5 Tools Gratis untuk Membuat Komik dengan Mudah

5 Tools Gratis untuk Membuat Komik dengan Mudah

Gambar diatas adalah contoh komik yang saya buat dengan menggunakan software RageMaker. Keren tidak ^^ ??? Waktu yang saya habiskan untuk membuat komik sederhana tersebut hanyalah 5 menit. Tidak percaya? Saya juga! Saya mengira membuat komik pendek seperti diatas membutuhkan waktu berjam-jam. Tapi ternyata ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk membuat komik tersebut dengan cepat dan mudah. Di artikel ini, saya akan menunjukkan 5 diantaranya. Penasaran?

Komik pendek dengan wajah penuh emosi dan ekspresi seperti diatas biasanya disebut sebagai Rage. Saat ini komik Rage sangat populer digunakan sebagai bahan lelucon, candaan, sindiran, dll. Selain komik Rage, ada juga beberapa jenis komik pendek lainnya. Berikut ini adalah tools gratis yang bisa anda gunakan untuk membuat komik dengan mudah :

1. RageMaker

RageMaker adalah tools yang saya gunakan untuk membuat komik Rage diatas. Tools ini terdiri dari 2 versi, yaitu versi online dan versi software. Dengan RageMaker, anda bisa memilih berbagai karakter dengan ekspresi yang berbeda-beda. Ada juga tools untuk menambahkan teks, gambar, dll. Satu hal yang saya suka dari RageMaker adalah kemampuannya untuk memasukkan gambar kita sendiri, baik itu diupload dari komputer maupun langsung download dari internet.

Berikut ini adalah interface dari software RageMaker

5 Tools Gratis untuk Membuat Komik dengan Mudah

Ingin membuat Komik Rage dengan RageMaker? Silahkan gunakan salah satu metode yang anda inginkan

Tools RageMaker Online
Download Software RageMaker

Jika anda memilih mendownload software RageMaker, maka anda harus mendownload RageMaker Program dan RageMaker Image Pack. Install dahulu RageMaker Program kemudian baru install RageMaker Image Pack. RageMaker Image Pack ini berisi semua koleksi gambar Rage yang siap untuk digunakan.

2. Rage Builder

Masih dalam konteks tools untuk membuat komik Rage, Rage Builder bisa menjadi alternatif yang bagus selain RageMaker. Tetapi Rage Builder ini hanya tersedia secara online dan memiliki fitur yang lebih “miskin” daripada RageMaker. Yuk kita tengok interface dari Rage Builder..

5 Tools Gratis untuk Membuat Komik dengan Mudah

Anda bisa menggunakan Rage Builder secara gratis

Tools Rage Builder

3. Bitstrips

Komik Strip sedikit berbeda dengan Rage. Jika Rage identik dengan berbagai karakter penuh ekspresi, maka tidak begitu dengan komik strip. Komik strip cocok digunakan untuk menceritakan suatu hal layaknya komik-komik yang biasanya kita kenal. Bitstrip adalah tool gratis yang bisa digunakan untuk membuat komik Strip.

Bitstrip ini dilengkapi dengan berbagai karakter, background dan properti berwarna-warni. Setiap karakter bisa anda atur posisi tubuh, tangan, kaki, hingga ekspresi wajahnya.

5 Tools Gratis untuk Membuat Komik dengan Mudah

Bitstrip hanya bisa digunakan secara online disini

Tool Bitstrip

4. Strip Generator

Komik yang dibuat dengan strip Generator hampir mirip dengan komik Rage : sangat simple dan berwarna hitam putih. Tokoh-tokohnya pun sangat minim ekspresi dan tidak bisa dikontrol. Komik yang dibuat dengan tools ini cocok digunakan untuk komik lelucon atau candaan.

5 Tools Gratis untuk Membuat Komik dengan Mudah

Strip Generator

5. Pixton

Inilah tools terakhir tapi menurut saya merupakan tools yang terbaik. Dilengkapi dengan berbagai macam tokoh karakter yang berwarna-warni. Anda bisa membuat bermacam-macam komik berkualitas tinggi. Setiap tokoh bisa anda atur posisi tangan, kaki, badan, hingga ekspresi wajahnya. Pixton memiliki kontrol yang paling fleksibel dibandingkan keempat tools diatas. Pixton juga memberikan opsi Pixton+ untuk bisa menikmati semua fitur premiumnya.

5 Tools Gratis untuk Membuat Komik dengan Mudah

Pixton

Kini anda bisa membuat komik sendiri dengan mudah dan gratis. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, tolong Like, Tweet, Plus One, atau share ke teman-teman anda yang lain yaa..terima kasih ^^


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Irfan

    langkah” instalnya gimana ?

  • mila

    enaknya memakai komoik seperti manusia beneran