Wow? Mobil ini Dihidupkan dengan Bantuan iPhone dan Perintah SMS

Masih belum pantas sebuah smartphone dikatakan sebagai ponsel pintar apabila belum bisa melakukan hal-hal yang luar biasa. Salah satu contoh sederhana adalah yang mampu dilakukan oleh sebuah iPhone ini misalnya.

Baru-baru ini seorang pria di Amerika Serikat yang bernama Will O’Brien, berhasil mengubah iPhone bekas miliknya menjadi kunci atau sebagai alat pengganti untuk menghidupkan mobilnya.

Wow? Mobil ini Dihidupkan dengan Bantuan iPhone dan Perintah SMS

Dalam eksperimennya kali ini Will memanfaatkan fitur SMS di dalam iPhone yang kemudian digunakan untuk mengirim sebuah perintah seperti yang diinginkanya, dan ternyata SMS yang diterima oleh handset ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan perintah agar menghidupkan mesin mobil miliknya tersebut.

Seperti yang PG kutip melalui Ubergizmo, bahwa untuk bisa mewujudkan hal ini, Will menggunakan bantuan alat-alat seperti seperti iPhone, Arduino (sirkuit listrik serbaguna), dan beberapa komponen lain. Alat-alat ini kemudian dirangkai sedemikian rupa dan dipasang pada dasbor mobil miliknya.

Wow? Mobil ini Dihidupkan dengan Bantuan iPhone dan Perintah SMS

Apabila Will ingin menghidupkan mobilnya, maka dia cukup mengirim SMS kepada iPhone yang sudah terpasang di dasbor mobilnya. Selanjutnya SMS tersebut akan diterjemahkan menjadi sebuah kode-kode yang digunakan untuk menghidupkan mesin mobil, dan hal yang sama juga diakukan ketika Will ingin mematikan mobil.

Namun sayangnya Will tidak berniat untuk mengomersialkan ciptaannya ini. Tetapi dia malah berbaik hati dan menyebarkan rancangan miliknya ini secara bebas. Jika kamu tertarik untuk mengembangkan atau sekedar ingin melihat-lihat, silahkan kamu kunjungi laman resmi milik Will O’Brien berikut ini.

http://biobug.org/index.php/2011/12/11/sms-remote-start-working-prototype/


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • adit

    Sudah ad kok teknologi yg mngatur ini serta sudah di komersialkan beserta gps di dlamnya, jd tgl sms ke chip gps maka anda sudah bisa mematikan dan mnghidupkan mobil anda…
    Di indonesia udh banyak distribusinya.
    cocok untuk yang berbisnis rental mobil.