10 Tanda Bahwa Kamu Kecanduan Facebook

Sebelumnya sudah PG jelaskan kenapa Facebook bisa membuat orang kecanduan, bahkan sampai kecanduan berat! Sekarang ada pertanyaan lain yang mungkin mengganjal di pikiran kamu: Apakah kamu termasuk orang yang kecanduan Facebook? Hehehe :p

Untuk memastikannya, kamu perlu tahu 10 tanda seseorang yang kecanduan Facebook:

 

10 Tanda Bahwa Kamu Kecanduan Facebook

 

1. Kamu cemas dengan berapa banyak teman Facebook yang kamu miliki, dan kamu iri jika ada orang lain yang memiliki lebih banyak teman Facebook daripada kamu.

>>> tidak perlu membaca tanda yang lainnya lagi, kamu dapat dipastikan kecanduan Facebook.

2. Kamu update banyak sekali status, sampai apa yang harus kamu makan, apa yang akan kamu makan, dan apa yang sedang kamu makan.

>>> “asiiik..bentar lagi makan donat kacang sama yayank”..lalu..”lagi makan donat kacang sama yayank @ donut cafe..enak banget..”..lalu..”aduuh..perutku sakit nih habis makan donat kacang..kenapa ya??”…lalu…”kayaknya aku alergi sama donat kacang deh..hiks”

3. Kamu menghabiskan lebih banyak waktu untuk posting foto, daripada menikmati sesuatu yang kamu foto itu.

>>> Kamu sedang wisata ke Pantai Kuta. Kamu langsung buru-buru untuk ambil foto jeprat jepret jeprat jepret..lalu cepet2 balik ke hotel untuk mengedit foto dan menguploadnya ke Facebook. Jika kamu lebih banyak menghabiskan waktu mengedit dan mengupload foto daripada menikmati panorama wisata Pantai Kuta yang indah tersebut, ya..kamu kecanduan Facebook.

4. Kamu merasa sebel, marah, bahkan depresi jika gagal mengakses Facebook

>>> Entah karena koneksi yang terputus, baterai smartphone yang lowbat, atau karena situs Facebook lagi down..jika kamu merasa sebel atau marah saat gagal mengakses Facebook..kamu telah kecanduan Facebook.

5. Kamu mengganti foto profil lebih dari sekali seminggu.

>>> Apa? Berganti foto profil setiap hari atau bahkan beberapa kali sehari? Hmmm….

6. Akses Facebook kamu di tempat kerja dimatikan sedangkan rekan kerja kamu yang lain tidak, atau lebih parahnya lagi..akses Facebook semua orang dimatikan karena kamu terlalu banyak Facebookan.

>>> Jika atasan kamu marah karena memergoki kamu Facebookan terlalu lama di tempat kerja, hmmm..mungkin kamu memang kecanduan Facebook.

7. Ketika sedang tamasya, kamu rela bersusah payah mencari tempat untuk bisa mengakses Facebook.

>>> Oke oke..PG mengerti..mungkin kamu ingin update status agar teman-teman Facebook kamu tahu betapa indahnya tamasya yang sedang kamu lakukan. Tetapi teman-teman kamu akan tetap “hidup” walaupun kamu tidak update status saat itu juga. Pertanyaannya..apakah kamu juga bisa “hidup” jika tidak update status saat itu juga?

8. Jari kamu “gatal” jika tidak update status

>>> Ada fenomena yang dinamakan sebagai Carpel Tunnel Syndrome, dimana kamu akan merasa gelisah..bahkan sampai jempol kamu bergerak-gerak sendiri jika lama tidak mengakses Facebook. Ini biasanya dialami oleh orang yang suka Facebookan dari smartphone.

9. Kamu secara rutin bersih-bersih tag dari Foto jelek yang ditag-kan ke kamu.

>>> Kamu rajin membersihkan tag di foto-foto yang menurut kamu “jelek” dan menyisakan foto-foto kamu yang keren saja. Yap..ini termasuk salah satu tanda bahwa kamu kecanduan Facebook.

10. Facebook kamu terbuka di tab browser ketika membaca artikel ini :D

Itu dia ke-10 tanda seseorang yang kecanduan Facebook. Tanda yang mana dari kesepuluh tanda tersebut yang sering kamu lakukan?

Jika kamu memiliki kesepuluh tanda tersebut, dapat PG pastikan bahwa kamu termasuk orang yang kecanduan Facebook. Hehehe.. :D

Tapi tenang, di artikel selanjutnya PG akan membahas tentang berbagai cara agar bisa lepas dari kecanduan Facebook. Stay tuned guys!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini