Twitter Luncurkan Fitur Penanggulangan Keadaan Darurat di Jepang

Jepang adalah salah satu dari beberapa Negara yang di kelilingi oleh cincin api atau tempat bertemunya dua lempengan Bumi (Ring Of Fire), tidak mengherankan apabila Negara Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki frekuensi gempa bumi yang cukup tinggi di setiap tahun nya.

Dengan kondisi seperti itu, Jepang tentunya memiliki sistem penanggulangan serta peringatan bencana yang bagus dan sudah di perhitungkan sebelumnya untuk menghindari sekaligus meminimalisir jatuhnya korban pada saat terjadi bencana. Dan dalam hal ini pun Twitter mencoba untuk memberi support dalam hal penanggulangan bencana di negara tersebut.

Seperti yang berhasil PG kutip melalui The Next Web, langkah-langkah yang dilakukan oleh Twitter adalah dengan memberikan fitur baru yang bernama Lifeline, untuk para pengguna akun Twitter di Jepang. Fitur ini memungkinkan user Twitter Jepang menggunakan kode posnya untuk menemukan dan memfollow akun local, dan nantinya akun-akun lokal tersebut bisa saja adalah akun milik media local tertentu, ataupun milik pemerintah dan lain-lain.

Twitter Luncurkan Fitur Penanggulangan Keadaan Darurat Bernama Lifeline di Jepang

Hal ini terbilang sangat penting, karena dengan memfollow akun-akun tersebut, para pengguna Twitter bisa memperoleh berita dengan cara yang sangat cepat. Terlebih pada saat terjadi bencana, mereka dapat melakukan langkah antisipasi terlebih dulu dan tentu saja ini adalah merupakan hal yang sangat positif.

Produk Manager Twitter, mengatakan bahwa fitur tersebut diberikan karena dia melihat bahwa Twitter sering digunakan dalam keadaan bencana. Dia pun mengungkapkan bahwa pihaknya akan berusaha mengembangkan fitur ini untuk negara lain. Untuk memperoleh fitur ini, Twitter mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan pihak pemerintah Jepang.

Bagaimana dengan Indonesia? Seperti yang PG ketahui Negara kita juga merupakan Negara yang memiliki frekuensi gempa bumi yang cukup tinggi, Semoga saja instansi yang terkait bisa mempertimbangkan fitur ini untuk dapat di gunakan oleh pengguna Twitter di Indonesia? Kita tunggu saja. :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini