Resolusi Tahun Baru untuk Pelaku atau Pekerja IT

SELAMAT TAHUN BARU 2013! *tiup terompet dekat telinga sobat PG* :D

Tahun baru sudah tiba. Apakah prestasi kamu sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya? Stagnan? atau malah mundur?

Apa?! Kamu malah tidak tahu?! Ckckck… Kalau kamu tidak sadar akan kemajuan atau kemunduran prestasi baru, maka kamu perlu belajar membuat resolusi! Resolusi adalah target untuk tahun ini yang nantinya akan berfungsi sebagai indikator prestasi yang kita raih sepanjang tahun. Di akhir tahun, kita akan bahagia bila berhasil mencapai banyak target, dan bila tidak tercapai, maka kita perlu introspeksi dan menetapkan target baru.

Resolusi sebaiknya bersifat spesifik dan realistis untuk dicapai, sehingga kamu bisa mengukur kemajuan kamu untuk tahun berikutnya! Misalnya, Resolusi khusus untuk pengguna PC, Resolusi untuk pekerjaan, dan banyak lagi.

Resolusi Tahun Baru untuk Pekerja Bidang IT

Apakah kamu seorang pekerja di bidang IT? Pembuat Web, pebisnis online, penulis, programer, pengembang forum dan apps?… Apakah resolusi realistis yang bisa mendukung kita meraih prestasi tahun berikutnya? PG mencoba menyusunkan resolusi realistis untuk kamu laksanakan dan kamu jadikan sasaran bila kamu adalah seorang pekerja di bidang IT.

1. Memahami bidang ini lebih baik

Resolusi Tahun Baru untuk Pekerja Bidang IT

Bila kamu bergerak di bidang IT, maka kamu perlu tahu tentang bidang ini lebih mendalam. Oleh karena itu tidak salah bila menetapkan resolusi bahwa tahun 2013 ini kamu harus memahami bidang ini lebih mendalam.

Untuk kamu yang beraktivitas membuat website, maka kamu perlu mendalami 3 platform terbaik untuk membuat website atau mempelajari software untuk membuat website, memanfaatkan 5 layanan online untuk membuat website.

Untuk kamu yang berprofesi sebagai penulis online atau blogger, kamu perlu memahami lebih mendalam tentang karir menulis di bidang online, misalnya menggunakan dropbox untuk menulis. Mungkin kamu juga perlu tahu lebih lanjut rahasia untuk menjadi seorang blogger yang sukses.

Bila kamu berprofesi sebagai programmer, kamu perlu mempelajari apa saja yang baru dari teknik pemrograman, misalnya belajar menggunakan TypeScript – bahasa pemrograman baru dari Microsoft.

 

2. Melakukan Pemetaan karir

Resolusi Tahun Baru untuk Pekerja Bidang IT

Untuk mengembangkan karir di bidang IT, kamu perlu melakukan yang namanya pemetaan karir. Yang dimaksud pemetaan karir adalah menspesifikkan ingin jadi praktisi IT seperti apakah diri kamu, lalu seperti apa profil yang ingin kamu capai. Kesemuanya disusun secara terperinci sehingga kamu tahu dengan pasti target dan tahapan apa yang akan kamu lalui dan kamu capai selama tahun ini.

Peta karir pribadi kamu harus menyertakan hal-hal berikut:

  • Profil karyawan yang menyertakan daftar pekerjaan dan peran yang ingin kamu lakukan (spesifiklah)
  • Ide atau posisi tujuan meliputi posisi di dalam dan di luar perusahaan.
  • Analisis keahlian kamu dan rencana untuk menjembatani gap skill yang kamu butuhkan untuk menguasai pekerjaan tersebut.
  • Jaringan profesional yang bisa bekerjasama dengan kamu dan bisa kamu gunakan untuk meminta saran bila perlu.

Dengan adanya peta karir yang jelas, kamu memiliki tahapan-tahapan tertentu yang ingin kamu capai untuk mencapai sasaran karir di tahun 2013. Contohnya begini. Misalnya kamu berprofesi mengembangkan website. Tuliskan secara spesifik apa saja yang akan kamu lakukan untuk mengembangkan website, kemudian kamu perlu menganalisis kekurangan dan kelebihan kamu dalam mengembangkan website – dari sini kamu bisa menyusun rencana mengatasi kekurangan-kekurangan kamu dalam mengembangkan website. Kemudian sebagai langkah akhir, kamu bergabung dengan jaringan profesional – orang yang sama-sama bekerja mengembangkan website untuk meminta saran dan saling berbagi.

 

3. Memperbarui CV Kamu!

Resolusi Tahun Baru untuk Pekerja Bidang IT

Yang dimaksud memperbarui CV disini adalah meraih prestasi untuk tambahan catatan CV kamu. Kalau kamu adalah karyawan perusahaan IT, misalnya web developer, maka kamu bisa mencantumkan daftar website yang kamu desain atau kamu uji untuk menambahkan nilai pada CV kamu.

Bila kamu belum memiliki sesuatu pun untuk ditulis pada CV atau baru mulai bekerja sebagai profesional di bidang IT, kamu bisa berburu kerja khusus di bidang IT memanfaatkan Resumonk.

 

4. Membuat Website Khusus untuk Mempopulerkan Namamu

Resolusi Tahun Baru untuk Pekerja Bidang IT

Kalau kamu seorang profesional yang bekerja freelance di bidang IT, misalnya web atau forum developer, tentu saja kamu harus memiliki website khusus tentang dirimu untuk meningkatkan kredibilitas kamu di depan pelanggan.

Dalam website tersebut, tentu saja akan tercermin skill dan estetika kamu sesuai profesi yang kamu ambil di bidang IT.

Bila kamu masih kesulitan dalam membuat website, kamu bisa membaca tips PG tentang membuat website sendiri dengan mudah!

5. Memperbaiki Profil Sosial Kamu

Resolusi Tahun Baru untuk Pekerja Bidang IT

Jejaring sosial saat ini tidak bisa diremehkan kekuatannya. Bahkan Jakarta disebut sebagai kota teraktif di dunia dalam Twitter. Oleh karena itu, kamu harus memperbaiki profil sosial kamu, apapun jejaring sosial yang kamu gunakan. Ini tentu saja akan menunjang kredibilitas kamu sebagai tenaga profesional yang andal di bidang IT. Bila kamu memang memanfaatkan Twitter, kamu bisa melaksanakan 7 tips agar kamu makin populer dan eksis di Twitter, antara lain yaitu:

  1. Cobalah untuk Follow lebih sedikit daripada jumlah Follower kamu
  2. Katakan hal yang menarik
  3. Jangan mengeluh
  4. Berikan tema tertentu kepada follower kamu
  5. Twit disaat yang tepat
  6. Bercakap-cakaplah dengan Follower kamu
  7. Tumbuhkan keingintahuan follower kamu

Kemudian di Twitter, ada 4 hal yang perlu kamu hindari, yaitu:

  1. Memuji dan mementingkan diri sendiri
  2. Tidak berhubungan dengan orang lain di Twitter
  3. Menggunakan Auto-responder atau mesin penjawab otomatis
  4. Tidak memberikan nilai kepada follower kamu.

Bila FB merupakan jejaring sosial gacoan kamu, maka kamu perlu tahu cara mempopulerkan grup FB kamu. Antara lain:

  1. Pilih nama yang keren untuk grup kamu
  2. Sarankan / undang teman ke grup FB kamu
  3. Promosikan lewat grup / laman serupa
  4. Saling promosikan grup-grup yang kamu ikuti
  5. Jadikan grup kamu aktif
  6. Ciptakan konten viral
  7. Iklankan grup kamu

Punya tips untuk membangun kredibilitas di sosial media? Tambahkan di kolom komentar untuk berdiskusi!

 

6. Membangun Jaringan Sosial Baru

Resolusi Tahun Baru untuk Pekerja Bidang IT

Jejaring sosial merupakan tool yang penting untuk mengembangkan komunikasi kamu dengan orang lain, terutama klien dan pelanggan kamu. Maka sangat penting bagi kamu untuk mengembangkan diri kamu ke berbagai jaringan sosial. Misalnya kamu bisa mempromosikan diri kamu lewat New Kaskus yang merupakan Forum terbesar di Indonesia. Jangan takut untuk mengeksplorasi diri kamu ke berbagai jaringan untuk meningkatkan popularitas kamu sebagai praktisi IT.

7. Membuat Ciri Khas untuk Surat Lamaran yang Kamu Tulis

Resolusi Tahun Baru untuk Pekerja Bidang IT

Ada pameo di kalangan bisnis dan manajemen: If you cannot be the first, be the best, and if you cannot be the best, be different – it will give you your own market-share. (Kalau kamu tidak bisa jadi yang pertama, jadilah yang terbaik, dan kalau kamu tidak bisa jadi yang terbaik, jadilah berbeda – karena itu akan memberikan pangsa pasar tersendiri untuk kamu).

Demikian juga bila kamu berprofesi sebagai praktisi IT. Perkenalkan dirimu secara berbeda. Bila kamu ada rencana untuk melamar ke perusahaan-perusahaan IT terkemuka di 2013 nanti, tulislah resolusi bahwa kamu akan membuat surat lamaran yang berbeda! Yang menggambarkan dirimu dan kreativitas kamu! Itu akan memberimu nilai tambah dibanding orang yang lain!

 

8. Memperluas Wawasan Kamu

Resolusi Tahun Baru untuk Pekerja Bidang IT

Bidang Informasi Teknologi merupakan bidang yang dinamis, sodara sodara! Jangan pernah terjun di IT bila kamu malas memperluas wawasan! Tiap hari ada ratusan gadget baru diluncurkan, software baru diproduksi, website baru dibuka – Kamu memang tidak perlu menguasai semuanya, tapi paling tidak janganlah kamu menutup mata. Sesempatnya, usahakan ada sesuatu wawasan yang baru kamu peroleh setiap hari. Contohnya, bila kamu seorang praktisi Ubuntu, bertekadlah untuk mendapatkan pengetahuan baru dari Ubuntu setiap harinya dengan membaca ebook khusus tentang Ubuntu tersebut.

Jadikan menambah wawasan tentang teknologi sebagai resolusi kamu!

Renungkan apa saja yang kamu inginkan untuk tahun 2013, lalu tulislah resolusi. Kalau perlu, berbagilah resolusi dengan teman-temanmu agar kalian bisa saling tertawa untuk semua poin resolusi yang berhasil kalian capai.

PG mendoakan semua resolusi kamu di tahun 2013 tercapai!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini