4 Layanan Web untuk Menemukan Situs Sama atau Mirip

Apakah kamu punya hobi browsing? PG yakin kalau kamu memang suka berkeliling di internet untuk mencari teman, ilmu pengetahuan, serta tambahan tips-tips yang memperkaya kehidupan kamu, maka pastilah kamu menyimpan link beberapa website yang cocok dengan kebutuhan kamu tersebut.

Nah, untuk memperkaya wawasan, mungkin kamu ingin tahu website dengan tema serupa yang bertebaran di dunia maya, sehingga kamu bisa mendapatkan tambahan informasi. Bagaimana caranya mencari website semacam itu? Kamu bisa memanfaatkan layanan online yang fungsinya untuk menemukan situs yang sama dengan situs favorit kamu!

4 Layanan Web untuk Menemukan Situs yang Sama Dengan Situs Favorite Kamu

Enelan? Ciyus? :D..Yup! PG berikut ini akan membahas 4 buah layanan online yang fungsinya adalah untuk menemukan situs yang serupa dengan yang menjadi situs favorit kamu. Sekaligus PG memberikan penilaian tentang keunggulan dan kekurangan dari situs-situs ini dalam ‘menilai’ situs yang serupa dengan situs favorit kamu!

 

1. Websitelike

4 Layanan Web untuk Menemukan Situs yang Sama Dengan Situs Favorite Kamu

Websites Like disebut-sebut sebagai “Indeks terbesar untuk menemukan Website alternatif “. Layanan online ini menggunakan algoritma-nya sendiri untuk menemukan website yang serupa berdasarkan URL atau kata kunci yang kamu masukkan.

Ketika PG melakukan percobaan dengan memasukkan  URL Pusat Gratis, Websitelike menampilkan beberapa situs yang kurang lebih serupa, namun berbahasa Inggris. Dari sini PG menyimpulkan bahwa sistem pencarian yang dilakukan oleh websitelike tidaklah mendasarkan lokasi, namun kesamaan konten website.

4 Layanan Web untuk Menemukan Situs yang Sama Dengan Situs Favorite Kamu

Dari percobaan yang dilakukan PG, dapat dinilai keunggulan dan kelemahan dari websitelike sebagai berikut:

Keunggulan: mendukung penggunaan URL dan keyword, sangat akurat bila digunakan untuk mencari website besar (Facebook, Twitter, dan sejenisnya).

Kekurangan: website ini tidak dapat menilai kesamaan dengan baik. Tidak begitu akurat dengan website-website lain yang lebih kecil.

Kamu bisa mengunjungi Website Like untuk mencari website sejenis dengan website favorit kamu di:

http://www.websiteslike.org/

 

2. Similar Sites

4 Layanan Web untuk Menemukan Situs yang Sama Dengan Situs Favorite Kamu

Similar Sites menawarkan lebih dari sekedar website yang sama. Ketika kamu memasukkan URL, Similar Sites akan menampilkan daftar sejumlah website yang dianggap serupa. Similar Site akan menghitung dan melakukan pengolahan data untuk menemukan situs-situs serupa.

Kamu juga bisa ikut berpartisipasi agar orang setelah kamu bisa langsung menemukan website yang serupa dengan favoritnya dengan cara ikut serta memberikan vote untuk hasil pencarian dari website tersebut.

Kelebihan:Menawarkan lebih dari website yang sama, memungkinkan kamu menilai kesamaan, akurasi dan juga ekstensi pendukung yang cocok untuk tiap browser yang kamu gunakan ketika membuka website tersebut.

Kekurangan: Sering terjadi ketika kamu mengklik sebuah website, akan muncul berita bahwa website yang kamu cari tadi tidak ada, dalam artian layanan online ini kadang tidak memperbarui database-nya

Kamu bisa mengunjungi Similar Site di:

http://www.similarsites.com/

 

3. XMarks

4 Layanan Web untuk Menemukan Situs yang Sama Dengan Situs Favorite Kamu

XMarx sebenarnya merupakan layanan online yang pas untuk mencari situs serupa. Akan tetapi sayangnya Xmarx kurang up to date dan menampilkan preview situs yang lama setelah PG melakukan beberapa kali percobaan.

XMarx saat ini lebih populer untuk layanan bookmark yang ia berikan ketimbang mencarikan website yang serupa.

Kekuatan: cepat dan ringan digunakan

Kelemahan: rancangan kuno , bahkan databasenya kurang up to date.

Kamu bisa mengunjungi XMarx di:

http://www.xmarks.com/

 

4. Similicio.us

4 Layanan Web untuk Menemukan Situs yang Sama Dengan Situs Favorite Kamu

Kalau kamu sudah tahu website yang serupa dan ingin menemukan sesuatu yang baru, cobalah Similicious. Similicious menggunakan algoritmanya sendiri untuk menemukan website serupa dan hasilnya pasti berbeda dibanding layanan website lain. Ini terbukti ketika PG memasukkan Link Pusat Gratis, maka similicious bahkan menampilkan web yang berasal dari Korea dan Iran. Tentu saja ini akan memberikan wawasan yang menarik dan tak terduga.

Kelebihan: bisa menemukan website yang lebih kecil

Kekurangan: kadang website kecil yang ditampilkan tersebut sudah tidak ada, dalam artian layanan online ini masih kurang up to date

Kamu bisa mengunjungi Similicio.us di:

http://www.similarsitesearch.com/

 

Dengan memanfaatkan 4 layanan web di atas, kamu akan bisa menemukan website yang serupa dengan website favorit kamu untuk mendapatkan wawasan baru. Kata orang bijak, tidak akan ada cowok ganteng tanpa kamu mengenal cowok jelek sebelumnya. Bagaimanapun juga memang kita tidak akan tahu kerennya sebuah website bila tidak ada pembanding.

Dalam artian, kamu mungkin baru akan sadar bahwa PG memang lebih keren setelah membandingkannya dengan website-website serupa. Hehehe…

Jadi silahkan berkeliling dan membandingkan PG dengan website serupa, dan bila ada kritik dan saran, tentu saja kamu bisa menyertakan hal tersebut dalam kolom komentar, karena seperti yang kamu ketahui, PG tidak pernah segan untuk berbenah diri untuk memenuhi kepuasan pembaca-pembaca PG yang rajin mengikuti!…


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Shiddiq Muhammad

    mantep nih ..
    :)