Tips Membersihkan Layar Tablet atau Smartphone Touchscreen

Membersihkan layar tablet atau smartphone touchscreen sebenarnya adalah hal yang simple dan mudah. Kamu tidak perlu menggunakan cairan atau kit pembersih khusus untuk membuatnya tampak bersih. Apakah kamu sudah rutin membersihkannya dengan cara yang tepat atau hanya sekedar membersihkannya secara asal-asalan? Jika kamu membersihkan layar touchscreen secara asal-asalan, bisa jadi hal itu akan merusak layar touchscreen kamu.

Tips Membersihkan Layar Tablet atau Smartphone Touchscreen

Nah, dengan tips yang akan PG bahas kali ini, kamu tidak perlu lagi khawatir akan merusak layar dari tablet atau smartphone yang kamu miliki. Karena kamu akan tahu yang mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Oke mari kita mulai saja, pertama yang harus kamu ketahui yaitu hal-hal yang bisa merusak layar touchscreen. Apa saja itu?

  • Bahan Kimia
    Ingat, jangan pernah menggunakan bahan kimia apapun untuk membersihkan layar touchscreen, termasuk windex, anommia atau pembersih yang mengandung alkohol. Kemudian jika kamu menggunakan cairan pembersih, jangan pernah menggunakannya dalam komposisi yang banyak, gunakan sedikit saja.
  • Kain yang tidak tepat
    Jangan pernah menggunakan kain abrasive, paper towels ataupun tissue, karena bisa menggores layar. Sebaiknya gunakan kain microfiber yang dirancang khusus untuk membersihkan permukaan layar yang sensitif.
  • Terlalu banyak air
    Jangan menenteskan sedikitpun air pada layar secara langsung, usahakan jika kamu akan membersihkan layar gunakan kain microfiber yang sedikit basah.
  • Menekan layar
    Dan yang terakhir, jangan pernah menekan layar terlalu keras, karena jika terlalu sering kamu melakukan hal tersebut akan merusak layar itu sendiri.

Beberapa peringatan diatas berlaku jika kamu tidak memiliki pelindung layar, namun jika kamu memilikinya maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah yang serius.

Kemudian setelah kamu tahu apa-apa yang harus dihindari, maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan yaitu dapatkan kain microfiber. Jika kamu bingung apa sih kain microfiber itu? Kain microfiber adalah kain yang bisa kamu dapatkan saat kamu membeli kacamata atau alat lainnya.  Dengan menggunakan kain tersebut, layar touchscreen kamu tidak akan rusak, karena kain tersebut mengandung serat yang sangat kecil.

Tips Membersihkan Layar Tablet atau Smartphone Touchscreen

Setelah kamu mendapatkan kain yang tepat, sekarang kamu harus tahu bagaimana cara yang aman untuk membersihkan layar touchscreen, yaitu :

  1. Sebelum melakukan apapun yang harus kamu lakukan yaitu matikan terlebih dahulu tablet atau smartphone kamu.
  2. Usap layar dengan kain microfiber dengan satu arah, baik secara horizintal ataupun vertikal. Ingat! Jangan pernah mengusap layar dengan arah yang tidak beraturan.
    Tips Membersihkan Layar Tablet atau Smartphone Touchscreen
  3. Usahakan jika kamu menggunakan air, jangan pernah menggunakannya dalam komposisi yang terlampau banyak, gunakan saja sedikit pada ujung dari kain.
  4. Setelah kamu mengusapnya dengan kain yang sedikit basah, langkah terakhir yaitu usap layar dengan bagian lain dari kain yang kering.
  5. Selesai sudah.

Sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir jika membersihkan layar touchscreen. Karena dengan tips diatas layar touchscreen kamu akan selalu bersih dan tentunya tetap dalam keadaan yang baik dan tidak rusak. Semoga bermanfaat :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini