Bahaya! Banyak Akun Twitter dihack untuk Dijual di Pasar Gelap

Untuk kamu yang menggemari Twitter, waspadalah… waspadalah… Sekarang ada tren baru dimana Akun Twitter dihack untuk dijual di “pasar gelap”!

Bahaya! Banyak Akun Twitter dihack untuk Dijual di Pasar Gelap

Ini berangkat dari pengalaman seorang remaja bernama Eric Weaver, yang mana musim panas lalu gagal ketika login ke akun Twitternya. Seorang hacker telah masuk ke akunnya dan mengubah password. Bukan itu saja!

Ketika berupaya mencari-cari, Weaver menemukan akun Twitter-nya @weave – dijual di sebuah forum online, yaitu HackForums.net. Yang lebih gawat lagi, ia menemukan bahwa ada software yang memungkinkan secara otomatis meng-hack puluhan akun Twitter!

Para Ahli IT menyatakan bahwa pasar gelap untuk akun Twitter nampak berkembang pesat. Bahkan mereka mempertanyakan keamanan Twitter, sebuah perusahaan IT sebesar Twitter sudah selayaknya mampu membangun sistem untuk mencegah hakcer dari upaya ‘menebak’ password berulang-ulang. Hal ini dinyatakan oleh Chester Wisniewski, seorang peneliti dari perusahaan keamanan Cyber: Sophos.

“Mengapa Twitter tidak melakukannya?” ucap Wisniewski pedas. “Ini sudah berlangsung sejak lama dan Twitter nampaknya tidak melakukan apa-apa!”

Baru-baru ini, seorang pengguna Twitter, Daniel Dennis Jones, menceritakan bahwa akun Twitternya, @blanket, telah dihack, dicuri, dan dijual di pasar gelap. Jones mengatakan bahwa ia telah berkomunikasi dengan hackernya yang ternyata adalah remaja berusia 14 tahun yang mencuri dan menjual akun Twitter untuk tambahan uang jajan. Jones membeli kembali akunnya dari si hacker ini.

Dalam post Jones di Storify, Jones mengatakan bahwa remaja yang meng-hack akunnya mengatakan bahwa para hacker bisa mengubah IP Address lokasi mereka dengan melakukan eksploit terhadap celah keamanan di Twitter.

Kemudian ada juga software khusus hacking Twitter yang bernama “Twitter Cracker” yang bisa ditemukan dengan mudah secara online. Software ini biasa dijual di ForumKorner.com.

Salah seorang penjualnya berkomentar, “Dengan (software) ini, kamu bisa mengupload lebih dari 10,000 password dan memeriksa login, serta bila gagal, maka langsung pindah ke ID berikutnya.”

Dari gambaran tersebut, demikian mudah menghack dan mengambil alih sebuah akun Twitter. Kita yang di Indonesia juga perlu berhati-hati karena PG melihat bahwa trik hack lalu menjual akun ini mulai marak juga di Indonesia. Biasanya yang di-hack adalah yang memiliki follower banyak untuk kemudian dimanfaatkan sebagai buzzer atau akun yang mempromosikan sesuatu. Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu perlu mengetahui seperti apa sih password yang kuat itu, agar akun Twitter kamu tidak mudah dicuri.

Dari pengalaman PG, bila akun kamu terlanjur dicuri, maka kamu bisa mengajukan klaim kepada Tim Twitter dengan menyertakan bukti-bukti kepemilikan akun tersebut.

Memang hal ini perlu kita waspadai seiring makin maraknya penggunaan Twitter dalam berbagai even seperti promo, penjualan, bahkan politik.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini