Berbagai Layanan Google yang Kurang Populer Akhirnya Ditutup

Sudah menjadi agenda rutin Google untuk “bersih-bersih” layanannya yang kurang populer. Ya..Google memiliki banyak sekali project dan ketika ada yang kurang populer, maka project tersebut tidak akan diteruskan lagi.

Berbagai Layanan Google yang Kurang Populer Akhirnya Ditutup

Nah, untuk periode akhir tahun 2012 ini..Google juga kembali menutup beberapa layanannya yang kurang populer. Beberapa layanan yang akan ditutup antara lain:

 

Adsense for Feeds

Berita duka untuk publisher atau webmaster yang memanfaatkan Adsense for Feeds untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Mulai 2 Oktober 2012 waktu setempat, layanan ini akan mulai dimatikan. Tepat pada 3 Desember 2012 mendatang, Google akan menutup Adsense for Feeds secara penuh. RIP!

 

Classic Plus

Jika dulu kamu bisa mengupload gambar kesukaan kamu sebagai background di Google.com, mulai 16 Oktober 2012 mendatang kamu tidak akan bisa lagi mengupload gambar baru. Dan November akan menjadi waktu dimana riwayat layanan Classic Plus ini akan berakhir.

 

Spreadsheet Gadgets

Layanan ini didesain agar pengguna bisa memasukkan beberapa fitur custom di Google Spreadsheet. Karena sebagian besar gadget populer sudah dimasukkan langsung ke Charts in Spreadsheets, maka layanan ini akan segera dimatikan pada 2013 mendatang.

 

Google News Badges

Fitur ini akan segera dimatikan mulai 15 Oktober 2012 mendatang.

 

Insight for Search

Layanan yang sering dipakai oleh webmaster dan publisher ini akan digabungkan dengan Google Trends. Jadi sekarang kamu bisa melihat tren pencarian dan membandingkannya dengan volume pencarian langsung melalui Google Trends. Google juga akan mematikan Trends for Websites yang sebelumnya bisa digunakan untuk melihat dan membandingkan popularitas/traffic website.

 

Places Directory

Ini adalah aplikasi Android yang bisa digunakan untuk menemukan tempat menarik di dekat kita. Aplikasi ini sudah dihapus dari Google Play karena fitur tersebut sudah diintegrasikan di Google Maps.

 

+1 Reports di Webmaster Tools

Lagi-lagi fitur yang biasa digunakan oleh webmaster dan publisher terkena “gusuran”. +1 reports yang ada di webmaster tools ini adalah layanan untuk mengetahui aktivitas +1 di halaman situs yang webmaster miliki. Tepat pada 14 November 2012, layanan ini akan dimatikan. Tetapi Google sepertinya akan langsung mengintegrasikan fitur yang serupa di Google Analytics.

 

Nah itu dia semua layanan yang akan dimatikan oleh Google. Sebagian layanan yang akan dimatikan merupakan tools yang cukup bermanfaat bagi webmaster dan publisher. Jadi ini mungkin akan menjadi berita yang cukup membuat galau para webmaster.

Sebelumnya Google juga sudah mematikan Google Wave dan Google Friend Connect. Kini kita tinggal menunggu, layanan apa lagi yang akan dimatikan Google di periode selanjutnya. Google Plus mungkin? #wooops :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini