#Techvolusi: Evolusi Tablet dari Masa ke Masa

Tahun 2012 ini disebut-sebut sebagai masa jayanya Tablet PC. Begitu banyak inovasi diluncurkan oleh para pembuat gadget papan atas. Misalnya Amazon, Google dan Apple berinovasi pada Tablet murah berspec tinggi dengan Amazon Kindle Fire untuk Amazon, Google Nexus 7 dari Google, serta iPad mini dari Apple. Sementara itu Samsung berusaha berinovasi dengan Tablet high end dengan berbagai fitur menarik lewat GalaxyNote 10” yang diluncurkan pada September ini. Pernahkah kamu membayangkan teknologi Tablet berkembang sepesat ini?

[Techvolusi] Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Kembali ke belakang, menarik bagi kita untuk mencermati perkembangan Tablet dari masa ke masa. Tidakkah kamu penasaran asal muasal barang mirip papan penggilasan berteknologi tinggi yang tinggal kamu sentuh, geser, tap, untuk memanfaatkan berbagai fiturnya?

Dalam #Techvolusi kali ini, PG akan membahas perkembangan Tablet dari masa ke masa.

Tablet yang pertama, hadir pada akhir tahun 1950an dan awal 1960an. Tablet ini merupakan terminal komputer besar yang terhubung dengan pad penerima (receiver pad) yang menerima input elektrik atau magnetik dari stylus. Saat itu ‘tablet’ tersebut sangat mahal dan yang pasti berat doong.

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Ini adalah gambar tablet RAND, juga disebut sebagai Grafacon (dari kata ‘Graphic Converter’) merupakan salah satu tablet perdana yang dijual seharga $18,000. ‘Stylus yang terpasang menangkap gelombang listrik yang di-relay lewat konduktor di bawah permukaan gambar’, demikian penjelasan www.computerhistory.org.

 

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Tablet ini secara resmi bernama Atlas DEC PDP 15 diproduksi untuk keperluan sekolah dan laboratorium teknologi. ‘meskin ketik’ yang melekat padanya akan mengolah hard copy dari tugas yang dibebankan.

 

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Meskipun harganya sudah ‘ramah konsumen’, yaitu $650, Apple II ini tidak begitu berhasil di pasaran. Perangkat ini merupakan Tablet grafis yang dirilis pada tahun 1979, memungkinkan penggunanya menggambar di atas tablet dengan stylus pen dan mentransfer gambarnya ke komputer. Informasi tersebut diperoleh dari edibleapple.com

 

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

GridPad merupakan salah satu Tablet portable pertama. Perangkat touchscreen, berharga $2,370, yang diluncurkan pada tahun 1989.

 

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Gambar di atas merupakan perangkat NCR System 3125 yang dirilis pada tahun 1991. Tablet ini menggunakan OS PenPoint untuk tablet dan PDA. Harganya saat itu $4,765.

 

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

AT&T EO PC dirilis pada tahun 1993. Kode PC pada nama perangkat tersebut merupakan singkatan dari ‘Personal Communicator’. Harganya saat itu adalah $1,599. Ini merupakan tablet portabel yang juga menjalankan OS PenPoint, terintegrasi dengan telepon seluler, bisa berfungsi sebagai modem dan fax, memiliki hard drive, speaker, dan microphone.

 

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Newton Message Pad, dirilis pada tahun 1993, disebut-sebut sebagai Tablet resmi pertama Apple. Kita dapat menulis pada perangkat tersebut. Newton merupakan salah satu PDA (Personal Digital Assistants) pertama di pasaran.

 

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Zenith CruisePad dirilis dengan harga $1,399  pada tahun 1995. perangkat ini terkenal karena tipis dan ramping.

 

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Akhirnya mulai terlihat seperti tablet modern? Ini adalah Fujitsu Stylistic 2300 yang dirilis pada tahun 1998. Tablet ini adalah salah satu yang pertama menawarkan layar sentuh berwarna.

 

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Pada saat peluncuran Compaq Tablet di tahun 2001, Bill Gates yang hadir pada Pameran Teknologi 2001 tersebut memprediksikan bahwa Tablet akan mendominasi pasar PC dalam lima tahun ke depan. Dari pidato Founder Microsoft itulah mulai populer istilah ‘Tablet PC’.

 

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Berangkat dari visi Bill Gates, Microsoft meluncurkan Microsoft Smart Display pada tahun 2002. Ini merupakan Monitor LCD touchscreen yang terhubung ke PC lewat WiFi. Dirilis pada saat awal 2003. sayangnya, karena tanggapan pasar tidak begitu antusias, produk ini ditarik pada tahun yang sama. Pak Gates pasti sangat berduka.

 

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Pada tahun 2005, melekatkan keyboard ke Tablet PC menjadi sebuah tren. Tapi produk Motion Computing LS800 yang dirilis pada tahun tersebut berupaya melawan tren. Perangkat tersebut menggunakan touchscreen saja dan dijual seharga $1,899.

 

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Merasa familiar dengan gambar tersebut? Axiotron ModBook yang dirilis tahun 2007 merupakan ‘kakek’ dari iPad. Ini aslinya adalah MacBook yang diubah menjadi tablet PC, namun tidak diproduksi oleh Apple, melainkan Axitron. Pembeliannya cukup unik. Jadi perusahaan Axitron menerima pesanan dari pelanggan yang ingin mengubah MacBook menjadi Tablet. Pelanggan harus membawa MacBook-nya sendiri dan uang sebesar $800 sebagai biaya. Unik sekali!

 

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Apple iPad dirilis pada tahun 2010 seharga $499. Pasar menyebut perangkat ini sebagai perangkat yang “ajaib dan revolusioner”! Terbukti hingga saat ini iPad terus dominan di pasar Tablet. Kemudian di tahun yang sama, HP Slate, diperkenalkan CEO Microsoft Steve Ballmer pada Consumer Electronics Show tahun 2010, HP Slate ini melengkapi fitur yang tidak dimiliki Apple seperti kompatibilitas dengan Flash Player.

Nah sejak tahun 2010 tersebut, teknologi tablet mengalami perkembangan yang signifikan terkait dengan kompatibilitasnya dengan berbagai aplikasi, juga teknologi layar sentuh yang diterapkan. Namun bisa dibilang bahwa Apple iPad merupakan tonggak sejarah bagi Tablet modern. Hingga pertengahan 2012, perkembangan teknologi tablet seolah-olah hanya berkisar pada ‘memperbaiki’ dan ‘menyempurnakan’ – bukan mengarah ke sesuatu yang revolusioner melebihi Apple iPad. Bisa dimaklumi mengapa Apple masih kokoh mendominasi pasar hingga saat ini.

 

Perkembangan Tablet dari Masa ke Masa

Microsoft-lah yang saat ini sedang berusaha mengubah itu semua dengan menciptakan tablet revolusioner dengan Microsoft Surface-nya. Dengan hardware berperforma tinggi dan sistem operasi Windows 8 atau Windows 8 RT, Microsoft Surface akan berkemampuan seperti PC yang ditabletkan. Ini berbeda dengan tablet kebanyakan saat ini yang kemampuannya masih dibawah kemampuan desktop. Microsoft Surface akan dilengkapi dengan Microsoft Office dan bisa diinstall berbagai aplikasi yang berkemampuan seperti aplikasi Desktop.

Mampukah Microsoft Surface menjadi tonggak evolusi bagi tablet modern saat ini? Mampukah Microsoft mengalahkan kedigdayaan Apple di bidang tablet?

Sangat menarik untuk kita simak lebih lanjut di seri #Techvolusi selanjutnya :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini