#Techvolusi: Perkembangan Layar Sentuh a.k.a Touchscreen dari Masa ke Masa

Apakah sekarang di tanganmu ada smartphone berlayar sentuh yang dengan mudah kamu kendalikan hanya dengan menggeser-geserkan jemarimu di atasnya? Apakah kamu sekarang tengah melakukan presentasi di ruang rapat menggunakan monitor sentuh yang memudahkan kamu menjelaskan materi yang tengah disampaikan? Layar sentuh atau touch screen ini merupakan suatu temuan yang menakjubkan dan sangat mendukung perkembangan teknologi. Menurut filosofi Steve Jobs yang mempopulerkan layar sentuh dari perangkat iPhone dan iPad, sentuhan memiliki makna filosofis berupa cinta dan kepedulian. Oleh karena itulah ia yakin bahwa sistem ini akan menjadi favorit banyak orang di masa mendatang dan coba tebak: Mr. Jobs memang benar!

Bicara soal definisi, PC Magazine mendefinisikan touch screen sebagai: “Sebuah layar yang sensitif terhadap sentuhan jari atau stylus. Umum digunakan di mesin ATM, pusat retail point-of-sale, sistem navigasi mobil, monitor medis, dan panel kendali industri, layar sentuh menjadi sangat populer di handheld setelah Apple memperkenalkan iPhone pada tahun 2007”

 

Apakah kamu penasaran bagaimana cara kerja layar sentuh tersebut? Pada umumnya ada tiga komponen yang digunakan dalam teknologi layar sentuh:

  • Sensor sentuh, yaitu panel dengan permukaan yang responsif terhadap sentuhan. Sistemnya dibangun berdasarkan tiga tipe sensor, yaitu resistive (paling umum), surface acoustic wave, dan capacitive (di banyak smartphone). Secara umum sensor menggunakan arus listrik yang menyebar di perangkat tersebut, dimana dengan menyentuh layar, akan menyebabkan perubahan voltase. Perubahan voltase akan memberikan tanda titik sentuhan.
  • Pengontrol (controller), adalah hardware yang mengubah perubahan voltase pada sensor ke dalam sinyal yang diterima komputer atau perangkat lain.
  • Software mengatakan kepada komputer, smartphone, perangkat game, dan sebagainya, mengenai apa yang terjadi terhadap sensor dan informasi yang datang dari pengontrol. Bagian mana yang disentuh, dan hal ini akan memicu komputer atau smartphone untuk bereaksi.

Sekarang kita masuk ke bagian inti, yaitu membahas Techvolusi alias evolusi teknologi dari layar sentuh ini.

Sejarawan sepakat bahwa penemu pertama layar sentuh adalah E.A. Johnson di Royal Radar Establishment, Malvern, Inggris, sekitar tahun 1965 – 1967. Penemu ini menerbitkan deskripsi utuh dari teknologi layar sentuh untuk kontrol lalu lintas udara di artikel yang diterbitkan pada tahun 1968.

Namun demikian, sejarah teknologi sentuh dimulai dari sintesizer yang sensitif terhadap sentuhan. Menurut Canada Science and Technology museum, Electronic Sackbut karya Hugh Le Caine dianggap sebagai sintesizer musik yang pertama. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan memainkan keyboard di tangan kanan, sementara tangan kiri pada papan pengontrol yang terletak di atas keyboard.

Perkembangan Layar Sentuh a.k.a Touchscreen dari Masa ke Masa

 

Plato IV Touch screen karya University of Illinois merupakan bagian sistem komputer pendidikan di sekolah tersebut yang mulai dikembangkan sejak tahun 60an. Perangkat ini memiliki panel sentuh infra merah yang memungkinkan siswa menjawab dengan cara menyentuh layar.

Perkembangan Layar Sentuh a.k.a Touchscreen dari Masa ke Masa

 

Tahun 1984, Casio meluncurkan produk Casio AT-550 Watch. Permukaannya merupakan touch screen yang melengkapi fasilitas kalkulator dari jam tersebut. Pengguna bisa mengubah jam tersebut menjadi kalkulator dengan menekan tombol di bagian kiri, lalu menggunakan jari untuk menggambar masing-masing angka dan operasi matematika.

Perkembangan Layar Sentuh a.k.a Touchscreen dari Masa ke Masa

 

Apple Desktop Bus diperkenalkan pada tahun 1987. Perangkat yang terkenal dengan nama ADB ini merupakan sistem pertama yang memungkinkan seseorang terhubung dengan dua perangkat penunjuk yang serupa.

Perkembangan Layar Sentuh a.k.a Touchscreen dari Masa ke Masa

 

Pada tahun 1993, IBM dan telepon Company Bellsouth merilis Simon, sebuah ponsel yang digambarkan sebagai “mesin nirkabel, pager, dan perangkat pengirim email, kalender, jadwal janjian, alamat, kalkulator dan sketchpad. Ini merupakan perangkat pertama yang mengkombinasikan teknologi layar sentuh dengan telepon.

Perkembangan Layar Sentuh a.k.a Touchscreen dari Masa ke Masa

 

Pada tahun 1998, Akademisi dari University of Delaware, John Elias dan Wayne Westerman memproduksi FingerWorks. Ini merupakan keyboard yang beroperasi lewat gestur dan iGesture Pad, sebuah konsep yang serupa dengan Magic Trackpad dari Apple. Perusahaan berlogo buah apel ini lalu membeli FingerWorks di tahun 2005 dan meletakkan teknologi serta para penemu Fingerworks untuk mengerjakan pengembangan iPhone dan iPad.

Perkembangan Layar Sentuh a.k.a Touchscreen dari Masa ke Masa

 

Pada tahun 2003, tiga orang bersahabat yang berasal dari Bordeaux, membuat layar multi-touch screen yang mampu memberi sinyal dari sentuhan jari. Pada tahun 2005, perusahaan JazzMutant merilis Lemur, sebuah pengontrol musik dengan interface layar sentuh.

Perkembangan Layar Sentuh a.k.a Touchscreen dari Masa ke Masa

 

2007 adalah saat terbitnya iPhone. Apple adalah perusahaan pertama yang merilis smartphone touch screen ke pasaran. iPhone memiliki rancangan yang ringkas dan bersahabat bagi pengguna. Pada awalnya perangkat ini dikembangkan oleh Krueger.

Perkembangan Layar Sentuh a.k.a Touchscreen dari Masa ke Masa

 

Pada tahun 2010, Apple menghadirkan iPad dengan teknologi touch screen sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Perangkat ini memungkinkan pengguna berselancar di Website, membaca dan menulis email. Ini merupakan hal yang penting dalam perkembangan sistem layar sentuh.

Perkembangan Layar Sentuh a.k.a Touchscreen dari Masa ke Masa

 

Pernah dengar Samsung SUR40? Perangkat Samsung ini merupakan sebuah meja yang interaktif.  Tujuannya adalah kamu bisa langsung menggunakan ‘meja’ ini untuk bekerja, dan bisa dimanfaatkan sebagai perangkat penting untuk meeting atau proyek lainnya.

Perkembangan Layar Sentuh a.k.a Touchscreen dari Masa ke Masa

 

Demikianlah perkembangan sistem layar sentuh dari masa ke masa. Jenis perangkat layar sentuh apa yang tengah kamu gunakan saat ini? Mari berbagi bersama PG membahas perkembangan teknologi ini. Untuk membahas aplikasi khusus layar sentuh pada perangkat berteknologi tinggi, kamu bisa menyimak artikel Techvolusi PG yang membahas tentang perkembangan Tablet dari masa ke masa.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini