Pemerintah Cina Memblokir Semua Layanan dari Google

Google merupakan raksasa internet yang selalu menawarkan kemudahan untuk setiap orang bisa mengakses berbagai situs diseluruh dunia dengan cepat. Namun kini bagi warga Cina, mengakses Google merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Karena sekarang pemerintah Cina telah menutup semua layanan dari Google.

Hal tersebut diputuskan ketika bertepatan dengan kongres Nasional ke-18 Partai Komunis Cina. Seperti yang diutarakan pihak Google, penutupan akses oleh Cina dimulai sejak tanggal 8 November 2012.

Pemblokiran ini dirasa dilakukan secara sporadis, pasalnya ditahun 2009 Cina juga telah memblokir layanan Youtube. Walau cukup merugikan, raksasa internet ini tetap akan berusaha untuk dapat menyediakan layanan dan menjalankan bisnisnya di Cina.

Untuk mengetahui situs mana saja yang diblokir pemerintah Cina bisa kamu cek disini

http://www.greatfirewallofchina.org/

Awalnya PG mencoba memasukkan situs yahoo.com dan hasilnya OK, itu berarti layanan masih yahoo bisa diakses di Cina

Percobaan kedua dengan memasukkan situs PG sendiri, pusatgratis.com, dan hasilnya OK. Seperti halnya yahoo, Pusatgratis juga masih bisa dinikmati untuk warga Cina

Pemerintah Cina Memblokir Semua Layanan dari Google

Namun jika kamu mencoba dengan memasukkan Google.com, dan hasilnya akan berwarna merah yang bertuliskan  failed. Ini menandakan layanan Google benar-benar di blokir oleh pemerintah Cina

Pemblokiran itu pun masih berlaku untuk layanan Youtube.

Menurut laporan GetFire, hampir semua subdomain dari Google.com dan Google.com.hk tidak dapat diakses oleh warga Cina. Beberapa layanan tersebut antara lain Gmail, Google Drive, Google Analytics, Google Plus, dan Google Play.

Warga Cina sebenarnya masih bisa menggunakan layanan Google, namun itu juga harus melalui jalan alternatif, dengan mengunjungi beberapa IP milik Google atau dengan mengunjungi Google.co.uk , dan jika ingin masih menggunakan layanan VPN, itu juga terpaksa harus terhubung dengan server yang berada di luar Cina.

PG menilai, faktor adanya pemblokiran terhadap situs Google masih belum jelas latar belakangnya. Namun bisa saja pemblokiran ini akan di hilangkan setelah kongres selesai, dan tidak menutup kemungkinan juga jika pemblokiran ini akan bersifat permanen, bila setelah kongres selesai kondisi layanan Google masih terblokir. Hmm..Teramat disayangkan sekali, jika layanan Google memang sudah tidak bisa dinimati oleh warga Cina.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini