Microsoft Bisa Mengubah Suara Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Cina Secara Instant!

Sebuah era baru dalam translasi bahasa telah diperagakan oleh Microsoft melalui video terbarunya. Di even yang digelar di Tianjin – Cina, Microsoft Chief Research Officer, Rick Rashid, memperagakan sebuah software translasi berteknologi tinggi buatan Microsoft yang mampu mengubah pembicaraan dalam Bahasa Inggris menjadi dalam Bahasa Cina secara instan!

Microsoft Bisa Mengubah Suara Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Cina Secara Instant!

Tidak hanya itu saja, suara yang dikeluarkan-pun mampu mereplika suara asli sehingga hasil translasi seolah-olah diucapkan oleh orang yang sama. Penasaran seperti apa demo dari teknologi penerjemah bahasa buatan Microsoft ini? Lihat saja melalui video berikut:

Nb: Demo translate bahasa dimulai sejak menit ke 7:30.

Rick Rashid menjelaskan bahwa sistem ini bekerja dengan mengenali Bahasa Inggris yang dia ucapkan, kemudian mentranslatenya dalam Bahasa Cina, lalu “mengucapkannya” dengan replika dari suaranya. Hasilnya, seolah-olah dia mengucapkannya dalam dua bahasa.

Teknologi ini sudah dikembangkan Microsoft sejak lebih dari 2 tahun lalu. Tim peneliti Microsoft bersama dengan Universitas Toronto mengembangkan teknologi Deep Neural Networks. Teknologi ini dikembangkan dengan meniru cara kerja otak manusia, sehingga sistem tersebut bisa dilatih dan mampu mengenali suara dengan lebih baik daripada teknologi yang ada sebelumnya.

Dengan diterapkannya teknologi ini, Microsoft mampu mengurangi lebih dari 30% kesalahan pengenalan bahasa. Ini artinya hanya ada 1 kemungkinan kata yang salah dari antara 7 atau 8 kata yang dikenali. Namun demikian, Rick mengakui bahwa teknologi ini masih perlu penyempurnaan dan pengembangan lebih lanjut.

Keren juga ya teknologinya? Suatu saat nanti bisa-bisa kita tidak perlu bingung lagi ketika harus berbicara dengan orang asing dari berbagai negara. Asiik :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini