Backup Akun Online Kamu dengan BackUpfy

Sebagian besar website interaktif dan jejaring sosial online seperti Facebook, Twitter, Gmail, Flickr, dan sebagainya memungkinkan kamu mendaftar dengan gratis. Mungkin kamu semua berpikir… Apa gunanya mem-backup akun online? Kan kalaupun ada seseorang yang menghack akun kamu, kamu tinggal bikin yang baru. Oh, jangan salah… Terkadang kamu tidak sadar bahwa menyusun konten di akun kamu memerlukan upaya ekstra. Belum lagi bila ternyata kamu memiliki komentar-komentar penting yang kamu tidak ingin agar data komentar atau post kamu di akun tersebut hilang. Sedangkan untuk akun email, backup jelas penting karena kamu bisa kehilangan banyak data sensitif penting berupa email! Karena itu, backup akun online merupakan sesuatu yang penting!

Backup Akun Online Kamu dengan BackUpfy

Nah, tapi bagaimana caranya mem-backup sebuah akun online?

Saat ini terdapat sebuah layanan yang memungkinkan kamu mem-backup akun Google, Twitter, Facebook, Flickr, Picasa, LinkedIn, Blogger dan Zoho, yaitu Backupfy. Bagaimana cara memanfaatkan web aplikasi ini?

Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Backup Akun Online Kamu dengan BackUpfy

1. Kunjungi website backupfy di:

https://www.backupify.com/products/personal-apps-backup

Klik tombol yang diberi tanda oleh PG dengan lingkaran merah pada gambar di atas. Dengan mengklik tombol tersebut, kamu akan dapat memanfaatkan layanan backupfy secara gratis, dan mendapatkan cloud storage untuk menyimpan data hasil backup akun online kamu sebesar 1 GB. Bila data backup kamu lebih dari itu, maka kamu harus mengikuti program berbayar dari backupfy.

Backup Akun Online Kamu dengan BackUpfy

2. Kamu akan dituntun untuk melakukan registrasi. Setelah prosedur registrasi, kamu akan mendapatkan interface sebagaimana gambar di atas. Disini kamu tinggal memilih akun mana yang ingin kamu backup. Klik “add service” di baris akun online yang ingin kamu backup

Backup Akun Online Kamu dengan BackUpfy

3. PG mengambil contoh dengan membackup akun Twitter. Backupfy akan meminta kamu login menggunakan akun Twitter kamu. Bila kamu tidak ingin agar tindakan kamu menggunakan aplikasi ini dipublikasikan, hilangkan tanda centang pada opsi “Tweet that I protected my Twitter Account with Backupfy”.

Backup Akun Online Kamu dengan BackUpfy

4. bila akun kamu selesai di-backup, maka akan tampil interface sebagaimana gambar di atas.

Backup Akun Online Kamu dengan BackUpfy

5. Lalu bagaimana untuk me-restore hasil backup kamu? Di halaman profil kamu, akan ditampilkan keterangan bahwa kamu menggunakan Backupfy untuk membackup akun Twitter. Klik pada keterangan tersebut, maka kamu akan dibawa ke halaman web spesifik dimana ditampilkan post-post dari akun Twitter kamu serta juga opsi untuk melakukan backup lagi.

Bila akun Twitter kamu di-hack, ada kemungkinan orang yang meng-hack tersebut menghapus berbagai posting atau elemen tertentu akun kamu. Nah, hal itu bisa diatasi karena Backupfy menyimpan semua elemen-elemen akun Twitter kamu sesuai kondisi pada saat kamu melakukan backup. Dengan meng-klik elemen yang ingin kamu restore, maka kamu bisa mengembalikan elemen yang hilang tersebut.

Backupfy merupakan web aplikasi yang cukup praktis untuk mengamankan akun online kamu. Karena seiring dengan semakin populernya berbagai jejaring sosial, akun online sudah seperti ‘rumah’ atau ‘identitas’ khas kamu. Akan sayang sekali bila kamu harus membuat akun baru bila kehilangan akun tersebut dan konten yang ada di dalamnya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Yiotam

    mantaaaaap…. ane sedang mencobanya