Sebenarnya Bagaimana Cara Kerja Firewall??

Sebenarnya Bagaimana Cara Kerja Firewall??

Pernahkah kamu mendengar orang berkata kalau Firewall adalah keamanan yang terpenting? Banyak orang mengatakan demikian, namun setelah ditanya alasannya mengapa mereka tidak mengetahuinya. Kali ini PG akan menjelaskan bagaimana cara kerja firewall dan kenapa firewall itu penting. Secara singkat firewall duduk diantara satu komputer atau satu jaringan ke komputer lain atau jaringan lain, mengatur lalu lintas yang datang dan pergi seperti polisi lalu lintas. Tanpa adanya firewall, semua itu mungkin tidak dapat dilakukan.

 

Kenapa Komputer Memiliki Firewall?

Sebenarnya Bagaimana Cara Kerja Firewall??

Sebagian komputer di rumah mungkin secara langsung terhubung dengan internet menggunakan modem DSL atau kabel telepon tanpa menggunakan router. Sebuah komputer yang terhubung dengan internet akan memiliki alamat IP yang bisa diakses oleh seluruh orang yang terhubung dengan internet. Setiap layanan, aplikasi, fitur, file atau apapun itu akan bisa diakses oleh orang lain. Misalkan saja berbagi file dan printer, remote desktop atau fitur lainnya yang dapat diakses komputer lain di Internet.

Windows XP sebenarnya dibuat dengan tidak adanya fitur firewall, singkat cerita Windows XP dibuat hanya untuk jaringan lokal. Itulah mengapa Windows XP terkenal mudah terinfeksi virus ketika langsung terhubung dengan internet. Karena banyak user yang menggerutu dengan Windows XP, Microsoft mengeluarkan update Windows XP SP2 yang berisi Windows Firewall. Windows Firewall akan menampung semua jaringan yang masuk dan memeriksanya, kecuali jika ada setting khusus yang mengizinkan koneksi tersebut masuk.

Hal ini dilakukan untuk mencegah orang dari Internet masuk ke layanan jaringan lokal pada komputer kamu. Itulah mengapa ada tiga jenis jaringan yang bisa kamu atur, Home network, Work network atau Public network. Jika kamu memilih Home network maka firewall akan memperbolehkan semua jaringan mengakses komputer kamu. Jika kamu memilih Public network maka firewall tidak akan memperbolehkan jaringan mengakses komputer kamu.

Sebenarnya Bagaimana Cara Kerja Firewall??

 

Bagaimana Cara Kerja Firewall?

Firewall berada diantara kedua jaringan seperti internet dan komputer sehingga firewall berfungsi sebagai pelindung. Tujuan utama adanya firewall adalah untuk user yang tidak menginginkan lalu lintas jaringan yang berusaha masuk ke komputer, namun tidak hanya itu saja yang bisa dilakukan firewall. Firewall juga dapat menganalisis jaringan yang mencoba masuk ke komputer kamu, dan dapat melakukan apa yang harus dilakukan ketika jaringan tersebut masuk. Contohnya saja, firewall bisa diatur untuk memblokir beberapa jenis jaringan yang mencoba keluar atau mencatat log lalu lintas jaringan yang mencurigakan.

Firewall bisa memiliki berbagai aturan yang dapat kamu tambahkan atau hapus untuk menolak jaringan tertentu. Contohnya saja, hanya dapat mengakses alamat IP tertentu atau mengumpulkan semua akses dari tempat lain untuk ke satu tempat yang aman terlebih dahulu.

Sebenarnya Bagaimana Cara Kerja Firewall??

Firewall bisa terbuat dari apa saja, entah dari software atau hardware. Firewall dari software seperti Windows Firewall, sedangkan untuk Firewall dari hardware seperti pada router. Cara kerja Firewall dari software maupun hardware tetap sama, yaitu menyaring jaringan yang keluar dan masuk.

Sebenarnya Bagaimana Cara Kerja Firewall??

 

Untuk kamu yang memiliki informasi lain mengenai firewall bisa kamu tambahkan di komentar di bawah ini, berbagi ilmu itu indah lohhh :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini