

Sophos, salah satu perusahaan security ternama, baru saja merilis hasil penelitian yang cukup mengejutkan. Menurut hasil penelitian tersebut, Bing adalah mesin pencari yang paling berbahaya saat ini jika digunakan untuk mencari gambar. Gleks!

Berhati-hatilah Ketika Mencari Gambar Melalui Bing

Saat ini para “attackers” cenderung memanfaatkan pencarian gambar untuk menyerang pengguna komputer. Hanya 8% attackers saja yang memanfaatkan pencarian teks, 92% sisanya memanfaatkan celah di fitur pencarian gambar.

Berhati-hatilah Ketika Mencari Gambar Melalui Bing

Dari 100% hasil pencarian gambar yang terinject malware, 65% nya berasal dari Bing..disusul oleh Google sebesar 30% dan mesin pencari lainnya sebesar 5%.

Berhati-hatilah Ketika Mencari Gambar Melalui Bing

Kenapa hal ini bisa terjadi? Ya..mungkin karena ketika kita mencari gambar, kita benar-benar tidak awas terhadap hasil pencarian. Asalkan gambar menarik dan sesuai dengan yang kita cari, kita biasanya langsung klik saja gambar tersebut. Hasil pencarian gambar pun sulit dibedakan mana yang dari situs terpercaya, dan mana yang dari situs berbahaya. Ini menjadi celah dan peluang bagi para attacker untuk menyisipkan berbagai malware jahat ke komputer kita.

Contoh mudahnya, perhatikan hasil pencarian gambar di Bing dengan kata kunci “movie outline example” ini:

Berhati-hatilah Ketika Mencari Gambar Melalui Bing

Bisakah kamu membedakan mana gambar yang aman dan yang mengandung malware ketika dibuka?

Faktanya, 3 dari 6 gambar tersebut mengandung malware berbahaya jika dibuka. Hal ini karena situs penyedia gambar tersebut telah diinjeksi dengan Malicious Blackhole Exploit v2.

So..berhati-hatilah saat kamu mencari gambar di mesin pencari. Pastikan kamu melihat dulu sumber dari gambar tersebut. Jika memungkinkan, upayakan memilih gambar dari situs-situs yang cukup terpercaya. Kalau hal ini tidak memungkinkan, pastikan di komputer kamu terinstall dengan antivirus yang selalu up to date.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini