18 Alasan Kenapa Banyak Orang Kecanduan Facebook

Suka atau tidak suka, lebih dari sepertujuh penduduk bumi kini telah menjadi pengguna Facebook. Bahkan banyak diantaranya yang telah menjadi pecandu berat! Mungkin mereka lebih memilih untuk tidak mandi selama seminggu penuh, daripada untuk tidak membuka Facebook sehari saja! Woops! :D

Facebook memang telah membawa budaya dan kebiasaan baru bagi penggunanya. Bangun tidur..buka Facebook. Istirahat siang..buka Facebook. Bahkan sebelum tidur..buka Facebook lagi.

Pertanyaannya..kenapa sih kog semakin banyak orang yang kecanduan Faceboook?

18 Alasan Kenapa Banyak Orang Kecanduan Facebook

Di artikel ini PG akan berusaha mengungkapkan misteri dibalik penyebab kecanduan Facebook. Siap?

1. Mudah digunakan

Format dan fitur Facebook sangat mudah digunakan. Cukup dengan login saja, kita bisa mengetahui kabar terbaru teman-teman kita. Kita bisa tahu kalau si A baru putus cinta, si B baru jadian, atau si C yang baru dapat kerja.

Hampir semua fitur Facebook bisa dimanfaatkan dengan mudah, mulai dari update status, bales comment, like status, berkirim pesan, chatting dengan teman lama, bahkan mencari teman baru.

2. Bisa berbagi info ke banyak orang sekaligus

Dengan Facebook, kita bisa berbagi info ke banyak orang dengan simple. Kamu cukup update status saja dan semua teman kamu bisa mengetahuinya. Kamu tidak perlu mengirim email atau sms ke teman kamu satu per satu. Simple.

3. Bisa dapat banyak info baru dengan mudah

Manusia memang selalu tertarik dengan yang namanya informasi. Kita selalu tertarik dengan apa yang ada di sekitar kita, apa yang sedang nge-trend, apa yang sedang marak dibicarakan, dll.

Melalui Facebook ada banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan, mulai dari kabar teman, event, musik, game, berita, cuaca, politik, pengetahuan, lowongan kerja, hiburan, dan informasi baru lainnya.

4. Bisa memata-matai orang lain dengan mudah

Hihihi..ini memang terdengar sedikit aneh, tapi ini benar-benar terjadi! Kita seringkali penasaran dengan kehidupan orang lain, apalagi hal-hal yang bersifat rahasia. Solusinya..tentu saja memata-matai dia secara diam-diam.

Dengan Facebook, kita bisa memata-matai orang lain dengan lebih mudah. Kita bisa tahu apakah mantan kita sudah punya pacar baru, apakah pacar kita selingkuh dengan cowok lain, dll. Bahkan sekarang banyak perusahaan yang melihat kehidupan calon karyawannya melalui Facebook.

5. Tempat mencari pengakuan dan ekspresi diri

Katakanlah kamu baru dapat pacar baru yang cantik banget, cara termudah untuk mendapat pengakuan adalah dengan pamer foto dan status lewat Facebook. Atau mungkin kamu baru beli motor sport seri terbaru, cara termudah untuk “pamer” ke temen-temen ya lewat Facebook.

Mmm..atau mungkin kamu punya pemikiran yang berlawanan dengan pendapat umum? Facebook bisa menjadi tempat bagi kamu untuk mengekspresikannya.

6. Mudah bertemu dengan “masa lalu”

Masa lalu memang seringkali menjadi memori yang indah. Melalui Facebook, kita bisa berhubungan kembali dengan teman-teman SD, SMP, SMA atau Kuliah.
a
Bahkan..kita bisa PDKT dengan teman SMA yang sudah lama kita incar dan belum berhasil kita dapatkan sampai sekarang. Hihi..

7. Membuat kita merasa “dimengerti”

Ketika ada masalah dan tidak ada yang mengerti kita, update status lewat Facebook bisa menjadi obat. Apalagi saat banyak like, comment, atau bahkan chat yang kamu dapatkan.

8. Mudah berkomunikasi dengan keluarga

Dengan adanya Facebook kita tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga, walaupun lokasi kita dan keluarga kita berjauhan.

9. Mood Booster

Beberapa pengguna Facebook merasa jauh lebih baik ketika mencurahkan isi hati melalui Facebook. Terkadang mereka juga mencari hiburan melalui Facebook.

10. Merasa bagian dari perkembangan dunia

Hari gini kalau tidak punya Facebook katanya jadul. Yup, terkadang banyak orang menjadi kecanduan Facebook diawali karena mereka ingin menjadi bagian dari dunia yang semakin berkembang. Mereka mencoba daftar dan akhirnya..keterusan.

11. Memenuhi kebutuhan sosial manusia

Manusia adalah makhluk sosial, dan dengan berbagai fiturnya, Facebook memudahkan itu semua. Orang bisa lebih mudah dapat teman baru, kenal teman baru, bahkan bisa akrab melalui Facebook.

12. Tidak ingin ketinggalan “event”

Entah itu sekedar kumpul-kumpul, undangan ulang tahun, undangan pernikahan, sampai event komunitas, kini pemberitahuannya seringkali dilakukan lewat Facebook. Tidak login Facebook bisa berakibat ketinggalan event-envent penting.

13. Terobsesi punya banyak teman

Beberapa pengguna Facebook ada yang terobsesi untuk memiliki teman Facebook sebanyak-banyaknya. Bahkan sampai-sampai mereka add friend walaupun tidak kenal siapa orangnya. Beberapa merasa bangga ketika teman Facebooknya banyak, like di statusnya banyak, dll.

14. Social + Gaming : Resep kecanduan mematikan

Game bisa membuat orang kecanduan, social juga bisa membuat orang kecanduan. Social + Game = resep mujarab sehingga orang sulit meninggalkan Facebook. Di Facebook ada berbagai game yang mengambil konsep social untuk semakin membuat penggunanya kecanduan.

15. Sebagai media pembanding diri

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah salah satu sifat manusia sejak dulu. Di Facebook, kita bisa melihat pencapaian orang lain. Dia kerja dimana, dia sudah punya apa saja, sudah nikah atau belum, dll. Dengan Facebook kita bisa membandingkan diri kita dengan teman-teman. Menjadikannya sebagai motivasi atau penyemangat kita dalam bekerja.

16. Pembunuh kebosanan

Beberapa pengguna Facebook mengungkapkan bahwa Facebook merupakan obat bosan yang cukup ampuh. Ketika tidak ada yang dilakukan dan sedang tidak ada siapa-siapa, berinteraksi dengan teman-teman lewat Facebook menjadi pembunuh kebosanan yang ampuh.

17. Merasa tidak sendiri

Dengan Facebook, banyak orang merasa tidak sendiri lagi. Disana ada banyak teman online yang siap diajak ngobrol, cerita, atau sekedar bales2an komen.

18. Kangen Facebook

Banyak pengguna Facebook yang sudah jarang login Facebook merasa kangen dengan aktivitas mereka di Facebook. Alhasil mereka bisa kecanduan lagi walaupun sebelumnya telah “sembuh” dalam jangka waktu tertentu.

Itu dia ke-18 hal yang bisa membuat orang mudah kecanduan Facebook. Di artikel selanjutnya PG akan berbagi cara untuk bisa lepas dari kecanduan Facebook.

Apakah kamu termasuk orang yang kecanduan Facebook? Adakah hal-hal lain selain ke-18 hal diatas yang membuat kamu tidak ingin lepas dari Facebook?

Bagikan pengalaman kamu di kolom komentar PG dibawah ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini