6 Perbedaan Aplikasi Desktop dan Aplikasi Metro di Windows 8

Sudah sering mendengar kabar tentang Windows 8? Yang membuat PG terkejut saat mendengar Windows 8 adalah tampilan yang baru dan juga banyak fitur yang baru. Namun dengan adanya perubahan yang baru, ternyata fitur yang lama banyak ditinggalkan oleh Windows 8 dan tidak diperbarui. Fitur Windows 7 yang tidak ada di Windows 8 seperti, gadget, start menu, games folder dan masih banyak lagi. Perubahan yang paling membuat PG terkesan adalah tampilan Metro UI, Windows 8 style, atau yang sekarang lebih dikenal dengan Modern UI.

Modern UI diperkenalkan untuk lebih condong ke pengguna tablet, namun ini hanya menurut PG. Untuk itu Windows 8 disediakan dalam 2 versi yaitu Pro dan juga RT. Aplikasinya pun tersedia dalam 2 versi, desktop dan juga Metro. Nah tahukah kamu perbedaan antara keduanya? Jika belum, kini PG akan membahas perbedaan aplikasi desktop dan aplikasi metro di windows 8.

 

#1 Tampilan Desain Aplikasi Metro UI

Perbedaan Aplikasi Desktop dan Aplikasi Metro di Windows 8

Di awal tadi kita sudah membahas tentang pembaharuan tampilan di Windows 8 dengan Modern UI-nya. Bagaimana menurut kamu dengan tampilan Modern UI dari Windows 8, apakah kamu menyukainya atau membencinya? Saat pertama Windows 8 akan muncul, sebenarnya desain Modern UI ini bernama Metro UI, karena terfokus pada Tipografi gambar yang ada pada rambu-rambu lalu lintas. Rata-rata aplikasi Metro UI berjalan dengan tampilan full screen dan menyembunyikan tampilan option yang membuat kita terfokus dengan aplikasi itu.

 

#2 Aplikasi Selalu Ada di Windows Store

Perbedaan Aplikasi Desktop dan Aplikasi Metro di Windows 8

Jika kamu menginginkan Windows 8 dengan aplikasi Metro UI atau Modern UI. Kamu bisa selalu mendapatkannya pada Windows Store. Dengan mengunjungi Windows Store lalu mencari aplikasi yang kamu mau dan menginstallnya. Maka kamu sudah menikmati aplikasi berdesain Metro UI. Ini tentu sangat berbeda dengan aplikasi desktop yang biasanya dapat kamu download dan install dengan mudah. Namun ini lebih menguntungkan untuk pihak user, karena dengan begini malware dan virus akan lebih dulu terfilter oleh pihak Microsoft.

 

#3 Sandboxed

Perbedaan Aplikasi Desktop dan Aplikasi Metro di Windows 8

Pada Windows dengan aplikasi desktop kita mengenal yang namanya User Account Control, ini berarti aplikasi kamu jalankan sebagai administrator. Dengan begini aplikasi dapat mengakses file-file atau system-system yang mereka butuhkan. Bukankah ini sangat membahayakan privacy kamu? Namun berbeda dengan aplikasi Metro UI. Aplikasi Metro UI mirip seperti Android, kamu dapat membaca apa yang diperlukan aplikasi tersebut untuk dapat terinstall. Jadi jika kamu merasa terganggu karena aplikasi tersebut banyak mengakses privacy, kamu tidak perlu menginstallnya. Fitur ini bernama Sandboxed.

 

#4 Selalu Aktif, Tidak bisa di Matikan

Perbedaan Aplikasi Desktop dan Aplikasi Metro di Windows 8

Aplikasi Metro mirip seperti aplikasi mobile, jadi kamu tidak bisa menutup aplikasi ketika kamu keluar dari aplikasi tersebut. Aplikasi akan tetap berjalan pada keadaan Background dan tidak memakan banyak memori. Jika kamu berpikir dapat menggunakan Task Manager untuk dapat menutup aplikasi Metro. Itu salah besar. Microsoft membuat alasan yang tidak jelas, agar pengguna tidak dapat menutup Aplikasi Metro. Itu sebabnya kamu tidak akan dapat melihat tombol close di pojok kanan atas dari aplikasi metro yang ada.

#5 Aplikasi Tidak Dapat Berjalan Pada Saat Bersamaan

Perbedaan Aplikasi Desktop dan Aplikasi Metro di Windows 8

Tidak seperti aplikasi desktop yang dapat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, baik aplikasi yang terlihat dengan berbagai window maupun yang berjalan saat background. Aplika si Metro UI hanya dapat berjalan dengan 2 aplikasi, aplikasi pertama berjalan pada 3/4 layar sedangkan aplikasi kedua berjalan pada 1/4 layar. Fitur ini dinamakan Snap. Jelas sekali berbeda dengan Windows 7 yang memiliki tampilan Aero dengan snap 50/50 saat multitasking aplikasi dari layar.

 

#6 Pemograman Aplikasi Metro UI

Perbedaan Aplikasi Desktop dan Aplikasi Metro di Windows 8

Pada aplikasi Metro, para developer bisa membuatnya dengan menggunakan pemograman berbahasa C/C++ atau .NET, JavaScript dan HTML5. Dengan begini, Microsoft berharap kalau banyak dari para developer akan tertarik untuk membuat aplikasi Windows 8. Berdasarkan dari bahasa pemrograman yang mereka mengerti. Aplikasi Metro UI juga support dengan device x86 dan ARM, memungkinkan berjalan pada Windows 8 Pro dan Windows 8 RT.

 

Nah itulah perbedaan dari aplikasi desktop dan aplikasi Metro UI di Windows 8. Kamu lebih suka mana aplikasi desktop atau aplikasi Metro UI jika menggunakan Windows 8?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini