Ada Kebocoran 100.000 Password Member IEEE – Termasuk Member dari Indonesia!

Jika kamu adalah member dari IEEE.org, sebaiknya kamu segera mengganti password yang kamu miliki. Hal ini karena ada kebocoran sekitar 100.000 username dan password member situs tersebut.

Kebocoran password dan username tersebut ditemukan oleh Radu Dragusin. Dia menemukan sebuah kelalaian admin server dimana si admin membiarkan FTP servernya “terbuka untuk umum”. Hasilnya, lebih dari 100GB log files dari IEEE.org dan Spectrum.IEEE.org bocor karena si admin gagal mengatur access controls. Radu membuat ieeelog.com untuk menginformasikan detail dari kebocoran ini.

Walaupun Radu sudah melaporkan kebocoran itu dan IEEE sudah mematikan server FTP tersebut, namun tidak menutup kemungkinan bahwa sebelumnya sudah ada orang lain yang berhasil mengakses data tersebut.

Ada Kebocoran 100.000 Password Member IEEE

Dengan sekitar 100.000 username dan password tanpa enkripsi, tentu saja orang yang tidak bertanggung jawab bisa dengan mudah memanfaatkannya untuk keuntungan pribadi.

IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah sebuah lembaga non-profit, yang digunakan sebagai tempat berkumpulnya engineer profesional. Kebanyakan dari membernya adalah engineer dari perusahaan, pemerintahan dan militer.

Radu mengatakan bahwa dari 100.000 username dan password yang bocor tersebut, sebagian besar merupakan password pegawai Apple, Google, IBM, Oracle, Samsung, bahkan peneliti dari NASA, Stanford dan universitas lainnya.

Jika kamu adalah member IEEE.org, tidak ada salahnya berjaga-jaga dengan mengganti password akun penting yang kamu miliki.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini