[Tips Anti Galau] Memilih Windows 32 Bit atau 64 Bit

Apakah kamu baru saja membeli komputer? Kalau kamu tipe orang yang suka mengerjakan segala sesuatu sendiri, termasuk halnya meng-install software sistem operasi (OS), maka PG yakin kamu akan dilanda kebingungan berlapis. Pertama-tama, kamu perlu memilih dulu jenis OS apa dulu yang harus diinstall ke PC tersebut. Biasanya kebingungan akan berada seputar menginstall Windows atau Linux. Bila kamu sudah sejak awal ingin menggunakan Windows, bukan Linux (untuk PC, tentu saja dua sistem operasi ini merupakan yang paling umum – Mac pasti menggunakan Mac OS), maka masalah tersebut terpecahkan sebagian. Masalah berikutnya: XP, Vista, Win 7 ataukah Windows 8 yang akan kamu installkan dalam PC tersebut? Tentu saja ini juga bisa dipecahkan dengan memperhatikan batasan persyaratan untuk instalasi OS. Windows 7 dan 8 memerlukan minimal prosesor dengan kecepatan 1 Ghz, minimal 1 Gb RAM, dan ruang di hard drive minimal 20 GB. Untuk spec komputer yang lebih rendah dari itu, PG sarankan untuk berpuas diri menggunakan XP. Nah, lapisan kebingungan berikutnya adalah: Mana yang kamu pilih, menggunakan OS Windows 32 bit atau 64 bit?

[Tips Anti Galau] Memilih Windows 32 Bit atau 64 Bit

PG yakin hal ini bisa menjadikan kamu galau karena sekali install akan mempengaruhi ‘landasan’ dari perjalanan PC kamu selanjutnya. Karena bila terlanjur menginstall versi 32 bit, maka kamu harus memilih aplikasi dan software berbasis 32 bit, demikian juga sebaliknya. Tapi jangan kuatir… PG akan memberikan tips dan sedikit wawasan untuk menghindarkan kamu dari kebingungan. Jadi untuk kamu yang tengah dilanda kebingungan akibat permasalahan ini, kamu boleh mencari pegangan, asal sambil tetap membaca artikel ini….

 

Apa yang dimaksud 32 bit dan 64 bit?

Wutt? Belum tahu apa yang dimaksud 32 bit dan 64 bit? Oke deh, PG akan menceritakannya kepada kamu semua. istilah 32 bit dan 64 bit mengacu pada cara prosesor menangani sistem pengolahan pada PC kamu. Prosesor bisa menangani dengan memanfaatkan RAM per 32 bit atau per 64 bit. Tentu saja penanganan dengan memanfaatkan sistem 64 bit pada RAM akan jauh lebih efektif pada pengolahan data PC. Artinya, kamu akan memiliki lebih banyak cadangan RAM dalam pengolahan data di komputer kamu.

Untuk kamu yang memanfaatkan komputer untuk bermain game atau mengolah gambar dengan Photoshop atau bahkan melakukan rendering video, sistem 64 bit akan sangat menolong karena ini akan menghemat RAM kamu, serta juga mengoptimalkan kinerja software yang kamu gunakan untuk melakukan aktivitas-aktivitas tersebut.

Mengetahui apakah PC kamu Support untuk 32 bit atau 64 bit

Apakah semua prosesor bisa diarahkan untuk menggunakan kedua sistem tersebut? Oo.. Tentu tidak. Ini semua berbasis spec dasar hardware PC kamu, terutama prosesor. Lalu bagaimana untuk mengetahui apakah PC kamu support untuk 32 bit atau 64 bit? Gampang! Kamu bisa menggunakan software 64bit checker atau Securable!

64bit Checker

64bit Checker adalah software yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui apakah Spec PC kamu mendukung penggunaan OS Windows berbasis 64 bit atau tidak. Kamu bisa mendownload 64bit Checker dari tautan berikut ini:

http://www.igorware.com/64bit-checker

Menggunakannya cukup sederhana. Kamu tinggal klik 64bit checker, lalu kamu akan mendapatkan tampilan interface sebagai berikut:

[Tips Anti Galau] Memilih Windows 32 Bit atau 64 Bit

Yang utama dari penilaian 64 bit checker terletak pada baris paling bawah yang menunjukkan bahwa PC kamu support untuk 64bit (x64) atau tidak.

Securable

Securable adalah software yang menampilkan ulasan lebih detil tentang bagaimana PC kamu support 64bit atau tidak, serta saran khusus bila kamu ingin menggunakan versi 64bit Windows.

Kamu bisa mendapatkan Securable di:

http://www.grc.com/securable.htm

Setelah kamu mendapatkan securable, maka kamu tinggal memilih kolom 64 Maximum bit length untuk mendapatkan penilaian tentang hardware kamu.

[Tips Anti Galau] Memilih Windows 32 Bit atau 64 Bit

Setelah mengklik tombol tersebut, maka kamu akan mendapatkan saran dan penilaian secara spesifik tentang kompatibilitas hardware kamu dengan OS berjenis 64bit.

[Tips Anti Galau] Memilih Windows 32 Bit atau 64 Bit

Nah, sebagaimana dijelaskan oleh Securable di atas, PG disarankan untuk menggunakan versi Windows XP atau Vista 64-bit karena hardware PC tersebut akan lebih optimal dengan menggunakannya.

