Wow! Kalkulator-pun Bisa Diinstall Linux

Sistem operasi Linux memang terbukti sangat ringan dan powerful. Baru-baru ini, seseorang dengan nickname Tangrs telah memporting Linux di kalkulator TI-Nspire CX. Kalkulator tersebut terbukti bisa menjalankan Linux dengan lancar tanpa, bahkan bisa digunakan untuk browsing!

Wow! Kalkulator-pun Bisa Diinstall Linux

Lihat saja video bagaimana kalkulator ini menjalankan Linux:

Terlihat saat digunakan untuk browsing, kalkulator tersebut masih berbasiskan teks saja. Tetapi Tangrs mengatakan akan segera membuat browsing versi grafisnya.

Terkait dengan penggunaan Linux di kalkulator ini, Tangrs mengatakan bahwa dia menggunakan Buildroot. Tentu saja kalkulator Linux ini tidak bisa menjalankan aplikasi Linux seperti software yang tersedia untuk Ubuntu, Mint, Fedora, dll secara langsung. Ini dikarenakan kalkulator ini menggunakan ARM CPU, sedangkan software tersebut rata-rata dicompile untuk AMD/Intel x86 architecture. Tetapi dengan “sedikit” upaya, aplikasi-aplikasi tersebut bisa diinstall jika telah di cross-compile agar kompatibel dengan prosesor ARM.

Kalkulator ini juga bisa menjalankan KDE, Gnome, Xfce, dwm, Fluxbox dan berbagai aplikasi window manager lainnya. Hanya saja mungkin akan berjalan sangat lambat karena kalkulator ini hanya menggunakan 120MHz CPU dengan 64MB RAM.

Bagi Tangrs, project ini sepertinya hanya merupakan project senang-senang saja. Secara manfaat, mungkin tidak ada. Tetapi bagi dia, keberhasilan menjalankan Linux di kalkulator sangatlah keren! Dan ya..memang keren!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini