Ubuntu untuk Smartphone Telah Hadir dan Siap Bersaing (Video)

Akhirnya pesaing baru Sistem Operasi untuk mobile terutama untuk smartphone telah muncul di antara Apple, Google dan Windows. Tepat pada tanggal 03 Januari 2013 lalu, pihak Canonical secara resmi menghadirkan Sistem Operasi Ubuntu yang dikhususkan untuk perangkat smartphone.

Tentu saja dengan hadirnya Ubuntu untuk smartphone ini nantinya akan menjadi sebuah alternatif tambahan bagi para produsen ponsel smartphone yang ada diseluruh dunia. Menurut pihak Canonical, Ubuntu untuk smartphone ini memberikan kemampuan yang unik, antara lain yaitu kemudahan dalam menghubungkan perangkat antara ponsel dan komputer.

Ubuntu untuk Smartphone Telah Hadir dan Siap Bersaing (Video)

Canonical berharap Ubuntu akan segera populer di pasaran, yang nantinya memungkinkan para konsumen untuk memiliki perangkat tunggal yang aman dan dapat terhubung dengan berbagai macam perangkat secara lebih mudah.

Nama Ubuntu yang berasal dari filosofi Afrika Selatan ini memang secara umum dikenal hanya sebatas sistem operasi Linux yang banyak digunakan di komputer desktop saja, dengan pengguna yang mencakup dan fokus pada segi keamanan dan pengelolaan.

Ubuntu untuk Smartphone Telah Hadir dan Siap Bersaing (Video)

Pihak Canonical mengklaim bahwa Ubuntu versi Smartphone ini memiliki beberapa fitur yang akan membedakannya dengan sistem operasi Android milik Google. Perbedaan itu dapat ditemukan dari segi navigasi dapat muncul dari masing-masing sisi dengan disentuh menggunakan ibu jari. Dengan adanya navigasi dari 4 sisi tersebut tentu saja akan lebih memudahkan para penggunanya dalam mencari konten, baik lokal maupun konten yang ada di internet.

Ubuntu versi smartphone ini juga menawarkan kecepatan perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan dukungan dari HTML5 dan tampilan welcome screen yang bisa dikustomisasi.

Ubuntu untuk Smartphone Telah Hadir dan Siap Bersaing (Video)

Canonical juga menawarkan beberapa layanan tambahan bagi konsumen smartphone berbasis ubuntu seperti layanan cloud Ubuntu One yang memungkinkan para penggunanya untuk menaruh file-file lokal di server online, sehingga lebih mudah diakses dari mana saja dan kapan saja.

Penasaran dengan tampilan Ubuntu untuk smartphone? Silahkan kamu saksikan video Hands-on sistem operasi Ubuntu untuk smartphone dibawah ini yang PG kutip melalui The Verge.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini