Tips Menghindari Kebiasaan Menunda-Nunda Akibat Internet

Apakah kamu seorang yang banyak bekerja di depan komputer? Mungkin terkadang kamu merasa berat sekali untuk mengabaikan ‘hasrat’ browsing berbagai macam berita, mengunjungi Forum, bermain jejaring sosial, alih alih mengerjakan pekerjaanmu yang sesungguhnya.

Dalam istilah manajemen, hal itu disebut procrascination, kebiasaan menunda-nunda pekerjaan utama serta melakukan hal yang kelihatannya remeh temeh dan menyenangkan. Procrascination ini biasanya memakan korban dari kalangan pekerja di yang biasa menghabiskan waktu di depan layar komputer. Dampak buruk dari procrascination? Pekerjaan tertunda, gak kelar-kelar, dan kamu membuang waktu untuk sesuatu yang sebenarnya tidak penting.

Tips Menghindari Kebiasaan Menunda-Nunda Akibat Internet

Di dunia yang bergerak cepat ini, semestinya hal tersebut tidak terjadi. Kamu harus ‘menguatkan’ dirimu agar tidak terpengaruh berbagai godaan dunia maya sehingga melalaikan pekerjaan kamu yang sesungguhnya. Berikut ini PG akan memberikan kamu beberapa tips untuk menghindari kebiasaan menunda-nunda akibat Internet!

 

1. Sadarilah bahwa kesempurnaan itu tidak ada!

Tips Menghindari Kebiasaan Menunda-Nunda Akibat Internet

PG tahu, kadang-kadang kamu menunda pekerjaan tersebut karena rasa takut. Ketakutan yang timbul bahwa hasil kerja kamu nantinya tidak sempurna… Ketakutan yang timbul karena kamu merasa ide kamu ‘kurang nendang’… dan banyak lagi ketakutan-ketakutan yang justru menjadikan kamu menunda pekerjaanmu semakin lama. Dari pengalaman PG, hal semacam ini justru membuatmu semakin menjauh dari titik ‘selesai’. Oleh karena itu, peluklah ketakutan kamu, sadarilah bahwa tidak ada yang sempurna, dan paksa diri kamu sekuat mungkin untuk mulai mengerjakan. Ketika kamu mulai mengerjakan tugas kamu, biasanya ide akan mulai datang mengalir dan menjadikan kamu lebih lancar mengerjakannya beberapa saat setelahnya. Dengan ‘berdisiplin’ memaksa diri kamu bekerja, kamu bisa mengatasi ketakutan-ketakutan akan buruknya hasil pekerjaan kamu dan menghindari kebiasaan menunda-nunda!

 

2. Gunakan To-Do List

Tips Menghindari Kebiasaan Menunda-Nunda Akibat Internet

David Allen dalam bukunya, Getting Things Done menyatakan bahwa ‘menyimpan’ jadwal tindakan yang harus kamu lakukan di kepala akan menjadikan pemikiran kamu terbebani dan kamu  menguras energi untuk hal-hal yang tak perlu. Gunakan pencatat! Catat apa saja yang harus kamu lakukan hari ini. Pecah aktivitas-aktivitas utama tersebut menjadi bagian-bagian yang kecil, maka kamu akan merasa pikiran kamu lebih ringan. Kamu tinggal mengikuti ‘catatan kecil’ kamu tersebut dan tidak usah merasa terbebani dengan memikirkan apa saja yang harus kamu lakukan sepanjang hari.

Alih alih membuat catatan di kertas, karena kamu banyak menghabiskan waktu di depan komputer, maka kamu bisa mencoba berbagai software dan layanan online yang memungkinkan kamu membuat to do list. Kamu bisa mencoba 7 layanan Online yang memungkinkan kamu membuat To Do List, bisa juga mencoba desktop to do list seperti HandyOrganizer, Desktop Reminder, Rainlendar, Tasklists, To Do Desklist, dan banyak lagi alternatif lain.

Dengan menggunakan catatan semacam itu, maka kamu bisa meningkatkan efektivitas kamu dalam bekerja. Kamu tinggal mengikuti jadwal yang telah kamu tetapkan dan mengerjakan segala catatan detil yang telah kamu persiapkan.

 

3. Tetapkan Deadline Kamu sendiri

Tips Menghindari Kebiasaan Menunda-Nunda Akibat Internet

Tidak ada yang lebih melenakan daripada tugas tanpa deadline. Bila kamu diberikan sebuah tugas tanpa adanya batas waktu tertentu, maka kamu harus segera mencatatnya pada to do list atau reminder kamu, kemudian tetapkan deadline kamu sendiri.

Bila kamu tidak menetapkan deadline, maka PG yakin tugas itu akan tetap berada disana, setiap hari kamu melihatnya, tapi tidak ada upaya untuk mengerjakannya! Bahkan kamu pasti memilih ‘mengembara’ di dunia maya daripada mengerjakan tugas tersebut karena merasa bahwa tugas tersebut belum saatnya diselesaikan.

Ubah pola pikir tersebut! Tetapkan deadline kamu sendiri, dan mulai kerjakan! Salah satu software yang bisa mendukung kamu untuk menetapkan deadline sendiri di luar deadline sesungguhnya dari tugas tersebut adalah HandyOrganizer.

 

4.  Tetapkan Waktu khusus bermain Internet

Tips Menghindari Kebiasaan Menunda-Nunda Akibat Internet

Kalau kecanduan kamu akan browsing dan menggunakan jejaring sosial sudah sangat akut, maka kamu harus mengambil langkah tegas dengan menetapkan ‘jam khusus’ bagi kamu untuk ‘bersenang-senang’ secara online. Dengan menetapkan waktu khusus tersebut, berarti terbentuk mindset bahwa di luar waktu itu, kamu harus benar-benar bekerja!

Jangan biarkan godaan Internet menjadikan kamu lengah menyelesaikan berbagai tugas yang menumpuk! Utamakan tugas-tugas tersebut, lalu nantinya sebagai reward, kamu bisa bermain internet sepuasnya… dalam jangka waktu yang sudah kamu tetapkan tentu saja… Supaya kamu tidak terlena untuk mengerjakan tugas berikutnya!

 

5. Disable  semua Notifikasi

Tips Menghindari Kebiasaan Menunda-Nunda Akibat Internet

*ketik satu paragraf*

tuing tuing (suara BBM)

*ketik kalimat berikut*

pung pung (suara WhatsApp)

*ketik tiga kata*

tutut (suara Facebook Chat)

Kalau kamu menuruti dirimu membalas semua pesan yang terkirim untuk kamu pada saat itu juga, maka pekerjaan kamu tidak akan selesai-selesai! Abaikan itu semua! Ambil langkah ekstrim dengan men-disable semua notifikasi, sehingga kamu tidak tahu bila ada pesan yang masuk. Kemudian kamu perlu menetapkan waktu tersendiri untuk membaca semua pesan yang masuk tersebut sehingga kamu tidak akan abai dan teralih dari pekerjaan kamu.

Aplikasi Pomodoro bisa membantu kamu dalam hal ini. Pada dasarnya, menggunakan Pomodoro berarti berkomitmen dengan diri bahwa kamu akan berfokus mengerjakan tugas yang tengah ada di tanganmu dalam jangka waktu pomodoro (25 menit). Dengan demikian, kamu akan punya waktu sendiri untuk membalas pesan-pesan yang masuk ke ponsel atau akun jejaring sosial kamu, namun tetap fokus pada pekerjaan.

 

6. Gunakan Teknik dan Aplikasi Pomodoro

Tips Menghindari Kebiasaan Menunda-Nunda Akibat Internet

Sudah disinggung oleh PG di atas, bahwa teknik Pomodoro akan sangat membantu kamu guna berfokus sejenak pada pekerjaan kamu. Pomodoro adalah sebuah teknik yang memecah pekerjaan besar menjadi beberapa siklus kecil. 1 Siklus kecil ini nantinya dinamakan 1 Pomodoro, dimana setiap Pomodoro berisi 25 menit waktu kerja dan 5 menit istirahat. Istirahat panjang (15 menit) diberikan setiap menyelesaikan 4 pomodoro.

Banyak aplikasi yang bisa membantu kamu menerapkan teknik Pomodoro, misalnya, Pomodoro, Pomodairo, atau CherryTomato.

 

Dengan memanfaatkan tips-tips di atas, PG berharap kamu akan berhasil menghindari kebiasaan suka menunda-nunda (procrascination). Tapi PG perlu mengakui bahwa memang memerlukan tekad yang kuat untuk menghindarkan diri dari godaan Internet dan berfokus pada pekerjaan sepenuhnya. Ayoo! Kamu bisa!!…


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini