Pengaruh Kombinasi Huruf Besar dan Kecil Pada Password

Apakah kamu pernah mendengar pernyataan bahwa password yang baik itu adalah password dengan kombinasi huruf besar dan kecil, bahkan angka dan special karakter. Alasannya tentu saja untuk membuat password tersebut semakin susah di tebak oleh orang iseng para pencuri password.

Yup, benar. Logikanya yaitu, semakin rumit kombinasi password tersebut, akan semakin panjang pula rentang waktu (range) yang di butuhkan oleh seseorang ataupun robot (bot) untuk menebak pasword tersebut.

Pada prinsipnya Tidak Ada password yang tidak bisa ditebak, jadi serumit apapun password yang kamu buat, jika dilakukan pencobaan atas segala kombinasi password baik huruf, angka ataupun special character, ‘suatu saat’ pasti password tersebut akan bisa tertebak. Tehnik serangan ini lebih di kenal dengan nama Tehnik Brute-force (Serangan Brutal).

Berikut ini adalah gambaran mengenai rentang waktu dari serangan Brute-force dengan password 8 karakter dan 3 jenis komputer yang berbeda tanpa adanya proses pengamanan tambahan Captcha :

Dari tabel di atas dapat PG asumsikan bahwa untuk password 8 karakter yang hanya angka saja membutuhkan kurang lebih 100 juta kombinasi dan waktu 10 detik (dual core) untuk dapat password tersebut di ketahui. Captcha (Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart) disini berarti adalah pengamanan tambahan  yang akan meminta kamu memasukkan kombinasi huruf dan angka yang sulit dibaca oleh komputer (bot) dan hanya mudah terbaca oleh manusia (human) dan biasanya hanya membatasi percobaan input password hanya beberapa kali.

Untuk itu kita bisa melakukan tindakan pencegahan untuk memperlambat ‘suatu saat’ itu terjadi dengan melakukan kombinasi password yang rumit. Baik itu kombinasi huruf besar dan kecil, atapun kombinasi huruf dan angka. Untuk mengetahui seberapa kuat kombinasi password yang kamu buat, bisa kamu cek di situs Password Checker milik Microsoft di bawah ini.

https://www.microsoft.com/en-gb/security/pc-security/password-checker.aspx

Selain itu masalah yang biasanya sering di temukan apabila kamu menggunakan password dengan kombinasi huruf dan angka adalah ‘lupa’, apabila kamu seorang yang pelupa, kamu bisa menggunakan bantuan software manager yang bisa kamu install di komputer atau di addons browser yang kamu gunakan.

Jadi, bagaimana dengan kamu? apakah kombinasi password kalian sudah pada tingkat level strong, medium, atau weak? bagi kamu para maniak internet, PG sangat menyarankan kamu menjaga akun online dengan baik, terlebih bila akun tersebut berisi data-data penting.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini