Perbedaan Antara Netbook, Notebook, Ultrabook, dan Laptop

Pada jaman dahulu kala kita tahu bahwa komputer itu tidak bisa dibawa kemana-mana, sampai pada suata saat dimana tahun 1970 laptop pertama diluncurkan oleh Alan Kay dari perusahaan Xerox yaitu Dynabook. Kemudian hingga saat ini muncullah komputer dengan berbagai ukuran hingga. Nah..tidak perlu panjang lebar lagi, kali ini PG akan mambahas apa perbedaan dasar dari Netbook, Notebook, Ultrabook, dan Laptop. Berikut penjelasan PG:

Perbedaan Antara Netbook, Notebook, Ultrabook, dan Laptop

Berdasarkan Ukuruan

Dilihat dari ukuran antara Netbook, Notebook, Ultrabook, dan Laptop. Menurut PG yang mengambil urutan dari yang terkecil ke terbesar adalah:

  1. Netbook
  2. Ultrabook
  3. Notebook
  4. Laptop

Kenapa PG menempatkan Utrabook pada urutan kedua? Memang ukuran dari Ultrabook dan notebook ada yang sama, namun berat dari Notebook lebih berat dari Ultrabook.

 

Netbook

Umumnya ukuran layar dari Netbook antara 9-10 inch tetapi juga ada yang berukuran 7-11 inch, orang lebih suka menggunakan Netbook karena bisa dibawa kemana saja dan karena ukurannya yang kecil. Namun tidak lama setelah iPad muncul (baca juga Evolusi Tablet dari Masa ke Masa), kepopuleran dari Netbook hilang. Netbook pertama kali yang diluncrukan adalah Toshiba Libretto 20 pada tahun 1996, namun tidak begitu populer. Ditahun 2007 barulah Netbook mulai populer dan saat itu yang memopulerkan adalah ASUS Eee PC.

Perbedaan Antara Netbook, Notebook, Ultrabook, dan Laptop

 

Ultrabook

Ini adalah salah satu produk yang baru saja muncul dan populer, pada tahun 2011 lalu Intel membangun sebuah proyek untuk generasi baru dari Notebook yang disebut dengan Ultrabook. Normalnya Ultrabook layarnya berukuran 11-15 inch dan beratnya kurang dari 1,5 Kg. Ultrakbook biasanya juga tidak mempunyai DVD drive ataupun CD drive. Ultrabook pertama muncul tahun 2011 pada bulan Oktober yaitu Acer Aspire S3-951 dengan sepesifikasi Intel processor Core i5 (1,6 GHz), RAM 4 GB, HDD 320 GB + SSD 20 GB (baca juga Evolusi Media Penyimpanan Data dari Masak ke Masa), ukurannya 13, 10 mm x 17, 50 mm, beratnya 1,35 kg, ukuran layar 13,3 inch dan baterai mampu bertahan selama 6 jam.

Perbedaan Antara Netbook, Notebook, Ultrabook, dan Laptop

 

Notebook dan Laptop

Kamu pasti mengira bahwa Notebook dan Laptop itu sama, namun setelah PG membaca di Wikipedia kedua gadget itu berbeda. Laptop memiliki ukuran lebih besar daripada Notebook. Sejarahnya Laptop digunakan sebagai pengganti dari desktop yang bisa kamu bawa kemana saja untuk bekerja. Namun pada saat ini kedua gadget itu tidaklah berbeda. Ukuran layar dari Notebook setidaknya 12-18 inch, meskipun rata-ratanya adalah 15 inch. Karena Notebook bertujuan untuk pengganti dari desktop, maka spesifikasi yang dimilikinya tidak jauh berbeda. Seperti yang sudah PG bahas diatas, laptop atau notebook pertama adalah Dynabook buatan Xerox tahun 1970.

Perbedaan Antara Netbook, Notebook, Ultrabook, dan Laptop

 

Terlihat jelas perbedaan yang mendasar diatas adalah ukuran layar, berat dan juga fitur yang ada. Masing-masing mempunyai kelebihan dan juga kekurangan. Jika Netbook muncul dengan ukuran yang kecil dan ringan namun dengan kemampuan terbatas, berbeda dengan Ultrabook yang muncul dengan ukuran yang ringan tetapi mempunyai kemampuan yang luar biasa namun tidak memiliki DVD atau CD drive. Lain hal lagi dengan Notebook yang muncul dengan kemampuan sama seperti desktop tetapi lebih berat. Jadi kamu memilih menggunakan Netbook, Ultrabook atau Notebook?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini