5 Layanan Web untuk Mengetahui Kecepatan Akses Dari Sebuah Situs

Sukses dengan sebuah situs yang dikelola memang menjadi dambaan tersendiri bagi para blogger, namun untuk bisa mencapai kepuasan tersebut tentunya tidak didapatkan secara instan. Hal yang perlu diperhatikan menjadi seorang blogger adalah dengan lebih mengutamakan konten berkulitas, dan desain yang memudahkan untuk menavigasi semua menu. Dengan begitu kamu bisa mendatangkan pengunjung dengan jumlah banyak dan semakin betah untuk terus berlama-lama di situs kamu.

5 Layanan Web untuk Mengetahui Kecepatan Akses Dari Sebuah Situs

Selain itu, aspek penting lainnya agar situs mendapatkan peringkat baik dari Google adalah dengan meringankan beban situs, mungkin alasan mendasar pengujung cepat meninggalkan situs kamu karena hal tersebut. Ada banyak metode yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa kecepatan dari sebuah situs saat di akses, seperti yang akan di bahas PG kali ini dengan memanfaatkan 5 layanan online.

1. Pingdom Tools

5 Layanan Web untuk Mengetahui Kecepatan Akses Dari Sebuah Situs

Pingdom Tools adalah layanan online terbaik yang tersedia untuk memeriksa kecepatan atau beban dari sebuah situs. Saat memulai menguji dengan memasukkan alamat situs, halaman uji penuh akan membantu kamu untuk dengan cepat menganalisis dan mendapatkan hasil terperinci yang disajikan dalam bentuk grafik. Seperti kapasitas halaman, waktu membuka, file gambar, HTML, Java Script, CSS, Flash, dokumen, plugin, history, DNS, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menganalisis dari berbagai lokasi berbeda Amsterdam, Netherlands, Dallas, Texas, dan New York.

Kunjungi Pingdom Tools di:

http://tools.pingdom.com

 

2. Web Page Test

5 Layanan Web untuk Mengetahui Kecepatan Akses Dari Sebuah Situs

Dengan layanan gratis Web Page Test kamu dapat menguji kecepatan situs dari berbagai lokasi berbeda di seluruh dunia secara nyata dengan menggunakan browser Mozilla, Chrome, Internet Explorer, Safari, dan Canary. Setelah kamu memasukkan URL situs, Web Page Test akan menampilkan detail informasi kecepatan, waktu, permintaan, ukuran dan diagram lingkaran dari penggunaan gambar, HTML, CSS, Java Script, dll. Fitur lainnya adalah memungkinkan kamu untuk bisa menampilkan data lengkap situs yang di akses dengan menggunakan ponsel.

Kunjungi Web Page Test di:

http://www.webpagetest.org/

 

3. Web Page Analyzer

5 Layanan Web untuk Mengetahui Kecepatan Akses Dari Sebuah Situs

Web Page Analyzer memungkinkan kamu untuk bisa menganalisis dari sebuah situs yang ingin kamu uji, dengan memasukkan URL dan karakter kode di form yang telah disediakan. Web Page Analyzer akan dengan cepat menampilkan informasi terkait seperti statistik, ukuran halaman, waktu download, dan komposisi objek semua tersaji di dalam tabel. Srcipt akan menghitung ukuran setiap elemen dan meringkas semua jenis komponen yang terdapat di situs. Tidak hanya itu saja, disini kamu akan mendapatkan saran tentang bagaimana cara untuk meningkatkan waktu saat situs diakses.

Kunjungi Web Page Analyzer di:

http://www.websiteoptimization.com/

 

4. Octa Gate Site Timer

5 Layanan Web untuk Mengetahui Kecepatan Akses Dari Sebuah Situs

Octa Gate Site Timer bisa kamu gunakan untuk memantau berapa lama waktu yang diperlukan bagi pengunjung untuk mengakses halaman penuh dari sebuah situs yang termasuk konten di dalamnya berupa gambar, script, frames, iframe, dan lain-lain. Semua informasi tersebut disajikan dalam diagram tabel. Octa Gate Site Timer juga memberikan alasan dan cara mengoptimasikan situs perihal kecepatan lambat.

Kunjungi Octa Gate Site Timer di:

http://www.octagate.com/service/SiteTimer/

 

5. Site Perf

5 Layanan Web untuk Mengetahui Kecepatan Akses Dari Sebuah Situs

Site Perf bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan estimasi data yang akurat, realistis, dan membantu menganalisis kecepatan akses halaman situs. Memasukkan URL dan menentukan lokasi dari seluruh negara yang kamu inginkan, dengan detail Site Perf memperlihatkan hasil terkait dengan waktu download, koneksi, total dokumen, ukuran kepala situs, CSS, HTML, gambar, dan script. Keterbatasan dari Site Perf adalah tidak mendukung cookies (alasan keamanan), menggunakan HTTP tidak HTTPS, dan tidak terdapat dukungan Java Script.

Kunjungi Site Perf di:

http://site-perf.com/

 

Itulah 5 daftar layanan online gratis versi PG yang bisa kamu gunakan untuk menguji dan menganalisis kecepatan dari sebuah situs. Sangat berguna bagi kamu yang juga memiliki situs pribadi dan ingin lebih memuaskan pengunjung dengan memberikan akses cepat di situs kamu. Semoga bermanfaat :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Rakyat Siber
  • bro, coba tambahin yg kamu lbih suka, yg mna, biar kita bsa lbih yakin lg berkunjung k slah satu link d atas?? just suggestion ya bro