Spread: Ekstensi Google Chrome untuk Membacakan Teks dari Website Manapun

Yup. Anda tidak salah baca. Ekstensi yang satu ini mampu membantu anda membaca teks dari website. Sekilas mungkin kedengaran konyol… Kenapa membaca saja memerlukan bantuan?

Kalau kita melihat dari sisi sains, banyak ahli neurosains yang menyatakan bahwa website memiliki perbedaan mendasar dengan membaca buku, karena website menimbulkan banyak sekali distorsi pada upaya kita untuk membaca. Misalnya, warna-warna template dan jenis font yang menjadikan kita malas membaca menyeluruh, sehingga pengetahuan yang kita dapat dari membaca website biasanya hanya cenderung bersifat dangkal.

Spread, membantu mengatasi kendala tersebut dengan cara menampilkan teks dalam suatu layar, mirip dengan video, sehingga perhatian kita akan hanya terfokus pada teks yang ingin kita baca. Selain itu, Spread juga memiliki manfaat lain, yaitu menunjang teknik membaca cepat atau speed reading.

Nah, kelihatannya anda anda mulai tertarik. Oke, mari kita coba, apakah yang dapat dilakukan ekstensi Google Chrome ini untuk membantu anda.

Pertama-tama, anda dapat mengunduh spreads untuk Google Chrome anda disini:

https://chrome.google.com/webstore/detail/hpnjoanfahcolkdgnfecmncnlfklnllk

Spread: Ekstensi Google Chrome untuk Membacakan Teks dari Website Manapun

Setelah meng-install ekstensi ini, maka anda dapat langsung memakainya.
Cara menggunakannya adalah, anda tinggal melakukan highlight pada teks yang anda inginkan, lalu klik kanan. Maka anda akan melihat opsi speed read selection.

Spread: Ekstensi Google Chrome untuk Membacakan Teks dari Website Manapun

Nah, begitu anda klik pada opsi tersebut, maka akan muncul pop up window yang mirip sebuah layar video, yang akan langsung menampilkan teks tersebut. Dengan menekan tombol play, maka teks akan ditampilkan per-bagian, memungkinkan anda berkonsentrasi membacanya. Fokus anda akan terpusat pada layar video tersebut, yang memungkinkan konsentrasi anda sepenuhnya terarah pada teks tadi.

Spread: Ekstensi Google Chrome untuk Membacakan Teks dari Website Manapun

Bila anda cermati dan rasakan, anda pasti merasa bahwa anda lebih mudah memahami isi teks yang tengah anda baca dengan cara ini dibandingkan dengan melihat teks tersebut langsung pada website yang penuh gangguan (distorsi) sehingga konsentrasi anda teralihkan sebagaimana yang saya bahas sebelumnya tadi.

Anda dapat menambahkan atau mengurangi kecepatan (karakter per menit), mengatur ukuran font dan jumlah karakter yang ditampilkan.

Dengan demikian anda akan sekaligus melatih kemampuan anda membaca cepat. Ekstensi ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang banyak melakukan pekerjaan membaca dan penelitian (terutama bila anda terlibat penelitian yang menggunakan banyak literatur dan mengharuskan anda banyak membaca).

Setelah menggunakan ekstensi ini, anda akan sadar bahwa ternyata membaca juga memerlukan keterampilan, dan keterampilan membaca tersebut akan sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari anda.

Jangan lupa mendukung PusatGratis dengan like, tweet, atau plus one artikel ini agar kami bisa selalu mengkontribusikan artikel-artikel menarik dan bermanfaat bagi anda semua. Bagikan artikel ini kepada teman-teman yang lain karena mungkin saja artikel ini bermanfaat bagi mereka.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini