Mempertimbangkan Beli Android? Ini Pengetahuan Dasar tentang Android

Android tengah berada di puncak kepopulerannya ditandai dengan keberhasilan Samsung dengan andalannya – Galaxy SIII – melewati penjualan iPhone di tahun 2012. Bahkan dinyatakan bahwa Android telah menguasai 72% pasar Smartphone di dunia. Saking populernya Android ini, sudah hal yang wajar kalau semua orang tahu tentang OS kreasi Google beserta smartphone-smartphone yang menggunakannya. Tapi bagaimana kalau belum tahu?

Mempertimbangkan Beli Android? Ini Pengetahuan Dasar tentang Android

Beberapa hari yang lalu, PG dicurhati seorang teman yang merasa sedih karena ditertawakan teman-temannya akibat dia sama sekali tidak mengenal Android. “Hari gene gak tau Android?!” Demikian kata teman-temannya. Padahal teman PG bertanya-tanya tentang smartphone dan OS keren ini karena penasaran dan ingin tahu. Sobat PG jangan begitu yach.. Kasihan mereka yang haus pengetahuan baru. Kalau kamu tidak bisa menjawab dengan memuaskan pertanyaan teman-teman yang sedang penasaran dengan Android, tunjukkan saja artikel ini!

Dalam artikel ini, PG akan membahas serba-serbi pengetahuan mendasar terkait Android yang PG harapkan bisa membantu teman-teman yang kebetulan saja tidak mengikuti tren yang tengah berlangsung. Langsung saja kita bahas tentang smartphone dan OS Android, terutama untuk kamu yang mempertimbangkan membeli Android guna menunjang kinerja dan mempermudah kehidupan kamu!

 

Apa Itu Android?

Mempertimbangkan Beli Android? Ini Pengetahuan Dasar tentang Android

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk digunakan di perangkat mobile seperti smartphone dan Tablet. Pengembang Android adalah Google yang sempat berseteru berat dengan Steve Jobs (berujung mundurnya Eric Schmidt dari direksi Apple) karena Jobs menuduh Larry dan Page mencuri mentah-mentah iOS yang digunakan pada iPhone. Ini salah satu murka terbesar Steve Jobs selain ketika Bill Gates meniru GUI Macintosh dan ketika Adobe menolak membuatkan Apple software editor gambar.

Jadi, meskipun terkadang rancu dengan smartphone-nya (yakin deh, pasti kamu lebih sering menyebut smartphone kamu dengan kata: “Android-ku”), istilah Android sebetulnya lebih mengacu pada Operating System.

 

Kenapa Memilih Android?

Mempertimbangkan Beli Android? Ini Pengetahuan Dasar tentang Android

Ini pertanyaan yang sering dipakai Deddy Corbuzier di acara Hitam Putih – Kenapa harus memilih Android? Apa kelebihannya? Banyak alasan yang bisa dikemukakan, antara lain:

  • Pilihan perangkat. Android dapat digunakan di ratusan handset dan tablet. Mirip dengan Windows pada PC, pengguna bisa memilih sendiri perangkat apa yang mereka inginkan, menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan tentu saja…
  • Kustomisasi. Karena Android merupakan OS yang open source, kamu bebas mengubahnya. Jika kamu mempunyai keahlian dan minat dalam bidang tersebut, maka kamu bisa mengubah berbagai hal mendasar yang ada pada OS ini! Seru dan penuh petualangan! Bukan hanya kustomisasi OS, kamu juga bisa mengubah tampilan handset kamu sehingga berbeda dan mencerminkan gaya yang ‘kamu banget’!
  • Google. Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar, support Google terhadap OS ini merupakan jaminan tersendiri bahwa kamu tidak akan terlantar. Banyak kemudahan yang diberikan Google lewat OS ini, utamanya kompatibilitas dengan berbagai aplikasi yang secara bebas dijual di Google Playstore.

Tiga hal tersebut bisa jadi alasan utama kamu memilih Android sebagai OS utama smartphone kamu. Terutama bila kamu orangnya menyukai petualangan dan ingin menguasai handset kamu sendiri tanpa batasan (Apple iPhone mudah digunakan, akan tetapi Apple membatasi secara luar biasa pengalaman penggunanya)

 

Dari mana Android dapat ide untuk nama jenis OS-nya?

Mempertimbangkan Beli Android? Ini Pengetahuan Dasar tentang Android

Sekilas kamu akan membayangkan jajanan yang lezat-lezat membaca perkembangan OS Android: Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean. Slurp!

Sebenarnya sih, nama urutan OS tersebut sesuai dengan urutan alfabet. Perhatikan coba urutan nama perkembangan OS di atas: G-H-I-J.

Jadi kita bisa memprediksikan bahwa versi Android berikut akan memiliki awalan K lalu L. Hohoho…

 

Apakah Kamu Harus Punya Akun Google untuk Memakai Smartphone Android?

Mempertimbangkan Beli Android? Ini Pengetahuan Dasar tentang Android

Pada dasarnya sih, semua fungsi ponsel tersebut tetap dapat digunakan meskipun kamu tidak mendaftarkan akun Google kamu ke dalam ponsel. Tapi tentu saja ini akan membatasi kamu untuk memanfaatkan Android secara optimal. Misalnya untuk akses Google Play, mem-backup kontak di Gmail, dan juga memanfaatkan berbagai aplikasi yang mengharuskan kamu mensinkronkan akun Gmail dengan smartphone kamu.

 

Tombol di bagian bawah Android itu buat apa saja sih?

Mempertimbangkan Beli Android? Ini Pengetahuan Dasar tentang Android

Pada kebanyakan smartphone ber-OS Android, ada tiga atau empat tombol dengan “Home” (biasanya berada di tengah) sebagai tombol utama.

Berikut ini fungsinya:

  • Back: Tombol ini memungkinkan kamu ‘mundur satu langkah’ apapun yang tengah kamu lakukan dengan smartphone tersebut. Ini berlaku di semua apps Android. Bila kamu tengah mengakses browser, maka kamu akan diarahkan ke halaman sebelumnya.
  • Menu: Ini tergantung dengan di halaman mana kamu berada dan menggunakan aplikasi apa. Tombol Menu akan memberikan aneka macam pilihan terkait aplikasi yang tengah kamu pakai saat itu.
  • Search: Meskipun tidak semua ponsel Android memiliki tombol ini, Search akan menampilkan bar pencarian yang akan memberikan hasil pencarian lewat web browser. Kalau kamu sedang berada di aplikasi atau file tertentu, maka tombol search akan memungkinkan kamu mencari frasa atau kata tertentu.
  • Home: Dimanapun kamu berada atau di aplikasi apapun, dengan men-tap tombol ini, kamu akan kembali ke home screen. Biasanya ini digunakan untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain.

Demikianlah fungsi dari tombol-tombol utama Android, yang mana kemudian penggunaannya akan tergantung dari jenis smartphone maupun aplikasi yang tengah kamu gunakan.

 

Seberapa Luwes-kah Android diubah-ubah?

Mempertimbangkan Beli Android? Ini Pengetahuan Dasar tentang Android

Seperti yang PG singgung pada bahasan mengenai keistimewaan Android, OS ini sangat mudah diubah-ubah. Kamu akan punya banyak pilihan mengenai perangkat yang digunakan serta aplikasi apa yang ingin digunakan.

Tidak suka dengan tampilan Android, kamu bisa mengubah interface-nya menyesuaikan dengan selera dan kesukaan kamu.

Bahkan bila kamu tidak suka tampilan ROM dari smartphone ini, kamu bisa melakukan flash dan mengganti ROM-nya! Benar-benar super customizable!

 

Apa Beda Homescreen dan App Drawer?

Mempertimbangkan Beli Android? Ini Pengetahuan Dasar tentang Android

Homescreen adalah tampilan awal dari Android. Semacam bagian ‘desktop’ bila menggunakan istilah komputer. Kamu bisa memilih meletakkan shortcut apapun pada ‘desktop’ ini.

Sedangkan App drawer adalah shortcut aplikasi yang berada di bagian ‘dalam’ Homescreen. Apapun aplikasi yang kamu install ke dalam Android kamu, maka ia akan muncul di App Drawer. Bagian ini juga menunjukkan aplikasi apa saja yang kamu miliki pada Android kamu.

Dengan memperhatikan homescreen dan app drawer, terkait dengan aplikasi yang paling kamu butuhkan, kamu bisa berkreasi sendiri dalam hal ini, menciptakan interface yang paling memudahkan kamu dalam mengoperasikan smartphone kamu!

 

Bagaimana caranya mengubah-ubah Homescreen?

Mempertimbangkan Beli Android? Ini Pengetahuan Dasar tentang Android

Gampang sekali! Kamu tinggal melakukan tap-tahan-geser untuk mengisikan ikon-ikon aplikasi favorit kamu ke homescreen. Kamu juga bisa mengubah jumlah app drawers dan memilih aplikasi apa saja yang ingin kamu masukkan ke dalam drawer.

Pilihan ini semakin luas bila kamu menggunakan launcher tertentu. Tiap launcher punya keunikan sendiri dalam menata homescreen-nya!

 

Apa yang dimaksud dengan Widget?

Mempertimbangkan Beli Android? Ini Pengetahuan Dasar tentang Android

Di Homescreen, kamu akan melihat elemen yang menunjukkan tanggal dan waktu, prakiraan cuaca, dan banyak lagi. Selain menampilkan display yang cantik, widget ini bila di-tap akan memungkinkan kamu masuk dan menjalankan aplikasinya.

Fungsi widget yang utama adalah mempermudah kamu langsung mengakses aneka aplikasi yang kamu miliki, serta langsung secara interaktif akan berkembang sesuai keadaan. Misalnya Widget SMS akan langsung menampilkan pesan yang baru masuk sehingga kamu bisa membacanya cukup dari homescreen.

Ada banyak sekali pilihan Widget yang bisa menunjang kinerja kamu dengan smartphone Android kamu!

 

Apa yang dimaksud Notification Bar?

Mempertimbangkan Beli Android? Ini Pengetahuan Dasar tentang Android

Keistimewaan Android adalah kamu akan mendapatkan pesan tiap kali ada perubahan dan interaksi dalam aplikasi Android kamu. Misalnya, telepon, sms, email, update aplikasi, dan aplikasi tertentu yang tengah aktif, kesemuanya dapat dilihat pada Notification Bar.

Adanya peringatan tersebut menunjukkan bahwa kamu masih belum melakukan tindakan tertentu terhadapnya. Contohnya, telepon yang tidak kamu angkat, sms yang belum kamu baca, dan sebagainya…

 

Bagaimana Mentransfer Data ke PC atau Laptop?

Mempertimbangkan Beli Android? Ini Pengetahuan Dasar tentang Android

Cara termudah sih dengan menggunakan kabel data. Kamu bisa memindahkan data dari Android langsung ke PC atau laptop dengan memperlakukannya sebagai media penyimpan. Bisa juga kamu mencabut SD Card smartphone kamu dan menggunakan Card Reader untuk membaca datanya.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi Android untuk memindahkan file kamu. Misalnya menggunakan bluetooth, Evernote, atau beberapa aplikasi penghubung Android dan desktop seperti misalnya Pocket Do. Pilihannya sangat banyak dan tergantung kesukaan kamu.

 

Bagaimana Menambahkan Aplikasi ke Android?

Mempertimbangkan Beli Android? Ini Pengetahuan Dasar tentang Android

Mudah sekali! Kamu cukup mengakses Google Play dan memilih software yang ingin kamu download. Secara otomatis, smartphone kamu akan meng-install-nya untuk kamu dengan syarat ia terkoneksi internet.

Kamu juga bisa memanfaatkan versi .apk (versi mentah atau master) dari aplikasi yang kamu inginkan. Kamu bisa mendapatkan versi .apk ini baik dari teman kamu yang juga hobi mengutak-atik Android atau beberapa website penyedia .apk.

 

Bagaimana Menginstall ROM Baru di Android?

Mempertimbangkan Beli Android? Ini Pengetahuan Dasar tentang Android

Wah, kalau pertanyaan ini, PG tidak bisa menjawabnya secara singkat. Android memang memungkinkan kamu mengganti ROM yang berimbas berubahnya tampilan smartphone kamu secara menyeluruh tergantung ROM yang kamu gunakan. Namun untuk melakukan hal ini, ada tahapan spesifik yang perlu kamu lalui.

PG menyarankan kamu bergabung dengan website atau Forum diskusi sesuai dengan device milik kamu untuk mendapatkan tips dan informasi terkait menginstall ROM baru di perangkat Android kamu.

Nah, pembahasan PG di atas merupakan hal-hal mendasar terkait Android yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakan Android. Sebagai referensi perhatikan juga tips memilih smartphone yang pernah diulas oleh PG.

Untuk menambah wawasan kamu mengetahui Android, kamu juga bisa mengunjungi beberapa website yang khusus membahas Android secara ringan, misalnya Androidmo.

Bila kamu ada pertanyaan lain, silahkan mengajukannya pada kolom komentar di bawah ini. PG akan mencoba menjawabnya semampu PG.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Tito Mismanto

    tq infonya, android ga ribet. bnyak aplikasinya.
    http://perumnas3.blogspot.com/

  • Fikri

    Memang android terbaik saya pun punya blog android yaitu http://gaptekandroid.blogspot.com

  • marco

    buat awan :lo harus punya link google dlu baru instal sampai hp loe rusak pasti puas….

  • Awan

    saya numpang nanya gan, andro sy sony pake kartu tree tapi kenapa g bisa download dan update aplikasi, tp untuk browsing atau online bisa

  • Anom Wibowo

    Android memang hebat