 

Kelemahan dan Kelebihan Menggunakan OS Windows 64bit

Seperti yang sudah PG singgung sebelumnya, menggunakan OS Windows berbasis 64 bit akan lebih mengoptimalkan RAM. Lebih sedikit RAM yang digunakan dengan manajemen yang lebih baik berarti kamu akan mendapati PC kamu berjalan lebih efisien. Mampu mengoptimalkan penggunan software-software ‘besar’ seperti image editor (Photoshop, Corel, dan sebagainya), Video rendering, atau Game.

Kelemahannya hanyalah, sekali kamu menginstall OS berbasis 64 bit, baik XP, Vista, 7 ataupun 8, maka kamu harus menyesuaikan berbagai software yang kamu install. Kamu hanya bisa menginstall software yang support 64 bit. Ini akan menjadi ‘bencana kecil’ bagi kamu yang menggunakan Windows XP, karena sedikit sekali software yang kompatibel dengan sistem 64 bit untuk Windows XP. Namun kamu mendapatkan dukungan yang lebih besar bila menggunakan Windows 7 atau Windows 8. Hampir semua software untuk kedua OS itu memiliki versi 64 bit, sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan software yang kompatibel.

 

Bagaimana untuk Memilih?

[Tips Anti Galau] Memilih Windows 32 Bit atau 64 Bit

 

Akhirnya kita sampai pada bagian yang kamu tunggu-tunggu dari tadi… Bagian yang akan menghapuskan galau kamu untuk memilih OS berbasis 32 bit atau 64 bit. Jadi begini tips untuk memilih apakah kamu perlu menginstall versi OS berbasis 32 bit atau 64 bit:

  1. Bila kamu adalah pengguna Windows XP, PG sarankan untuk tidak menggunakan OS berbasis 64 bit. Terutama bila kamu tipikal orang yang suka mencoba berbagai software. Alasannya adalah, sangat sedikit software di luaran yang kompatibel untuk Windows XP 64 bit. Bila kamu tipikal orang yang ‘statis’, dalam artian hanya sedikit software yang kamu perlukan, dan semuanya memiliki versi 64 bit, maka kamu layak mencoba versi Windows XP 64bit.
  2. Bila kamu menggunakan Windows Vista, kamu akan mendapati lebih banyak software yang kompatibel dengan versi 64 bit Vista. Namun tetap saja tidak sebanding dengan Windows 7 atau 8. Bila spec kamu cukup, maka upgrade ke Windows 7 adalah alternatif yang cukup bagus
  3. Bila kamu menggunakan Windows 7 atau Windows 8, maka terlebih dahulu periksa hardware kamu. Apakah RAM kamu lebih besar dari 4GB? Pada dasarnya, Windows 7 64bit akan sangat efektif menolong kamu bila kamu memiliki RAM yang lebih besar dari 4GB. Bila RAM kamu di bawah itu, maka Windows 7 32bit akan sangat efektif menunjang kinerja kamu. Tips ini berdasarkan masukan dari teman-teman pengguna Windows 7 yang sudah mencoba berbagai cara untuk mengoptimalkan kinerja OS mereka.

 

Nah, dengan memperhatikan berbagai tips di atas, PG yakin wawasan kamu bertambah mengenai versi OS 32 bit dan 64 bit, serta kamu juga bisa memilih tanpa kebingungan lagi, mana yang lebih baik digunakan untuk kamu: 32 bit atau 64 bit.

Yang penting dalam hal ini adalah mengoptimalkan kemampuan hardware kamu sembari memperhatikan preferensi kamu atas OS tertentu. Bila kamu pecinta Windows 7, tidak apa-apa untuk tidak terburu-buru upgrade ke Windows 8 karena memang perubahan akan tidak nyaman untuk kamu.

Bila kamu memiliki komputer dengan spec yang cukup rendah, maka kamu perlu menyesuaikan, dan memang mungkin OS berbasis 32bit adalah opsi terbaik untuk kamu. Memikirkan untuk memperbarui hardware? Sebelum memutuskan, kamu perlu mengetahui tips apakah komputer lama kamu layak dipertahankan.

Bagaimana pendapat kamu tentang memilih Windows berbasis 32bit dan 64bit ini? Bila kamu punya tips tambahan, silahkan berpartisipasi pada kolom komentar berikut untuk saling bertukar wawasan ^_^


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • jhony quest

    Info yang bagus, sebagai tambahan :
    RAM:
    32 Bit minimal 1GB
    64 Bit minimal 2GB
    Jika memiliki ram lebih dari 2gb dan hdd (tentunya sekarang pasti lebih dari 200gb) sebaiknya menggunakan OS versi x64 karena lambat laun microsoft akan memaksa penggunanya untuk meninggalkan 32bit beberapa tahun mendatang, dan apalagi sekarang dengan Versi Windows 7 & 8 jika x64 sudah bisa menangani yang x86 (32 Bit).

    • Kiki

      Wah, info bahwa Microsoft akan memaksa penggunanya meninggalkan 32 bit untuk versi Windows 7 dan 8 itu betulan ya?

      Memang sih dua versi Windows itu paling siap dan lengkap berbagai software pendukungnya dalam versi x64 bit. Jadi masuk akal juga kalau saya pikir…

  • http://pupuntricks.blogspot.com/ Mr.Pupun

    Mantap bro info.y

    Thanks sdh share bnyak info yg berguna,
    Godd Luck

    • Kiki

      Terimakasih ^_^
      saya akan berusaha lebih baik lagi ^_^