#Techvolusi: Evolusi iPhone dari Masa ke Masa

#Techvolusi: Evolusi iPhone dari Masa ke Masa

Semua berawal pada tanggal 29 Juni 2007, dimana Steve Jobs pertama kali merilis iPhone original. Smartphone fenomenal dengan kontrol penuh touchscreen. Device ini datang dengan layar 3.5 inc, dan sejak itu perusahaan Apple terus merilis iPhone hingga sekarang dengan layar 5.5 inc yaitu iPhone 6 Plus.

Namun apakah kamu tahu evolusi iPhone original sampai ke iPhone 5S Plus? Mari kita lihat perkembangan iPhone dari layar 3.5 inc sampai dengan layar 5 inc dengan video di bawah ini. Jika kamu seorang Apple Fanboy, mungkin kamu akan merasa seperti melihat perkembangan sebuah balita di keluarga kamu. Tapi jika tidak maka kamu akan mulai bertanya, mengapa Apple iPhone butuh waktu yang lama untuk bertambah besar.

Berikut #Techvolusi Apple iPhone Original ke Apple iPhone 6

 

iPhone Original

#Techvolusi: Evolusi iPhone dari Masa ke Masa

iPhone Original diumumkan di MacWorld pada January 2007 tapi tidak dijual sampai enam bulan kemudian.

Pada saat itu pasar ponsel touchscreen sangatlah langka, namun iPhone hadir dengan ketipisan 11.6mm, layar multi-touch 3.5 inc, resolusi 480×320, accelerometer, tersedia dengan memory internal 4GB dan 8GB, ditambah dengan layanan push email Yahoo, visual voicemail, Bluetooth dan otomatis terhubung dengan Wi-Fi.

Sayang ada spesifikasi yang mengecewakan dimana jaringannya GSM quad-band dengan EDGE (kebanyakan smartphone saat itu sudah menggunakan jaringan 3G) dan juga kamera 2 MP (saat itu standart ponsel high-end memiliki kamera 5 MP).

Namun konsumen sangat terkesan dengan aplikasi bawaan handset buatan Apple tersebut. Apple iPhone original membawa aplikasi Google Maps, iTune dengan CoverFlow, browser Safari dan beberapa Apple widget yang berisi waktu, cuaca dan informasi saham.

 

iPhone 3G

#Techvolusi: Evolusi iPhone dari Masa ke Masa

Selah satu tahun setelah penjualan iPhone original dimulai, Apple kembali merilis iPhone versi terbaru yang telah ditingkatkan yaitu iPhone 3G.

Sesuai dengan namanya, handset ini mengalami perbaikan dari versi sebelumnya yang tadinya hanya memiliki jaringan 2.5G menjadi 3G, selain itu desainnya juga dibuat lebih ramping disertai juga dengan jack headphone, GPS, dukungan enterprise, daya tahan baterai, menggunakan OS 2.0, dan mendukung aplikasi pihak ketiga.

Kali ini Apple membuat harga yang sangat fantastis untuk ponsel ini. Dimulai dari $199, lebih murah dibandingkan iPhone original yang berharga $499.

Pada July 2008, iPhone 3G menerima update firmware 2.0 yang datang dengan App Store.

 

iPhone 3GS

#Techvolusi: Evolusi iPhone dari Masa ke Masa

Dirilis pada Juni 2009, ketika Steve Jobs absen dari Apple, kode “S” pada seri 3GS mungkin mengacu pada speed atau kecepatan.

Melihat dari spesifikasinya, handset generasi ketiga Apple ini membawa processor yang telah diupgrade, peningkatan grafik, Bluetooth yang lebih baik dan teknologi HSDPA 7.2 Mbps. Disisi lain, kamera 3MP dengan autofocus dan perekam video. Apple juga menambahkan aplikasi kompas, rekaman suara dan kemampuan kontrol suara untuk dasar.

Sementara itu ada juga update OS 3.0 (yang juga tersedia untuk handset generasi sebelumnya) menampilkan kemampuan copy, cut dan paste, MMS, landscape keyboard dan peningkatan search.

Harga dimulai dari $199 untuk model 16GB dan $299 untuk model 32GB, sementara itu harga iPhone 3G turun jauh menjadi $99.

 

iPhone 4

#Techvolusi: Evolusi iPhone dari Masa ke Masa

Setahun kemudian, iPhone mendapatkan perombakan besar pertamanya dengan pengenalan generasi keempat bernama iPhone 4.

Benar-benar muncul dengan desain yang baru, termasuk glossy glass, stainless stell, resolusi Retina display dan tersedia dengan dua warna putih dan hitam. Tampilan baru ponsel tersebut membuatnya lebih banyak menarik perhatian.

Perubahannya tidak hanya pada bentuk saja, tentu spesifikasinya juga mendapatkan upgrade. Datang dengan processor A4, kamera depan untuk video call, kamera belakang 5MP dengan flash LED dan mampu merekam video 720p, gyroscope baru, Wi-Fi yang lebih baik dan peningkatan daya tahan baterai.

Disisi software, ia mendapatkan iOS 4 dan memperkenalkan iBooks, multi-tasking, spell check dan kemampuan untuk mengatur aplikasi ke dalam folder.

Kemudian ketika adanya update OS (hanya selang 3 hari pada 27 Juni setelah perilisan iPhone 4S dan Apple telah menjual 1.7 juta unit), dari saat itulah permasalahan dimulai.

Konsumen mulai banyak yang melaporkan masalah pada antena yang tidak dapat menerima atau melakukan panggilan. Setelah itu Apple mengeluarkan pernyataan dan menjelaskan masalahnya, awal Juli mereka mencoba memperbaikinya dengan merilis update OS. Tapi antena masih tidak bisa diperbaiki, dua minggu kemudian Apple mengadakan konferensi pers dan mengumumkan gratis case untuk semua pengguna iPhone 4.

 

iPhone 4S

#Techvolusi: Evolusi iPhone dari Masa ke Masa

Bertahan dengan nama yang sama namun mengadopsi penambahan versi seperti generasi model yang ketiga, Tim Cook merilis iPhone 4S (rumornya akan dirilis sebagai iPhone 5) pada Oktober 2011.

Upgrade signifikan di iPhone 4S tidaklah terjadi. Satu-satunya peningkatan yang paling menonjol adalah kamera belakang 8MP dan perekam video HD 1080p. Selain itu bentuk dan juga spesifikasi lainnya tetap sama. Ohh perubahan lain seperti processor juga terjadi, ia menggunakan chip A5 dual-core, antena ganda, pengenalan voice assistant Siri dan iOS 5 yang juga menunjukan layanan iCloud gratis.

Saat itu Apple disiksa dengan jumlah pre-order satu juta dalam satu hari.

 

iPhone 5

#Techvolusi: Evolusi iPhone dari Masa ke Masa

Pada bulan September 2012, Apple kembali merilis iPhone 5. iPhone 5 muncul dengan bentuk yang lebih ramping dan juga lebih ringan meskipun Apple meningkatkan ukuran layar untuk pertama kalinya, dari 3.6 inc hingga 4 inc, dan mengubah bahan untuk bagian kaca dan alumunium.

Selain itu handset ini juga hadir dengan lebih banyak variasi warna (hitam dan slate atau putih dan silver). Bagian dalamnya juga mengusung processor chip yang lebih cepat yaitu A6, dukungan jaringan LTE, tiga mikrofon dan kamera depan yang ditingkatkan.

Perubahan terbesar pada hardware adalah Lightning konektor yang baru, lebih kecil dari versi yang sebelumnya.

 

iPhone 5S

#Techvolusi: Evolusi iPhone dari Masa ke Masa

Generasi ketujuh iPhone datang dengan dua model, iPhone 5S dan iPhone 5C. Apple iPhone 5S muncul dengan embel-embel paling terdepan. Ya memang iPhone 5S adalah ponsel pertama yang memiliki processor 64-bit yang dijuluki dengan Apple A7.

Hal menonjol lainnya dari handset ini adalah sensor pengenal sidik jari di tombol home yang disebut dengan Touch ID yang bisa membuka ponsel. Kamera 5S juga menerima peningkatan, ada fitur burst mode yang memungkinkan pengguna bisa mengambil 10 foto dalam satu detik, dual flash LED dan juga panorama foto hingga 28 MP.

iPhone 5S dirilis pada 10 September 2013 dengan varian tiga warna yaitu abu-abu, silver dan emas.

 

iPhone 5C

#Techvolusi: Evolusi iPhone dari Masa ke Masa

Dirilis secara bersamaan dengan iPhone 5S, iPhone 5C adalah versi low-end yang dibuat dari karet silikon lembut bukan dari aluminium anodized. Handset ini memiliki dimensi yang sama seperti iPhone 5 dan iPhone S tetapi menggunakan chip A6 dengan baterai sedikit lebih besar dari iPhone 5. Perbaikan lainnya juga ada di kamera Facetime HD yang baru dan kamera iSight dengan 3x zoom video.

iPhone 5C dirilis pada 10 September 2013 dengan lima warna berbeda: biru, hijau, kuning, pink dan putih.

 

iPhone 6

#Techvolusi: Evolusi iPhone dari Masa ke Masa

Pada bulan September 2014, Apple kembali memperkenalkan handset generasi kedelapan dengan nama iPhone 6. Perombakan besar juga terjadi pada handset ini, dengan desain yang sangat tipis dan juga ponsel yang bertambah besar 4.7 inc. Ini kedua kali perombakan yang dilakukan Apple setelah iPhone 4.

Selain itu iPhone 6 juga menggunakan chip processor baru yaitu Apple A8, peningkatan performa video, peningkatan jaringan LTE dan Wi-Fi dan mendukung NFC mobile payment. Handset ini juga menggunakan OS terbaru yaitu iOS 8.

Jika iPhone 4S menyiksa Apple dengan jumlah pre-order 1 juta dalam sehari, iPhone 6 ingin membunuh Apple dengan pre-order 4 juta dalam kurun waktu kurang dari satu hari.

 

iPhone 6 Plus

#Techvolusi: Evolusi iPhone dari Masa ke Masa

 

Ini adalah satu-satunya smartphone raksasa dari Apple, hadir dengan ukuran 5.5 inc. Dirilis secara bersamaan dengan iPhone 6 dan spesifikasinya sangat mirip. Yang membedakan handset ini dari saudaranya hanyalah ukuran saja, selebihnya mereka sama.

Namun lagi-lagi Apple tersandung dengan permasalahan handsetnya, kabarnya device iPhone 6 Plus ini gampang bengkok karena ukurannya yang besar dan tipis.

 

Entah kenapa iPhone membutuhkan waktu yang lama untuk perkembangan bentuknya dibandingkan dengan handset lainnya. Jika evolusi iPhone di atas telah menghibur dan menambah wawasan kamu, jangan lupa sebarkan artikel ini ke sosial media ya. Itulah dia evolusi iPhone dari masa ke masa. Jangan lewatkan juga artikel seri #Techvolusi lainnya yang ada di PG. Menarik semua lho! :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini